Juant Setiawan · Published 17 December 2019

8 Cara Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh di Android

Home > Artikel > Gadget > 8 Cara Meningkatkan Sensitivitas Layar Sentuh di Android

Semenjak smartphone di produksi dengan menghadirkan full layar tanpa keyboard, peran layar sentuh (touchscreen) menjadi begitu penting dalam pengoperasian smartphone. Karena begitu banyak hal yang dilakukan dengan menekan touchscreen, masalah sensitif layar sentuh menjadi salah satu hal yang sering dikeluhkan pengguna smartphone.

Jika dilihat dari tampilan fisik, layar sentuhnya masih terlihat normal, tidak tergores maupun terlihat memiliki berkas hitam di layar. Namun terkadang layar menjadi kurang sensitif dikarenakan seringnya kontak langsung pengguna dengan layar sentuh yang membuat layar kehilangan sensitifitasnya.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan layar smartphone kurang sensitif, seperti misalnya arus listrik yang berlebih, terlalu banyak animasi yang diaktifkan dan pernah terbentur atau jatuh. Bisa juga dikarenakan penggunaan yang tidak benar dan sering memasukkan smartphone ke dalam saku yang sempit. Jika akhir-akhir ini Anda merasa layar sentuh smartphone Anda kurang sensitif saat digunakan, berikut ini ada 8 Cara agar layar sentuh lebih sensitif yang bisa Anda coba.

Kurangi Skala Animasi di Layar

tips smartphone

Kecepatan skala animasi di smartphone sebenarnya tidak mempengaruhi sensitifitas layar, melainkan bagaimana software merespon setiap perintah. Semakin tinggi perintah, maka semakin lama respon yang diberikan sehingga menimbulkan efek seperti melambatnya sensitifitas touchscreen. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengatur ulang skala animasi yang ditampilkan di smartphone Anda. Caranya, buka menu setting – developer option kemudian cari Windows animation scale > transition animation scale > animator duration scale lalu ubah angkanya ke 5x.

Hapus Aplikasi Tak Penting

hapus-aplikasi

RAM memainkan peran penting dalam membuat operasional smartphone terasa smooth dan cepat. Jika RAM smartphone Anda terlalu penuh, hal ini bisa membuat performa smartphone melambat yang berimbas pada kemampuan touchscreen yang juga terasa seperti melambat dan tidak responsif terhadap sentuhan jari dalam pengoperasiannya. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang tidak begitu penting agar RAM lebih lega dan performa perangkat pun jadi lebih baik .

Install Pixer Fixer

Smartphone

Touchscreen smartphone yang kurang sensitif juga bisa terjadi karena ada tanda-tanda dead pixel. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menginstall aplikasi Pixer Fixer. Sinyal dinamis yang dihasilkan oleh aplikasi Pixer Fixer dapat memperbaiki dead pixel sekaligus membantu layar smartphone kembali sensitif dan responsif terhadap gerakan jari tangan saat mengoperasikan smartphone.

Lakukan Kalibrasi Layar

kalibrasi layar - Cara Meningkatkan Sensitif Layar Sentuh

Bila 3 cara diatas belum berhasil juga, cobalah untuk melakukan kalibrasi pada layar smartphone. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan layar sentuh dengan sentuhan yang disediakan oleh developer perangkat smartphone. Caranya sagat mudah. Anda tinggal masuk ke menu Pengaturan (Settings), kemudian pilih pengaturan ponsel, pilih lagi kalibrasi, terakhir Anda tinggal disuruh mengikuti proses kalibrasinya.

Berhenti Gunakan Charger KW

smartphone-charging

Meski memiliki ukuran colokan USB yang sama, bukan berarti Anda bisa pakai sembarangan charger untuk mengisi daya baterai di smartphone, terlebih lagi jika charger bawaan dari produsen perangkat smartphone Anda sudah rusak dan diganti dengan yang KW alias bajakan.

Karena bisa jadi arus listrik yang dialirkan berbeda sehingga akan membuat lonjakan arus yang berlebih pada layar smartphone. Arus listrik berlebih inilah yang dapat menyebabkan layar sentuh smartphone menjadi tidak sensitif jika terus menggunakan charger tak sesuai dalam jangka waktu yang panjang.

Cabut Tempered Glass

lepas tempered glass

Banyak pengguna yang memakai tempered glass (anti gores) pada smartphone karena takut layar sentuh (touchscreen) tergores maupun pecah. Tapi dalam beberapa case pemakaian tempered glass malah akan mengurangi sensitifitas layar smartphone dikarenakan bahan anti gores yang terlalu tebal maupun terbuat dari bahan yang kurang berkualitas.

Salah satu cara meningkatkan sensitif layar sentuh smartphone Anda adalah dengan mencabut tempered glass yang Anda pakai dan ganti dengan yang sesuai dengan mode smartphone maupun produk original dari produsen smartphone Anda.

Upgrade OS Smartphone

Upgrade OS - Cara Meningkatkan Sensitif Layar Sentuh

Mengupgrade OS smartphone ke versi terbaru, seringkali, akan membuat smartphone berjalan lebih cepat dan lancar, dan juga mengatasi potensi melambatnya kinerja smartphone. Untuk Anda para pengguna Android, disarankan agar mengupgrade ke OS yang baru, begitu juga dengan pengguna iPhone.

Lepas Baterai Handphone

Lepas Baterai Handphone

Jika cara-cara diatas tidak ada yang berhasil, mungkin cara terakhir berikut ini bisa Anda lakukan yaitu dengan melepaskan (mencabut) baterai handphone dan biarkan selama kurang lebih setengah jam, lalu masukkan kembali baterainya dan hidupkan kembali smartphone seperti biasa.

Nah itu tadi tips dan trick cara meningkatkan sensitif layar sentuh untuk smartphone yang Anda miliki, jangan lupa untuk bagikan dan terus kunjungi Kabar Games agar dapat mengikuti tips lainnya.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved