Juant Setiawan · Published 28 February 2021

5 Cara Merawat Baterai Smartphone (Hp) untuk Gaming

Home > Artikel > Gadget > 5 Cara Merawat Baterai Smartphone (Hp) untuk Gaming

Selain untuk komunikasi, saat ini smartphone juga sering dipakai untuk bermain game. Spesifikasi smartphone yang terus meningkat plus banyaknya game menarik dari segala genre yang bisa didownload gratis di Play Store maupun App Store membuat banyak pengguna smartphone gaming paling tidak miliki satu game di smartphone-nya untuk dimainkan, namun tidak banyak yang mengetahui cara merawat baterai Hp nya.

Banyak orang yang menghabiskan berjam-jam waktunya untuk bermain game di smartphone Hal ini yang kemudian menimbulkan berbagai masalah di handphone. Bagi Kamu yang suka bermain game lewat smartphone, berikut ini ada 5 tips ampuh cara merawat baterai hp agar tetap awet meski sering dipakai gaming selama berjam-jam.

Jangan Main Game Saat Charge

smartphone charging

Banyak yang sering lupa waktu ketika bermain game mobile sehingga banyak yang tidak sadar jika baterai sudah menipis dan perlu di-charge secepatnya. Umumnya gamer akan tetap melanjutkan permainan game setelah mencolok smartphone ke chargenya, terlebih bagi yang bermain game MOBA yang tidak bisa ditinggal ketika sedang bermain.

Namun, sering memainkan smartphone ketika di-charge dapat merusak baterai dan juga layar smartphone dengan cepat karena baterai bisa overheat dan layar bekerja ekstra saat bermain game dalam keadaan sedang di-charge. Oleh karena itu Kamu diharapkan tidak memaksakan diri bermain game ketika smartphone dalam kondisi di-charge ya! Berhenti sejenak dan Kamu bisa resume game saat baterai sudah terisi penuh.

Selalu Gunakan Charger Original

smartphone charger

Jika smartphone Kamu kehabisan baterai karena dipakai untuk bermain game, gunakan hanya charger original bawaan dari smartphone tersebut untuk mengisi daya baterai Kamu. Hal ini karena charger bawaan sudah diset sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan daya listrik smartphone. Kamu Jangan tergoda untuk memakai charger palsu maupun powerbank abal-abal karena bisa merusak smartphone Kamu.

Jangan Nyalakan HP Setelah Mati Total

smartphone battery

Jika Kamu tidak mengindahkan peringatan kapasitas baterai yang menipis dan lanjut bermain game, kemungkinan besar smartphone Kamu akan mati tiba-tiba saat Kamu sedang asyik-asyiknya nge-game. Banyak orang yang kemudian mencoba mengisi daya baterainya sambil dihidupkan kembali dengan harapan bisa kembali ke permainan secepat mungkin.

Jangan buru-buru menyalakan smartphone Kamu jika HP baru saja dicolok dan di layar masih tertulis angka 1%. OS smartphone Kamu bisa gagal booting yang membuat handphone akan looping secara terus menerus dan membutuhkan waktu lama untuk menampilkan layar utama. Biarkan smartphone terisi paling tidak 10% baru dihidupkan kembali.

Jaga Suhu Smartphone

smartphone

Game mobile saat ini hadir dengan kualitas grafis tinggi sehingga membuat smartphone harus bekerja lebih keras ketika Kamu memainkan game tersebut. Hal ini membuat smartphone lebih cepat panas dari biasanya. Perubahan suhu smartphone pasti sangat kentara ketika Kamu bermain game karena bersentuhan langsung dengan tangan.

Jika smartphone sudah terasa panas, ada baiknya hentikan sebentar bermain gamenya dan biarkan smartphone cooling down terlebih dahulu. Kamu juga bisa menghentikan semua aplikasi yang tengah berjalan di background untuk mengurangi load kerja prosesor smartphone sehingga handphone tidak mudah panas.

Rajin Bersihkan Cache

cara merawat baterai hp - bersihkan-cache

Cache yang merupakan file sampah dari aplikasi maupun game mobile perlu sering-sering dibersihkan agar tak mengganggu kinerja RAM smartphone Kamu. RAM yang penuh akan mengurangi performa smartphone saat dipakai untuk gaming atau sekedar browsing. Hapuslah file cache yang ada di setiap aplikasi secara teratur agar RAM lebih fresh dan bisa me-load game dengan lebih baik.

Nah itu tadi tips ampuh cara merawat baterai hp agar tetap awet meski sering di pakai gaming. Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak info mengenai games dan juga smartphone. Ada juga berita games dan gadget terbaru setiap harinya, berbagai review dan tutorial hingga info mengenai turnamen game menarik di dalam dan luar negeri.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved