Rinaldi Syahran · Published 02 March 2020

20 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Kekinian di 2020, Keren Bet!

Home > Artikel > Gadget > 20 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Kekinian di 2020, Keren Bet!

Sharing foto ke sosial media sudah menjadi hal yang biasa saat ini. Mulai dari foto selfie, makanan hingga foto pemandangan. Namun kualitas kamera tiap smartphone pasti berbeda-beda sehingga hasil edit wajah di foto pun beragam. Jangan sedih, selain aplikasi edit video android, masih ada aplikasi edit foto terbaik dan juga keren serta kekinian di android, iPhone ataupun iOs yang bisa selamatkan hasil foto Kamu!

Dengan aplikasi yang pas, foto Kamu pun bisa terlihat lebih wow dengan beberapa editing disana sini. Berikut ini adalah rekomendasi aplikasi edit foto terbaik di 2020 untuk iPhone dan Android agar Kamu bisa membuat foto yang keren dan kekinian, selain itu banyak yang gratis juga loh sist!

Adobe Lightroom

adobe photoshop lightroom

Tidak hanya untuk pemula, Adobe Photoshop Lightroom juga bisa digunakan oleh para profesional untuk mengedit foto karena memiliki berbagai fitur dan tool yang hampir sama dengan versi PC. Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk mengubah foto dengan kualitas seperti fotografer profesional. Fitur terbaik dari Adobe Photoshop Lightroom ini adalah proses editing yang sangat sederhana dan memungkinkan Kamu untuk menyalin editan favorit ke foto lain.

Aplikasi yang tersedia secara gratis di Android maupun iPhone ini juga dapat membantu Kamu menambah kualitas foto agar terlihat seperti hasil menggunakan kamera DSLR. Namun untuk memakai aplikasi ini, sebaiknya Kamu juga mengunduh Adobe Creative Cloud.

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik bagi para fotografer professional, dimana aplikasi ini sangat simpel digunakan untuk mengelola foto, warna, tone serta dapat disinkronkan dengan lightroom di komputer desktop melalui fitur sync dan export. Adobe Lightroom menyediakan berbagai fitur – fitur dasar yang paling sering diakses oleh fotografer, seperti misalnya Crop, Presets, Light, Color, dan Effect.

Untuk urusan Light, kamu bisa menggunakan berbagai jenis exposure dan contrast untuk mengeluarkan detil-detil yang kamu butuhkan dari koleksi foto yang kamu edit. Mulai dari highlights, shadows, whites, blacks bahkan Curve yang bakal mengubah pencahayaan berdasarkan tiga warna dasar.

VSCO

vsco share image - Aplikasi edit foto

Aplikasi edit foto kekinian berikutnya yang dijadikan referensi buat Kamu yaitu VSCO. Aplikasi ini menawarkan preset mobile yang super keren dengan kontrol kamera yang canggih. Aplikasi yang juga tersedia gratis di iPhone maupun Android ini merupakan aplikasi edit foto yang paling populer diantara yang lain. Yang lebih kerennya lagi, Kamu bisa langsung mengupload foto yang di edit dengan VSCO ke akun sosial media.

Priime

priime app - Aplikasi edit foto

Aplikasi ketiga yaitu Priime. Aplikasi edit foto keren dan kekinian yang tersedia gratis di iPhone ini menawarkan lebih dari 100 style foto yang terinspirasi langsung dari fotografer professional kelas dunia. Dengan 100 style foto inilah Kamu dapat mengedit hasil foto outdoor. Aplikasi ini juga memiliki tool modern untuk proses editing dengan resolusi tinggi.

Afterlight

Afterlight app - Aplikasi edit foto

Berikutnya ada aplikasi Afterlight. Meskipun bukan aplikasi gratis di android, namun Kamu bisa menikmati berbagai fitur keren yang ditawarkan Afterlight, seperti 74 filter yang bisa disesuaikan, 78 tekstur natural, 15 tool penyesuaian foto dan 128 bingkai yang bisa diatur sendiri ukurannya. Aplikasi yang disebut sebagai ‘soulmate’-nya Instagram ini dijual seharga Rp 12.000 dan tersedia untuk perangkat Android maupun iPhone.

Polar

polar app

Berikutnya adalah Polar. Aplikasi yang mengutamakan detail foto ini tersedia gratis di iPhone dan juga Android. Aplikasi edit foto ini menawarkan tampilan antar muka kekinian yang bisa di customize sesuai keinginan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur color mask, 3D Touch, penyesuaian foto dan sebagainya yang akan memberi kemudahan saat editing dan hasil foto yang akan terlihat lebih keren.

Enlight

Enlight-App

Jika Kamu termasuk orang yang suka perpaduan antara nilai seni dengan foto outdoor, maka aplikasi Enlight adalah pilihan yang tepat. Aplikasi edit foto berbayar dan baru tersedia di iPhone seharga USD 4 ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur kreatif diantaranya Sketch Filter, Efek melukis, dan Transformasi seni jalanan yang akan membuat foto terlihat lebih keren dan kekinian.

Snapseed

snapseed app

Berikutnya ada aplikasi edit foto terbaik keluaran Google yang bernama Snapseed. Jika dibandingkan dengan aplikasi lain sebenarnya fitur yang ditawarkan lebih banyak dan cocok bagi Kamu yang mengutamakan penyesuaian foto yang lebih spesifik. Aplikasi yang juga tersedia secara gratis di iPhone dan android ini menawarkan beberapa pengaturan seperti merotasi foto, meng-crop, mengatur tone, kontras, brush dan lainnya.

Photo Director

photo director

Photo director merupakan aplikasi edit foto dari Cyberlink yang multi-purpose, dimana aplikasi ini cocok buat kamu yang suka editing foto secara manual dan juga cukup lengkap untuk kebutuhan fotografi kamu. Photo Director terdiri dari berbagai pilihan manajemen foto dan berbagai peralatan (tools) editing terbaik dan tercanggih layaknya photoshop.

Photo Director memberikan berbagai macam tools yang akan membantu dan memudahkan kamu dalam retouching gambar dan menambahkan berbagai macam efek yang sesuai dengan yang kamu inginkan, selain itu yang sangat menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur Content-Aware Removal, yang dimana pengguna bisa menghapus suatu objek atau watermark yang tidak diinginkan dari foto atau gambar yang kamu punya. Aplikasi Photo Director bisa kamu unduh dan dapatkan secara gratis baik di android maupun iPhone.

Pixlr Express

Pixlr Express

PIxlr Express merupakan aplikasi editing foto yang di kembangkan oleh AutoDesk, dimana aplikasi ini bisa menjadi pilihan kamu dalam editing foto karena cara penggunaan yang mudah, fitur yang banyak, serta canggih. Aplikasi ini juga memiliki lebih dari 2 juta kombinasi efek, overlays, dan filter gratis.

Kamu juga dapat membuat kolase foto dengan berbagai pilihan latar belakang yang menarik. Aplikasi Pixlr Express bisa kamu unduh secara gratis, namun biasanya akan ada berbagai macam iklan yang muncul di dalamnya. Cukup bayar sekitar 20 ribu rupiah kamu dapat menghilangkan iklan dan berbagai macam efek dan fitur tambahan lainnya.

Picsart

picsart

Picsart merupakan salah satu aplikasi edit foto keren dan sangat populer di dunia dan menjadi favorite anak zaman now, tidak heran kalau Picsart merupakan aplikasi editor foto android terbaik, dimana banyak fitur collage, draws, frame, sticker dan fitur menarik lainnya di dalamnya yang dapat digunakan untuk mengedit foto sesuai kebutuhan.

Selain itu aplikasi picsart memiliki fitur kamera built-in dan photo sharing untuk mengupload foto yang telah selesai di edit untuk langsung diupload ke media sosial seperti Instagram tanpa harus ke menu galeri terlebih dahulu

Fotor

fotor

Fotor adalah aplikasi edit foto kategori ringan yang dimana editor foto Fotor memungkinkan pengalaman pemrosesan gambar profesional yang mudah digunakan, dimana ada berbagai macam fitur dan efek terbaik yang diperbarui, memungkinkan kamu untuk mensimulasikan gaya yang hampir tidak terbatas, seperti mode foto film, kuno, monokrom, kaleidoskop dll.

Aplikasi fotor memiliki berbagai macam tools yang mudah digunakan dan dapat diatur secara manual, meliputi kontras, kecerahan, exposure, warna, ketajaman dan masih banyak lagi. Selain itu fotor memiliki berbagai macam template kolase klasik dan majalah yang akan membuat foto kamu menjadi lebih berseni dan terlihat bagus

Aviary Photo Editor

aviary

Aviary Photo Editor adalah aplikasi yang digunakan untuk mengedit foto dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur menarik di bidangnya, seperti fast editing, one-tap auto enhance, serta berbagai macam efek foto keren.

Selain itu, Aviary memberikan fitur edit foto yang tidak bisa ditemukan di aplikasi lainnya, salah satunya adalah color splash yang dapat digunakan untuk memilih warna tertentu untuk ditampilkan dan secara otomatis mengubah bagian lain dari foto atau gambar yang kamu edit menjadi hitam putih.

LightX

lightx

LightX adalah salah satu aplikasi edit foto terbaik yang memiliki banyak fitur editing canggih seperti pencampuran warna, kurva, level dengan opsi untuk mengatur saturasi, kontras, eksposur, Highlight dan bermacam-macam pengaturan lainnya bersama dengan berbagai filter seperti Vintage, Retro, Drama, Glow, B&W dan masih banyak lagi.

Aplikasi LightX merupakan aplikasi edit foto kelas menengah. Dengan menggunakan aplikasi LightX kamu bisa memotong objek gambar, mengedit background, dan juga bisa membuat efek blur layaknya kamera DSLR. Selain itu LightX juga selalu uptodate dengan berbagai fitur canggih dan menarik lainnya setiap minggu. Dengan menggunakan aplikasi LightX kamu bisa mengubah dan mengedit gambar menjadi menarik dan membagikan hasil foto dan editing tersebut dengan teman serta keluarga.

Photo Lab

photolab

Photo Lab merupakan aplikasi edit foto menarik dan mudah dipahami oleh penggunanya, Photo lab memberikan berbagai macam koleksi gaya lucu dan unik dalam editing foto. Aplikasi ini memiliki lebih dari 800 efek foto untuk memperindah dan mempercantik foto penggunanya. Efek tersebut diantaranya adalah realistic photomontages, stylish photo filters, beautiful frames, creative artistic effects, collages for multiple photos dan masih banyak lagi.

Photo Lab juga menyediakan efek montase wajah dimana kamu bisa mengedit dan menggabungkan foto kamu atau foto teman kamu dengan wajah kucing, bajak laut, astronaut dan lainnya. Photo Lab mempunyai 2 versi yang berbeda untuk di download, ada versi gratis yang berisi iklan dan watermark pada setiap edit foto, dan juga versi Pro nya.

Prisma

prisma

Prisma merupakan aplikasi edit foto yang hampir sama seperti Picsart dan Pixlr, bedanya aplikasi Prisma lebih sederhana yang menawarkan tools editan berupa filter dan efek yang dimana dapat mengubah foto biasa yang kamu punya menjadi foto seperti lukisan yang bernilai tinggi.

Prisma mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi edit foto serupa lainnya, dimana Prisma menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk mengolah gambar dari nol kemudian menghasilkan editan yang jauh lebih nyata, artistik dan terbukti lebih baik.

Ada berbagai macam filter yang tersedia di aplikasi Prisma yang dimana terinspirasi dari karya seni legenda Picasso, Monet, Van Gogh, Munch, Kandinsky sampai ke ilustrasi buku komik DC atau Marvel. Prisma akan membubuhkan watermark yang bisa kamu nonaktifkan dari pengaturan. Selebihnya, aplikasi ini cukup simpel dan menyenangkan untuk digunakan.

After Focus

afterfocus

After Focus adalah aplikasi edit foto yang dimana khusus untuk membuat latar belakang foto yang kamu punya menjadi blur atau bokeh. Dimana kamu bisa mengatur tingkat blur atau keburaman yang kamu inginkan dengan menggunakan aplikasi ini dan mempunyai berbagai pilihan filter yang bisa langsung kamu gunakan pada efek foto blur tersebut. Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan hasil layaknya menggunakan kamera DSLR.

SKRWT

SKRWT

SKRWT adalah aplikasi mengedit foto untuk mengoreksi prespektif dan koreksi distorsi lensa yang paling bagus yang pernah ada. Aplikasi SKRWT ini di buat untuk membantu menyempurnakan foto yang kamu ambil dari smartphone terbaikmu hanya dalam beberapa ketukan.

Fitur yang disediakan oleh aplikasi bisa di bilang tak tertandingi dan ekstensi aplikasi MRRW dan 4PNTS yang menginspirasi. SKRWT sangat recommended untuk masuk menjadi salah satu aplikasi edit foto terbaik bagi penggemar fotografi canggih seperti kamu.

Cymera

cymera - Aplikasi edit foto

Cymera adalah aplikasi edit foto yang wajib dimiliki bagi kamu yang gemar foto dan selfie. Aplikasi ini dapat menambahkan efek, filter, dan stiker lucu pada foto kamu. Aplikasi Kamera Cymera menawarkan berbagai lensa dan mode pengambilan gambar menarik, filter pilihan sendiri dan efek kecantikan terbaik serta bekerja lewat teknologi deteksi wajah.

Semua fitur ini masih ditambah dengan lebih dari 800 pilihan motif dekorasi dan efek kolase yang keren. Dengan menggunakan aplikasi cymera kamu bisa langsung memotret diri kamu sekaligus memberikan efek dan filter terbaik sekaligus mengedit hasil foto yang sudah di dapatkan.

AirBrush

airbrush - Aplikasi edit foto

AirBrush merupakan aplikasi edit foto untuk kamu pecinta selfie. Aplikasi ini memberikan kemudahan dan kecepatan untuk melakukan perubahan image, seperti wajah dan kulit, pemutihan gigi, hingga membuat mata kamu terlihat lebih cerah. Disediakan pula filter untuk menambah daya tarik foto. AirBrush dirancang untuk menjadi editor foto terbaik dengan alat retouch yang mudah digunakan, pilihan filter keren, dan hasil yang alami dan indah.

Bonfire Photo Editor

bonfire photo editor - Aplikasi edit foto

Bonfire Photo Editor merupakan aplikasi edit foto yang bisa membuat hasil foto kamu layaknya karya seni yang luar biasa keren, hampir sama dengan Prisma. Aplikasi ini hadir dengan sebuah filter yang bisa mengubah foto menjadi bentuk cat air. Foto kamu bisa diubah menjadi seperti lukisan cat air yang unik.

Untuk tool dasar editing foto disediakan untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan noda yang tidak diinginkan. Efek yang tersedia pada Bonfire Photo Editor diantaranya efek realistis, efek pencerah, efek cermin dan efek lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membuat foto kamu lebih menarik dan indah.

Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak aplikasi-aplikasi edit foto terbaik serta gratis di 2020 untuk perangkat Android dan juga iPhone agar menghasilkan fotografi yang keren dan kekinian. Ada juga berita gadget terbaru dari dalam dan luar negeri, berita seputar games, tutorial hingga review berbagai gadget.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved