Juant Setiawan · Published 10 March 2020

Cara Mengubah Kartu MicroSD Menjadi Memori Internal

Home > Artikel > Gadget > Cara Mengubah Kartu MicroSD Menjadi Memori Internal

Banyaknya aplikasi dan fitur multimedia yang bisa diinstall secara gratis di Google Play Store membuat smartphone membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar. Meski saat ini smartphone biasanya hadir dengan memori internal diantara 4-8 GB untuk kelas entry level, namun banyak yang masih kekurangan opsi penyimpanan. Slot tambahan untuk kartu MicroSD pun jadi opsi menambah kapasitas penyimpanan ataupun mengubah nya menjadi memori internal.

Namun setting awal smartphone biasanya akan menjadikan memori internal sebagai media penyimpanan utama. Jika Kamu mendownload aplikasi dan game dalam jumlah banyak, maka memori tidak akan cukup. Selain itu memori internal yang penuh juga akan memperlambat kinerja smartphone.

Sebagai opsi, Kamu bisa menjadikan kartu MicroSD sebagai media penyimpanan utama. Tergantung jenis smartphone yang dimiliki, Kamu bisa memakai MicroSD hingga kapasitas simpan 64 GB bahkan lebih, sehingga bisa menyimpan bermacam file tanpa mengurangi kinerja smartphone. Berikut langkah - langkah cara mengubah kartu MicroSD menjadi memori internal Android!

Saat Pertama kali Memasukkan MicroSD

Memori Internal Android

Jika Kamu membeli smartphone baru dan memasukkan kartu MicroSD ke dalamnya, akan muncul pilihan Setting dimana Kamu bisa menjadikannya memori internal secara default, dan berikut langkah selanjutnya yang harus Kamu ikuti:

  • Saat baru dimasukkan, smartphone pasti akan memberikan notifikasi jika ada kartu memori baru yang terdeteksi
  • Pilihan yang tersedia adalah 'Set Up' dan 'Eject'. Pilih Set Up
  • Scroll hingga menemukan 'Use as Internal Memory'
  • Setelah itu Kamu tinggal ikuti prosesnya klik next dan next hingga selesai
  • Done!

Saat Mengubah Penyimpanan ke MicroSD

Memori Internal Android

Cara berikut ini bisa dilakukan jika sebelumnya Kamu menggunakan memori internal smartphone sebagai default penyimpanan dan ingin mengubahnya ke MicroSD.

  • Back up terlebih dahulu semua data yang ada di kartu MicroSD Kamu, bisa ke laptop, HDD eksternal maupun flashdisk
  • Setelah itu buka Settings > Storage & USB > SD Card
  • Klik ikon tiga dot yang ada di bagian kanan atas layar
  • Di menu drop down pilih 'Settings'
  • Selanjutnya pilih “Format as Internal”
  • Akan ada notifikasi berisi peringatan jika SD card akan diformat untuk membuatnya aman digunakan. Selain itu SD card tersebut hanya akan bekerja di smartphone Kamu saat ini dan tidak bisa digunakan jika dipindah ke smartphone lain
  • Jika sudah OK, pilih 'Erase & Format' dan klik OK untuk melanjutkan
  • Done!

Mengenai kartu microSD yang hanya akan bisa digunakan di smartphone Kamu dikarenakan telah dienskripsi untuk menjaga keamanan Android. Kamu Jadi yang bisa ‘membacanya’ adalah perangkat pertama yang menggunakan microSD tersebut. Dengan kata lain, jika suatu waktu ingin memindahkan kartu microSD ke smartphone lain, PC atau Laptop via card reader, kartu microSD tersebut tidak akan terdeteksi. Menurut Google, ini dilakukan untuk menjaga keamanan pada smartphone Android itu sendiri.

Sebagai tambahan, jika Kamu memutuskan menggunakan microSD sebagai penyimpanan default, ada baiknya untuk menggunakan kartu microSD yang berkualitas karena akan langsung mempengaruhi kinerja smartphone. Ada baiknya menggunakan microSD kelas 10 agar smartphone tetap ngebut meski dipakai menyimpan berbagai jenis aplikasi dan game.

Nah itulah tadi cara mengubah kartu MicroSD menjadi memori internal, ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak tutorial menarik mengenai penggunaan smartphone maupun gaming. Ada juga berita seputar gadget dan games terbaru dan terupdate setiap harinya. Tak ketinggalan, ada berbagai tips & trik menarik dan juga review mengenai perangkat gaming.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved