Juant Setiawan · Published 26 September 2019

10 Cara Melacak Hp yang Hilang dengan No Imei, Gmaps, GPS & Email

Home > Artikel > Gadget > 10 Cara Melacak Hp yang Hilang dengan No Imei, Gmaps, GPS & Email

Kehilangan hp bisa jadi salah satu hal yang paling menyebalkan yang bisa dialami siapa saja apalagi mencoba untuk melacak hp yang hilang tersebut, sudah pasti memakan waktu dan cara nya pun rumit. Tak hanya kehilangan data-data penting seperti foto, video dan dokumen, informasi Anda juga bisa dicuri oleh orang lain dan bisa mengakibatkan kerugian yang lebih besar. Misalnya saja sang pencuri bisa meng-hack akun sosial media Anda dan menipu teman atau kenalan tanpa sepengetahuan Anda. Bisa juga tabungan dan data kartu kredit Anda dicuri.

Mencari cara menemukan hp yang hilang bisa jadi salah satu hal paling menjengkelkan. Tapi ada lho Cara melacak HP yang hilang, entah itu dicuri atau jatuh di suatu tempat dengan menggunakan Google dan aplikasi lainnya, begini caranya!

Melacak Hp Hilang Lewat Imei

Lapor-Hp-Hilang-dengan-imei

No imei adalah nomor identitas setiap hp yang mempunyai karakter unik dan terdiri dari 15 angka. Melacak hp android yang hilang dengan nomer imei ini memiliki kemungkinan yang kecil untuk ditemukan. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan untuk kita dapat mengetahui dan melacak hp android yang dicuri dengan nomer imei asalkan dengan cara yang benar. Berikut ini cara untuk melacak hp yang hilang dengan nomer imei:

  • Ketahui terlebih dahulu No. Imei dengan cara melihat dosbook smartphone kalian yang hilang atau dengan kode rahasia *#06#
  • Silahkan laporkan hp android yang hilang di website www(dot)3gadgets(dot)com/report-lost-gadgets/

Nomer imei merupakan nomer unik setiap perangkat smartphone yang terhubung langsung dengan sim card dan biasanya no imei ini digunakan oleh pihak yang berwajib seperti polisi untuk melacak seorang yang mempunyai kasus besar, dan hampir bisa dibilang mustahil warga sipil seperti kita untuk melacak keberadaan smartphone yang hilang menggunakan nomer imei ini.

Melacak Hp Hilang Lewat GPS

Cara Melacak HP Yang Hilang Google-Latitude

Global Positioning System (GPS) adalah sistem navigasi berbasis satelit yang terdiri dari setidaknya 24 satelit. GPS bekerja dalam kondisi cuaca, di manapun di dunia, 24 jam sehari, tanpa biaya berlangganan atau biaya setup. Departemen Pertahanan A.S. (USDOD) awalnya menempatkan satelit ke orbit untuk penggunaan militer, namun tersedia untuk penggunaan sipil pada tahun 1980an.

Aplikasi GPS yang dimaksud adalah Google Latitude. Aplikasi Google Latitude ini sangatlah bermanfaat untuk menemukan smartphone android kalian dengan cara mudah dan tanpa bantuan aplikasi lainnya. Aplikasi ini bisa dibilang rahasia karena kehebatannya menemukan smartphone hanya dengan kontak nomer hp yang tersambung ke GPS. Perlu diingat juga aplikasi Google Latitude ini tidak ada di Google Playstore dan hanya ada di website yang akan saya berikan dibawah, Langsung saja simak caranya dibawah ini:

  • Gunakan android teman kalian untuk mendownloadnya
  • Download Google Latitude di website ini
  • Silahkan temukan ponsel android teman kalian yang hilang di kontak android

Melacak Hp Hilang dengan Nomor Hp Lain

Cara Melacak HP Yang Hilang

Apakah dimungkinkan melacak smartphone yang hilang dengan menggunakan nomer hp? iya bisa juga kalian menemukan ponsel yang hilang dengan cara melacak keberadaan nomer hpnya. Ada 2 cara untuk melacak hp yang hilang dengan menggunakan nomer hp yaitu dengan menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi, agar smartphone kalian yang hilang cepat ditemukan langsung saja dicoba cara berikut:

Lacak Hp Tanpa Aplikasi

  • Silahkan akses situs ini
  • Masukkan nomer hp kalian di situs tersebut
  • Silahkan lihat posisi keberadaan smartphone kalian yang dicuri

Lack Hp Dengan Aplikasi

  • Download terlebih dahulu aplikasi HLR Lookup dari ponsel teman kalian
  • Download aplikasinya di Google Playstore
  • Masukkan no hp android yang hilang
  • Lihatlah posisi ponsel itu di maps yang tertera

Perlu diingat jika kalian melacak menggunakan nomer hp maka secara tidak langsung smartphone yang hilang itu dalam keadaan menyala agar koordinat yang muncul nanti adalah letak posisi yang terbaru, lalu bagaimana jika hp sudah mati? bisa juga dilacak namun aplikasi ini akan memberikan data posisi terakhir smartphone dalam keadaan menyala.

Melacak Hp Hilang dengan Gmaps dan Gmail

Google Maps

Dengan cara ini kamu bisa melacak smartphone atau hp kamu yang hilang, terutama ponsel pintar Android, menggunakan Google Maps dengan membuka tautan google.com/android/devicemanager atau https://www.google.com/android/find kamu bisa menggunakan perangkat laptop/PC, tablet, atau smartphone android untuk membukanya. Lalu login ke akun Gmail pribadi kamu. Kemudian secara otomatis Gmail akan mensingkronkan gmail kamu dengan perangkat smartphone kamu.

Di halaman tersebut akan ada berbagai pilihan menu yang bisa kamu gunakan fiturnya, seperti fitur putar suara untuk menderingkan ponsel, memblock ponsel agar tak ada seorang pun yang bisa membuka ataupun mengotak atik smartphone kamu. Terakhir ada fitur menu untuk menghapus semua konten dan data yang kamu punya di smartphone.

Bila tidak memilih salah satu dari fitur tersebut, kamu bisa langsung melihat maps untuk melihat keberadaan lokasi smartphone kamu. Tetapi jika ternyata GPS di smartphone Android kamu tidak aktif, kamu tidak akan bisa mendapatkan lokasi. Namun, kamu masih bisa me-reset smartphone kamu dengan menekan tombol Erase. Sehingga smartphone akan masuk ke pengaturan pabrik dan kemudian menyetel kembali GPS agar menyala. Kemudian, kamu bisa menemukan lokasi smartphone kamu yang hilang, dan secara otomatis sudah bisa dideteksi kembali.

Menghubungi Operator Provider

Cara Melacak HP Yang Hilang

Cara melacak hp yang hilang berikut ini merupakan cara yang juga bisa dibilang akurat karena kita meminta bantuan operator provider sim card untuk membantu menemukan hp yang hilang ataupun dicuri oleh orang lain.

Provider XL

  • Ketik CARI Nomer Hp XL yang Hilang
  • Kirim ke 9455
Kamu juga bisa memblokir nomer hp tersebut dengan cara seperti ini:
  • Ketik BLOCK Nomer Hp XL yang Hilang
  • Lalu kalian kirim ke 9455

Provider Indosat

  • Ketik Lacak Nomer Hp Indosat yang hilang
  • Kirim ke 9111
Bisa digunakan untuk kartu IM3, Matrix dan Mentari

Provider Telkomsel

  • Ketik Teman Nama Nomer Hp Telkomsel
  • Kirim ke 2500
Bisa digunakan untuk kartu AS dan Simpati

Tips ini hanya bisa di lakukan untuk beberapa operator saja seperti Xl, Indosat dan Telkomsel. Selain itu masih belum bisa meminta bantuan operator untuk mentracking ponsel Android yang hilang. Langsung saja di praktekkan berdasarkan operator No hp yang hilang tersebut.

Melacak Hp Hilang dengan Find My Device

find my device

Cara berikutnya dalam melacak dan menemukan smartphone atau hp yang hilang, kamu bisa menggunakan aplikasi Find My Device yang dimana cara kerjanya hampir sama dengan cara kerja pertama, hanya saja ini membutuhkan aplikasi khusus yang nantinya akan menunjukkan keberadaan ponsel kamu yang hilang. Caranya adalah:

  • Download aplikasi Find My Device dari Play Store di hape teman kamu
  • Setelah selesai di download, buka aplikasi tersebut dan login dengan akun Gmail yang terhubung dengan smartphone kamu yang hilang
  • Secara otomatis aplikasi akan menemukan lokasi keberadaan smartphone kamu

Kemudian kamu bisa memanfaatkan fitur untuk mengunci, menghapus data, dan membunyikan ponsel kamu untuk mengetahui keberadaannya dimana.

Melacak Hp Hilang Dengan Hidden Eye

Hidden Eye

Ini merupakan aplikasi pelacak smartphone Android, dimana yang cukup menarik dari aplikasi ini adalah mampu untuk mengambil dan menangkap objek foto yang dicurigai sebagai pencuri smartphone kamu. Dimana aplikasi ini akan mengambil objek foto apabila si pencuri salah membuka kunci password yang sudah kamu atur. Selain itu, aplikasi ini mampu menyalakan alarm apabila si pencuri smartphone kamu salah memasukkan password yang sudah kamu set sebelumnya lebih dari tiga kali.

Melacak Hp Hilang Dengan Family Locator

Family Locator

Aplikasi ini merupakan aplikasi pelacak smartphone Android yang akan menampilkan dan mengetahui keberadaan ponsel yang dicuri atau hilang dengan menggunakan GPS kamu yang sedang aktif. Menariknya, dengan aplikasi ini, para anggota keluarga kamu juga bisa ikut melacak keberadaan ponsel kamu. Jadi, proses pencarian smartphone bisa berjalan lebih mudah. Sayangnya, aplikasi pelacak hp hilang ini belum bisa berfungsi untuk mengambil gambar dari tersangka yang mengambil ataupun mengambil gambar tepatnya berada dimana lokasi smartphone kamu.

Melacak iOs Hilang Dengan Find My iPhone

Cara Melacak HP Yang Hilang find my iphone

Nah, selain itu bagi kamu pengguna smartphone merk Apple kamu bisa juga menggunakan web “Find My iPhone” dimana pertama kamu harus membuka website akses https://icloud.com/find dan login ke Apple ID kamu. Kemudian setelah berhasil login dengan ID icloud, kamu akan bisa melihat langsung lokasi keberadaan iPhone kamu. Kamu bisa memilih beberapa fitur juga, diantaranya; PlaySound untuk menyalakan ringtone agar iPhone kamu berbunyi, kemudian ada fitur Lost Mode untuk mengunci iPhone kamu dengan password, dan fitur terakhir kamu bisa Erase iPhone untuk menghapus semua data kamu yang ada di iPhone yang hilang agar tidak disalahgunakan.

Melacak No. Hp Dengan Google Account

Where's My Phone

Cara berikutnya untuk melacak Hp yang hilang yaitu, buka Google search menggunakan laptop atau smartphone lain. Di kolom search, ketik ‘Where`s My Phone’. Di hasil pencarian, klik opsi paling atas "Find your phone - My Account - Google". Hasil pencarian Google akan membawa Anda pada daftar device yang terhubung ke akun Google Anda. Pilih smartphone Anda yang hilang di opsi tersebut jika ada lebih satu device yang dihubungkan dengan akun Google. Untuk menjamin keamanan dan memastikan bahwa smartphone tersebut milik Anda, Google akan meminta password e-mail yang digunakan untuk log in.

Google memberikan opsi untuk menderingkan smartphone yang hilang dengan volume penuh selama mungkin meski kondisi smartphone dalam keadaan mute. Jika smartphone Anda di tangan orang yang tak berkepentingan, bunyi dering secara tiba-tiba akan mengagetkan orang tersebut dan bisa cepat sadar untuk mengembalikan smartphone tersebut kepada Anda. Hal ini juga praktis saat Anda lupa dimana meletakkan smartphone. Tinggal pilih opsi dering dan Anda bisa mencari dimana keberadaan smartphone dengan mengikuti suara dering.

Jika Anda tidak bisa juga menemukan smartphone dengan cara dideringkan maupun dicari melalui Google Maps, Google memberikan lima opsi lainnya yang bisa membantu Anda, yaitu:

Cara Melacak HP Yang Hilang

Kunci Ponsel

Anda bisa secara remote mengunci smartphone agar tidak bisa diotak-atik oleh orang yang tidak berkepentingan. Anda bisa membuat kata sandi untuk mengunci layar sembari mengirim pesan kepada siapa saja yang sedang memegang smartphone Anda. Secara default Google menuliskan pesan “Ponsel ini hilang. Tolong bantu mengembalikannya’ disertai dengan opsi untuk mencantumkan nomor yang bisa dihubungi penemu smartphone untuk mengembalikan smartphone Anda.

Coba Telepon Ponsel

Opsi ini memungkinkan Anda untuk menelepon ke smartphone Anda yang hilang dengan menggunakan Google Hangouts.

Keluar di Ponsel

Opsi ini akan membuat Anda keluar (sign out) secara otomatis dari email terdaftar yang terkoneksi dengan smartphone sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya. Anda tetap bisa menderingkan, mencari lokasi, mengunci, dan menghapus ponsel.

Hubungi Operator

Operator mungkin dapat membantu Anda dengan menonaktifkan kartu SIM, memesan kartu SIM baru, atau mengalihkan panggilan ke nomor baru. Tindakan ini juga dapat membantu melindungi Anda dari pencurian identitas karena si penemu dapat menggunakan SMS untuk mengakses informasi, mengirim pesan atas nama Anda, atau melakukan panggilan telepon yang mahal.

Hapus Perangkat

Menghapus perangkat mencegah orang lain melihat konten. Jika Anda memilih untuk menghapus ada beberapa hal yang akan terjadi yaitu Google tidak dapat menghapus semua data di kartu memori secara menyeluruh di smartphone atau mengunci ponsel secara remote dan Anda akan kehilangan akses secara permanen ke semua info di perangkat yang baru-baru ini tidak diback-up ke Google. Jika Anda memilih opsi ini, maka perangkat smartphone akan terhapus otomatis saat smartphone online. Jika smartphone tidak online lagi, maka perangkat tidak akan dihapus.

Bagi kamu yang menggunakan hp non Android seperti iOS tetap bisa melacak smartphone kamu dimana keberadaannya dengan mudah. Di mana kamu tetap bisa melakukan cara pertama atau kedua, karena pada dasarnya smartphone iOS tetap akan meminta data email kamu pada saat pemakaiannya.

Nah itu tadi cara melacak hp yang hilang dengan menggunakan berbagai macam aplikasi. Semoga tips ini bisa membantu Anda yang lagi sedih campur galau karena kehilangan smartphone ya! Ikuti juga terus Kabar Games untuk lebih banyak tips dan trik tentang gadget, berita games dan gadget terbaru dan tak ketinggalan review berbagai gadget keren yang lagi hits saat ini.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved