Aziza Larasati · Published 20 November 2019

15 Manfaat Bermain Game Online Menurut Para Ahli

Home > Artikel > News > 15 Manfaat Bermain Game Online Menurut Para Ahli

Kompleks, menantang dan ambisius. Itulah gambaran tentang game online yang telah berkembang jauh sejak game jadul sederhana tahun 1970-an. Menurut para ahli, semakin banyak bukti yang menunjukkan manfaat bermain game online tidak hanya untuk hiburan, tapi dampak nya juga meningkatkan koordinasi tangan dan mata bagi anak.

Banyak di luaran sana developer game yang menyediakan game edukasi anak juga ikut andil dalam membangun perkembangan kepribadian dan keterampilan si kecil. Berikut ini adalah 15 manfaat dan dampak bermain game online bagi anak serta kesehatan yang mungkin tak kamu sangka-sangka!

Meningkatkan Indra Penglihatan

manfaat bermain game dapat Meningkatkan Penglihatan

"Jangan duduk terlalu dekat dengan televisi" digunakan oleh banyak orang tua pada umumnya, tanpa penelitian yang mendukungnya. Sebaliknya, para ilmuwan menemukan bahwa bermain game dalam jumlah sedang sebenarnya dapat meningkatkan, bukan melemahkan, penglihatan kamu.

Dalam satu studi, 10 minggu bermain dikaitkan dengan kemampuan yang lebih besar untuk membedakan antara berbagai nuansa abu-abu. Peserta lain mencoba bermain game hanya menggunakan mata mereka yang buram. Para pemain itu menunjukkan peningkatan signifikan pada mata mereka yang tadinya buram.

Membantu Menjadi Pemimpin

Game Membantu Menjadi Pemimpin

Karena genre permainan tertentu mengutamakan dan mendorong sifat-sifat kepemimpinan, membantu “komunitas,” mengamankan keselamatan mereka, dll, para peneliti telah mencatat bahwa para pemain dapat menerapkannya ke dunia nyata mereka. Berimprovisasi saat bermain game online juga memberi dampak bisa membantu kamu lebih cepat bertindak ketika krisis di kantor muncul.

Memicu Ketertarikan pada Sejarah

Game Memicu Ketertarikan pada Sejarah

Banyak game menggunakan peristiwa sejarah aktual untuk mendorong cerita mereka. Karakter dan tempat tersebut kemudian dapat memicu minat anak untuk mencari tahu lebih banyak tentang budaya dan sejarah dari game itu, menurut para peneliti. Orang tua yang telah mendapatkan buku, peta, dan sumber daya lain yang berkaitan dengan game, melaporkan anak-anak mereka lebih terlibat dalam pembelajaran, yang dapat mengarah pada anak yang terus menghargai sejarah.

Membuat Anak Lebih Aktif

Game Membuat Anak-Anak Lebih Aktif

Ada beberapa game yang mendorong tingkat interaksi seluruh tubuh, namun bahkan game yang hanya membutuhkan kontrol genggam sederhana sekalipun, juga membutuhkan aktivitas fisik. Permainan olahraga seperti game bola basket, tenis, atau bahkan skateboard dapat menyebabkan anak-anak melatih keterampilan yang sama di luar ruangan.

Membantu Kelancaran Operasi

Game Membantu Kelancaran Operasi

Saat kamu datang ke rumah sakit dan mengetahui seorang dokter bedah ketagihan main game online, apa yang kamu rasakan? Marah? Jangan salah dulu, sebuah studi spesialis laparoskopi (sayatan kecil) menemukan manfaat bahwa dokter yang bermain game online lebih dari tiga jam per minggu, dampak nya adalah menghasilkan 32 persen lebih sedikit kesalahan selama prosedur operasi dibandingkan dengan rekan non-gaming mereka.

Membantu Mengatasi Disleksia

Game Membantu Mengatasi Disleksia

Beberapa penelitian mengungkapkan, kesulitan untuk fokus sebagai komponen utama dari pasien disleksia. Satu studi menunjukkan manfaat bermain game online bagi mereka, penderita disleksia dapat meningkatkan pemahaman bacaannya setelah bermain game action yang berat. Alasannya, para peneliti percaya, bahwa game memiliki lingkungan yang terus berubah sehingga membutuhkan fokus yang intens.

Menurunkan Proses Penuaan

Game Mungkin Menurunkan Proses Penuaan

Apa yang disebut "Brain Games" di game online yang melibatkan komponen pemecahan masalah, memori, dan teka teki, telah terbukti memiliki manfaat positif pada para pemain yang berusia lebih tua. Dalam satu studi, hanya 10 jam bermain game online, memberi dampak peningkatan fungsi kognitif pada peserta berusia 50 tahun ke atas, dimana peningkatan ini hanya dapat berlangsung selama beberapa tahun.

Membantu Meredakan Sakit

Game Mungkin Membantu Meredakan Sakit

Sudah menjadi rahasia umum untuk mencoba mengalihkan diri dari rasa sakit yaitu dengan cara memperhatikan sesuatu yang lain atau berfokus pada mekanisme tubuh lain, tetapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa game online memiliki manfaat sebagai pereda sakit yang bagus.

Bermain sebenarnya dapat menghasilkan respons analgesik (penghilang rasa sakit) dalam sistem kortikal yang lebih tinggi. Semakin mendalam, semakin baik, itulah sebabnya sistem game Virtual Reality (VR) mungkin akan menjadi sama lazimnya di rumah sakit seperti pembersih tangan.

Membantu Pasien Multiple Sclerosis

Game Membantu Keseimbangan Pasien Multiple Sclerosis

Karena ini adalah kelainan yang memengaruhi berbagai saraf, pasien sklerosis sering mengalami masalah dengan keseimbangannya, dan tidak ada obat yang terbukti dapat membantu. Namun, satu studi menunjukkan bahwa pasien Multiple Sclerosis yang bermain game online membutuhkan interaksi fisik sambil berdiri di papan keseimbangan, dimana hal ini memberi manfaat dan dampak peningkatan kesehatan setelah bermain.

Membantu Hubungan Sosial

Game Online Membantu Hubungan Sosial Baru

Gamer kadang-kadang dianggap sebagai penyendiri, tetapi yang terjadi justru sebaliknya. Hadirnya fasilitas game multiplayer online telah menciptakan bentuk sosialisasi baru dimana manfaat nya adalah para pemain bermain dan bekerja sama untuk memecahkan masalah. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa game online juga dapat menjadi pendorong bagi para pemain untuk berkumpul secara langsung, sekitar 70 persen dari semua pemain bermain dengan teman setidaknya beberapa waktu.

Meningkatkan Pengambilan Keputusan

manfaat Game Meningkatkan Keterampilan Pengambilan Keputusan

Kita semua pasti kenal seseorang yang tampaknya memiliki ‘CPU’ lebih cepat daripada yang lain, dapat mencerna informasi atau bereaksi dalam sepersekian detik. Bagi sebagian orang, kemampuan itu mungkin diperkuat melalui game. Karena informasi baru terus ditampilkan selama bermain, para pemain dipaksa untuk beradaptasi dengan cepat.

Dalam sebuah penelitian, pemain yang bermain game online yang membutuhkan kecepatan, manfaat nya adalah 25 persen lebih cepat dalam bereaksi terhadap pertanyaan tentang gambar yang baru saja mereka lihat, dibandingkan dengan yang bukan pemain.

Menahan Keinginan Akan Sesuatu

Para pemain yang ketagihan akan sesuatu, misalnya terlalu banyak makan, merokok, atau minum, mungkin akan sangat terbantu jika bermain game. Sebuah studi di sebuah universitas mengungkapkan penurunan 24 persen dalam keinginan akan sesuatu, setelah memainkan game puzzle.

Dapat Mengurangi Stress

manfaat Game Online dapat Mengurangi Stres

Walaupun ada banyak game santai di luaran sana, beberapa permainan dianggap menyebabkan stress, terutama ketika kamu melihat karakter kamu dihantam untuk kesekian kalinya, namun hal yang sebaliknya juga bisa benar. Sebuah studi besar yang melacak para pemain selama enam bulan dan mengukur detak jantung, para ahli menemukan manfaat bahwa bermain game-game tertentu mengurangi respons adrenalin hingga lebih dari 50 persen.

Gamer Cenderung Tak Akan Membully

Gamer Cenderung Tak Akan Membully

Meskipun pernyataan ini kontroversial, namun beberapa peneliti telah menyatakan bahwa game action dapat mengurangi kecenderungan pembully untuk membully. Satu studi yang menjadikan para pemain berperan sebagai pahlawan dan penjahat, menunjukkan bahwa mereka yang menjadi penjahat menunjukkan rasa penyesalan yang lebih besar atas tindakan mereka. Apakah benar begitu menurut Kamu?

Membantu Mengatasi Autisme

manfaat Game Membantu Mengatasi Autisme

Gamer yang menggunakan sistem yang menggabungkan seluruh tubuh untuk mengendalikan gerakan di layar, telah terbukti lebih terlibat dalam merayakan kemenangan dengan rekan-rekan mereka, yang bertentangan dengan kurangnya komunikasi oleh orang dengan autisme. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa berbagi ruang dengan banyak pemain juga dapat meningkatkan interaksi sosial bagi mereka yang mengalami gangguan ini.

Nah itulah tadi dampak dan manfaat bermain game online bagi kesehatan serta kepribadian anak menurut para ahli. Semua kembali lagi ke diri masing masing, jika Kamu berniat serius ingin menjadi profesional gamer, jangan lupa untuk melihat artikel lain seputar cara menjadi pro player dari Kabar Games. Nantikan terus berita terbaru serta terupdate seputar game dan anime hanya di Kabar Games.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved