Maya Idruss · Published 21 October 2017

5 Keuntungan Layar PC Dengan Refresh Rate Tinggi

Home > Artikel > Gadget > 5 Keuntungan Layar PC Dengan Refresh Rate Tinggi

Saat membeli PC/laptop untuk gaming, selain spesifikasi yang tinggi, kualitas layar juga harus jadi perhatian jika Anda ingin pengalaman gaming maksimal. Tak hanya resolusinya, Anda juga harus memperhatikan refresh rate layar PC tinggi atau tidaknya untuk menikmati visual game yang memanjakan mata dan mendukung aktifitas gaming yang lebih lancar.

Refresh rate adalah kemampuan layar untuk menampilkan gambar (refresh) di setiap detiknya. Semakin tinggi angka refresh rate, semakin cepat pula layar mampu memperbarui gambar dalam satu detik. Hal ini tentu penting saat bermain game apalagi yang memiliki grafis tinggi yang memerlukan presisi saat dimainkan.

Untuk keperluan gaming, pilihlah monitor PC dengan refresh rate 120Hz dan lebih tinggi karena semakin tinggi refresh rate yang dimiliki layar maka akan semakin baik. Berikut ini ada 5 keuntungan yang bisa dirasakan ketika Anda bermain game PC dengan menggunakan layar yang memiliki refresh rate tinggi.

Pergerakan Lebih Smooth

Pergerakan Lebih Smooth

Layar dengan refresh rate yang tinggi mampu menampilkan setiap gerakan lebih smooth, tak hanya dalam bermain game tetapi juga saat menggunakan PC/laptop untuk hal lain, misalnya bekerja. Dengan pergerakan yang lebih smooth, Anda bisa menikmati transisi animasi pada layar dengan lebih presisi, gambar terlihat lebih hidup, tidak blur dan memanjakan mata karena mampu tampilkan visual game dengan maksimal.

Respon Input Lebih Akurat

Respon Input Lebih Akurat

Tak hanya membuat pergerakan lebih smooth, layar dengan refresh rate yang tinggi juga membuat Anda mampu memberi respon input mouse dengan lebih akurat dan baik. Kemampuan ini pasti sangat terasa bagi Anda pecinta game yang membutuhkan input mouse yang akurat, seperti game bergenre FPS (first person shooter) seperti Counter-Strike: Global Offensive, Call of Duty, BattleField 4, Overwatch dan sebagainya serta game bergenre RTS (real time strategy) dan MOBA seperti Mobile Legends dan Dota 2. Dengan input yang akurat, maka Anda bisa melakukan berbagai perintah untuk game tersebut dengan lebih mudah.

Meminimalisir Efek Tearing & Stuttering

Meminimalisir Efek Tearing dan Stuttering

Screen tearing atau keadaan dimana gambar pada visual game terlihat tidak sempurna, seperti ada patahan-patahan yang bisa mengganggu konsentrasi saat bermain. Screen tearing dan stuttering bisa terjadi karena tak ada sinkronisasi yang pas antara frame rate kartu grafis dan refresh rate di layar. Simpel-nya, kecepatan layar tak mampu mengimbangi kecepatan kartu grafis sehingga visual yang ditayangkan di monitor terlihat tak smooth.

Semakin tinggi refresh rate layar PC Anda, maka semakin baik pula visual yang ditayangkan di layar dan membuat Anda bisa gaming dengan lebih maksimal tanpa terganggu tearing maupun stuttering.

Pengalaman Gaming Lebih Maksimal

Pengalaman Gaming Lebih Maksimal

Dengan dukungan refresh rate yang memadai, game yang dimainkan akan terlihat lebih smooth dan pergerakan kursor menjadi jauh lebih presisi sehingga Anda bisa menikmati pengalaman gaming yang lebih baik. Kombinasi layar dengan refresh rate tinggi, kartu grafis yang mumpuni serta teknologi layar akan menciptakan perangkat yang pas untuk dipakai bermain game-game dengan visual tinggi dan gameplay menarik.

Pengalaman Gaming Lebih Kompetitif

Gaming Lebih Kompetitif - Keuntungan Layar Refresh Rate Tinggi

Layar dengan refresh rate yang memadai juga akan memberi keuntungan tersendiri bagi game online maupun online multipayer, seperti Overwatch dan Dota 2 yang dikenal sebagai game kompetitif. Di game seperti ini, perbedaan sepersekian detik saja bisa mempengaruhi hasil permainan, apakah kalah atau sebaiknya. Dengan refresh rate yang tinggi, pemain game-game kompetitif ini bisa lebih akurat dan tepat saat bermain game.

Jadi saat akan membeli atau upgrade PC/laptop Anda untuk gaming, pastikan layar atau monitor nya memiliki refresh rate di atas 120 Hz untuk pengalaman gaming yang lebih baik ya! Ikuti terus Kabar Games untuk mendapatkan lebih banyak info menarik seputar gaming gear. Ada juga berita games dan gadget terbaru di setiap harinya. Anda juga bisa menemukan berbagai tips & trik menarik seputar gaming dan smartphone, review dan tutorial menarik.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved