Rinaldi Syahran · Published 15 March 2020

Clue/Cluedo, Board Game Klasik Bergenre Misteri Hadir (Review)

Home > Artikel > Mobile Game > Clue/Cluedo, Board Game Klasik Bergenre Misteri Hadir (Review)

Penyuka game misteri dan juga board game pasti akan senang dengan game mobile yang akan dibahas ini. Dahulu, game ini amat populer hingga dibuat mini serialnya yang berdasarkan gamenya. Saat ini, game misteri ini sudah tersedia dalam media Android dan sudah dapat diunduh. Nama gamenya adalah Clue. Pemain game yang berasal dari luar Amerika Utara menamakannya dengan Cluedo.

Cluedo atau Clue adalah permainan papan yang dibuat pertama kali oleh Parker Brothers. Permainan ini sudah menjadi permainan favorit keluarga selama beberapa generasi. Tujuan dari permainan ini adalah memecahkan sebuah kasus pembunuhan. Siapa pelakunya? Apa senjata yang dipakai? Di ruang mana pembunuhannya terjadi? Dengan menebak siapa tersangka pembunuh, senjata, dan tempat kejadian, Anda bisa mengeliminasi kemungkinan dan semakin mendekati kebenaran.

Clue/Cluedo Gameplay

Gameplay Clue/Cluedo

Clue atau Cluedo pada Android, gameplay-nya dibuat sama persis dengan versi terdahulunya. Sebagai contoh, Anda harus memecahkan kasus mengenai Mr Boddy yang telah dibunuh. Untuk memecahkannya, Anda harus mencari tahu siapa yang telah melakukan kejahatan tersebut. Selain itu, Anda harus tahu senjata yang digunakan untuk kejahatan pembunuhan, dan juga lokasi sebenarnya dari kejahatan pembunuhan tersebut.

Untuk mendapatkan jawaban itu semua, Anda diharuskan melempar sebuah dadu virtual, melakukan serangkaian pertanyaan, dan Anda harus melakukan serangkaian proses eliminasi serta pekerjaan intuitif setelahnya. Tindakan ini bisa menghasilkan kesimpulan pembunuh, alat untuk membunuh, dan juga lokasi pembunuhan. Sebagai contoh, Mrs Scarlet melakukan pembunuhan dengan kunci inggris di ballroom. Setelahnya Anda akan mendapatkan Clue Lembar virtual yang bisa memandu Anda dalam menghilangkan tersangka dan menemukan pembunuhnya.

Review Board Game Clue

Suspect Clue/Cluedo

Game ini hampir 100% mempertahankan dasar-dasar permainan. Game mobile Clue tidak menyimpang terlalu jauh dari mekanik game aslinya. Namun oleh karena ini adalah game mobile, maka Anda diberikan beberapa perbedaan. Pada versi game mobile-nya ini, Anda diberikan suguhan berupa perbaruan art karakter, musik, animasi, dan juga efek suara yang diharapkan oleh developernya dapat meningkatkan cara Anda dalam bermain game ini.

Cara Bermain Clue Versi Asli

Cluedo Board Game

Menyiapkan Permainan

  • Susun papan permainan. Buka papan permainan Clue dan letakkan pada tempat yang datar. Papan permainan Clue memiliki sembilan ruang yang bisa dilewati oleh enam bidak pemain. Pastikan ada tempat yang cukup bagi semua pemain untuk duduk di sekeliling papan permainan dan bisa dengan mudah menjalankan permainan. Pemainan ini bisa dimainkan sampai enam orang dan mereka semua harus bisa duduk dekat papan permainan untuk menjalankan bidak mereka.
  • Letakkan enam bidak pemain dan senjata pada papan permainan. Anda boleh meletakkan bidak pemain secara acak pada papan, tetapi pastikan semua bidak berada di salah satu ruang pada awal permainan. Setiap bidak juga harus memiliki senjata pada ruang tersebut. Tidaklah penting senjata mana yang harus dipasangkan dengan bidak yang mana.
  • Berikan lembar catatan detektif dan pensil pada setiap pemain. Sebelum memulai permainan, pastikan setiap pemain memiliki lembar catatan detektif untuk mencatat tersangka, ruang, dan senjata. Lembar ini harus berisi daftar semua tersangka, ruang, dan senjata, sehingga semua pemain bisa mencoretnya saat mengeliminasi kemungkinan. Misalnya, bila seorang pemain memiliki kartu Mrs. Peacock, kandil, dan dapur, maka jawaban ini tidak mungkin berada dalam amplop. Pemain ini bisa mencoret ketiga hal ini dari daftarnya.

Menyiapkan Kartu

  • Pisahkan ketiga jenis kartu dan kocok masing-masing tumpukan. Clue memiliki tiga jenis kartu: tersangka, ruang, dan senjata. Pisahkan ketiga jenis kartu ini pada tumpukan terpisah dan kocok masing-masing tumpukan. Lalu letakkan masing-masing tumpukan menghadap ke bawah di atas papan permainan.
  • Letakkan amplop Berkas Kasus Rahasia (“Case File Confidential”) di tengah papan permainan. Tarik satu kartu pada tiap tumpukan dan masukkan kartu-kartu ini ke dalam amplop “Case File Confidential”. Pastikan kartu-kartu ini menghadap ke bawah sehingga tidak seorang pun yang bisa melihatnya. Pemain yang bisa menebak dengan benar ketiga kartu ini berarti memenangkan permainan.
  • Kocok ketiga tumpukan kartu sekaligus lalu bagikan. Setelah memasukkan kartu ke dalam amplop “Case File Confidential”, kocok kartu sisanya sekaligus. Lalu bagikan semua kartu kepada semua pemain sampai semua pemain memiliki jumlah kartu yang sama. Anda bisa melihat kartu Anda sendiri, tetapi jangan perlihatkan kartu tersebut kepada pemain lain.

Mulai Bermain

  • Lemparkan dadu atau gunakan lorong rahasia untuk memindahkan bidak pemain pada setiap giliran. Hal pertama yang harus dilakukan pada setiap giliran adalah melemparkan dadu atau menggunakan lorong rahasia untuk masuk ke sebuah ruangan. Anda harus mencoba masuk ke sebuah ruangan baru pada setiap giliran. Lemparkan kedua dadu dan pindahkan bidak Anda sesuai angka dadu tersebut.
  • Ingat, di dalam Clue Anda bisa memindahkan bidak ke atas, ke bawah, ke kiri, atau ke kanan, tetapi tidak boleh secara diagonal. Miss Scarlet selalu mendapatkan giliran pertama dalam Clue, jadi siapa pun yang menggunakan bidaknya melemparkan dadu pertama kali lalu dilanjutkan pemain sebelah kirinya.
  • Tunggu sampai jalan Anda terbuka jika ada seorang pemain yang menghalangi Anda memasuki sebuah ruangan. Dua pemain tidak boleh berada pada petak yang sama pada waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, Anda bisa dihalangi keluar dari sebuah ruangan jika ada seorang pemain yang berdiri tepat di luar pintu ruangan tempat Anda berada. Jika Anda tertahan dalam sebuah ruangan, Anda harus menunggu giliran berikutnya sampai jalan terbuka dan mencoba keluar dari ruangan.
  • Buatlah dugaan setiap kali Anda memasuki sebuah ruangan. Oleh karena tujuan dari permainan ini adalah menggunakan deduksi untuk menebak kartu tersangka, ruang, dan senjata di dalam amplop, Anda perlu melakukan proses eliminasi sampai mendapatkan jawaban. Oleh karena itu, setiap kali Anda memasuki sebuah ruangan, tebaklah kartu apa yang mungkin ada di dalam amplop di hadapan pemain lain.
  • Misalnya, Anda bisa menduga bahwa pelakunya adalah Colonel Mustard di ruang belajar dengan menggunakan pipa timbal. Pemain lain lalu mencari kartu-kartu ini tangan mereka. Pemain di sebelah kiri Anda mendapat gilirian pertama menunjukkan kartu ini kepada Anda jika ia memilikinya.
  • Pemain lain akan secara bergantian menunjukkan kartu ini kepada Anda jika mereka memilikinya. Kemudian coret kartu yang telah diperlihatkan pemain lain untuk mengeliminasi kemungkinan.
  • Pindahkan bidak dan senjata ke dalam ruangan saat Anda membuat dugaan. Anda harus berada di ruang yang sama jika menebak ruang itu, tetapi Anda juga harus memindahkan tersangka dan senjata yang Anda duga. Ambil tersangka dan senjata dari posisi mana pun pada papan permainan dan pindahkan ke dalam ruang tempat yang Anda duga terjadi pembunuhan. Tidak ada batas berapa jumlah tersangka atau senjata yang boleh berada dalam sebuah ruangan dalam satu waktu.
  • Buat tuduhan jika Anda merasa yakin kartu apa yang ada di dalam amplop. Anda baru bisa melakukan tuduhan jika telah mengeliminasi sebagian besar kemungkinan dan Anda yakin siapa pelakunya, di mana tempatnya, dan senjata apa yang dipakai. Jika tuduhan Anda benar, Anda memenangkan permainan!
  • Ingat, Anda hanya boleh menuduh satu kali dalam tiap permainan. Jika salah, Anda kalah dalam permainan ini. Anda harus mengembalikan kartu ke dalam amplop dan menunjukkan kartu Anda kepada pemain lain jika diminta, tetapi Anda tidak boleh membuat tuduhan lagi.

Board Game Cluedo Trailer

https://www.youtube.com/watch?v=mNUZdxhOWGg

Semula, Anda dapat melakukan pengunduhan game Clue dari Google Play Store Marmalade Game Studio seharga 3,99 Dollar Amerika. Bagi Anda yang terbiasa membeli Games Play Store seharga 1,99 Dollar Amerika, maka akan menganggap game yang satu ini sedikit lebih mahal. Namun, sekarang ini game tersebut menjadi 1,99 Dollar Amerika. Pada saat ini, para pemain hanya dapat bermain melawan AI saja. Namun kedepannya, para pemain akan disuguhkan mode multiplayer. Tertarik?


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved