Juant Setiawan · Published 14 March 2021

5 Cara Ngecas Hp yang Benar & Aman, Cuma 1/2 Jam!

Home > Artikel > Gadget > 5 Cara Ngecas Hp yang Benar & Aman, Cuma 1/2 Jam!

Smartphone Android masih menjadi ponsel pintar sejuta umat dikarenakan hampir semua merk smartphone menggunakan sistem operasi Android. Namanya smartphone pasti lah canggih, tidak terkecuali yang menggunakan OS Android. Namun, tetap saja terkadang ada saja problemnya, contoh saja cara charge atau ngecas Hp yang benar dan aman itu bagaimana seharusnya.

Berbicara mengenai problematika charging, terkadang ada merk tertentu atau setelah pemakaian tertentu chargingnya bisa melambat. Ada solusinya per merk, dan secara umum. Nah, Kabar Games akan membahas tutorial secara umum, dan inilah dia tips ampuh cara ngecas (charge) hp yang benar dan aman biar cepat penuh.

Matikan Hp Saat Charging

Charging HP Saat Mati

Biasanya mayoritas pengguna smartphone, termasuk Android, menyalakan Hp ketika charging. Charging dibarengi dengan smartphone menyala dapat melambatkan pengisian baterai karena pengisian tidak optimal, plus merusak baterai karena baterai menjadi lebih cepat panas.

Ngecas baterai dengan mematikan Hp dapat mempercepat pengisian baterai, dan ini merupakan salah satu cara yang benar untuk mengatasi lambatnya charging smartphone Android.

Mengganti Baterai Smartphone

Ganti Baterai Smartphone

Terkadang, melambatnya charging pada sebuah smartphone dikarenakan terjadi kerusakan pada baterai. Salah satu cara mengetahu baterai yang rusak dapat diketahui dengan melihat badan baterai yang biasanya terlihat dan terasa mengembang. Bila sudah begitu, maka baterai perlu diganti. Saat pemilihan baterai pastikan memilih yang original agar terjamin keawetannya.

Charging ke Sumber Listrik Langsung

Charging ke Stop Kontak

Charging dengan menggunakan power bank, pc, dan laptop akan memakan proses waktu yang lama. Permasalahannya disebabkan oleh tidak stabilnya arus listrik dari alat-alat tersebut. Oleh karenanya, charging smartphone ke sumber listrik langsung, seperti stop kontak adalah solusinya disebabkan arus listrik di dalamnya stabil.

Mengganti Kabel dan atau Charger

Ganti Kabel atau Charger

Permasalahan pada kabel dapat membuat charging smartphone melambat. Jika ini yang menjadi masalah dari pelambatan pengisian baterai, maka sebaiknya segera ganti kabel charger Anda. Namun, seringkali kecacatan kabel charger tidak terlihat.

Oleh karenanya, agar dapat memastikan bahwa kabel charger Anda bermasalah, maka coba lakukan charging dengan kabel lain yang dirasa tidak bermasalah. Bila kabel tidak ada masalah, maka perlu dilakukan cek terhadap charger yang mana cara pengecekkannya sama dengan pengecekkan kabel.

Mengganti Versi Android

Cara Ngecas hp - Ganti Versi Android

Versi Android pun dapat menjadi masalah penyebab dari lambatnya charging smartphone. Biasanya versi Android yang dipakai tidak kompatibel dengan teknologi dari smartphone. Mengganti versi Android ke versi lawasnya akan lebih baik daripada update versi terbaru yang dapat merusak baterai.

Demikian lah tips terbaru mengenai cara ngecas (charge) hp yang benar dan aman biar cepat penuh. Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan gadget hanya di Kabar Games.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved