Maya Idruss · Published 01 November 2017

Review Cynosa Chroma dan Chroma Pro dari Razer

Home > Artikel > Gadget > Review Cynosa Chroma dan Chroma Pro dari Razer

Sebagai salah satu perusahaan periferal gaming populer di dunia, Razer selalu menghadirkan gaming gear terbaru untuk menjangkau berbagai kalangan gamer. Kembali menyasar gamer dengan budget, Razer baru-baru ini merilis dua keyboard gaming murah terbarunya untuk segmen budget, yaitu Cynosa Chroma dan Cynosa Chroma Pro.

Mungkin banyak yang bertanya - tanya, apa kelebihan di antara ke 2 keyboard Cynosa Chroma dan Cynosa Chroma Pro. Kabar Games telah merangkumnya menjadi beberapa bagian, yuk langsung simak!

Keyboard Membran

Cynosa Chroma dan Chroma Pro

Kedua keyboard gaming ber-layout full-size ini masih mengandalkan papan ketik membran yang juga bisa ditemukan di Ornata Chroma yang merupakan keyboard gaming murah keluaran Razer tahun lalu.

Nama ‘Chroma’ yang disematkan pada keyboard gaming budget ini mengindikasikan bahwa keduanya telah dibekali sistem pencahayaan RGB yang bisa dikustomisasi dan tersambung ke perangkat Razer lainnya. Dan Cynosa hadir dengan fitur yang penting yang sepertinya banyak dibutuhkan gamer ketika asyik bermain game, yaitu tahan air!

Keyboard yang Tahan Air

Keyboard yang Tahan Air

Meski tak sepenuhnya tahan terhadap air, namun keyboard mode Cynosa bisa tetap bekerja secara normal setelah Anda (misalnya) secara tak sengaja menumpahkan air di atasnya. Razer tidak memberi penjelasan secara detail bagaimana konstruksi keyboard ini sehingga bisa tahan air, namun ada indikasi kuat jika perusahaan yang dipimpin Min-Liang Tan ini memanfaatkan lekukan dan saluran yang ada di bodi keyboard untuk mengalirkan cairan ke luar sebelum merusak komponen elektronik di dalamnya.

Responsif dan Full Kustomisasi

Responsif dan Full Kustomisasi

Keyboard ini juga dilengkapi dengan dudukan keycap yang didesain khusus untuk memberikan pengalaman penggunaan keyboard yang lebih nyaman, solid, hening dan responsif dibandingkan dengan keyboard membran lainnya. Razer juga memberi jaminan jika keyboard gaming ini mampu memberikan pengendalian yang lebih akurat tak peduli apapun genre game yang Anda mainkan.

Selain itu, keyboard Cynosa Chroma juga dirancang untuk tidak memerlukan wrist rest saat digunakan dengan desain bagian depannya yang dibuat menukik. Tak ketinggalan, keyboard ini juga dilengkapi dengan fitur anti-ghosting 10-key roll-over yang membuat keyboard ini responsif  terhadap seluruh input saat Anda menekan tombolnya.

Seperti keyboard gaming Razer lainnya, Cynosa Chroma dan Chroma Pro juga bisa diprogram uang melalui software Razer Synapse, baik itu untuk fungsi tombol, macro dan juga personalisasi warna dan efek cahaya ED keyboard ini.

Harga dan Perbedaan Cynosa Chroma Pro

Harga dan Perbedaan Cynosa Chroma Pro

Jika dilihat dari fitur dan juga fungsinya, keyboard Cynosa Chroma dan Chroma Pro hampir identik. Yang membedakan keduanya adalah underglow RGB. Cynosa Chroma Pro memiliki bagian underglow RGB yang membuat meja gaming Anda terlihat mewah dan meriah. Bagian underglow RGB tersebut memiliki 24 zona terpisah yang setiap zonanya bisa dikustomisasi suka-suka!

Baik Cynosa Chroma dan Cynosa Chroma Pro sudah bisa dipesan saat ini melalui situs resmi Razer. Untuk masalah harga, Cynosa Chroma dijual seharga US$60, sedangkan model Cynosa Chroma Pro dijual seharga US$80

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=zexM245n78Q[/embedyt]

Ikuti terus Kabar Games untuk tahu lebih banyak soal produk gaming gear beserta hardware gaming lainnya dari Razer. Ada juga berita gadget dan games terbaru di setiap harinya. Anda juga bisa menemukan berbagai tips & trik menarik seputar gaming dan gadget, review dan tutorial menarik di KabarGames.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved