Juant Setiawan · Published 14 March 2021

5 Dampak Negatif Bermain Hp & Gadget Terlalu Lama Bagi Anak

Home > Artikel > Gadget > 5 Dampak Negatif Bermain Hp & Gadget Terlalu Lama Bagi Anak

Di era yang serba digital sekarang ini, siapa yang tidak membutuhkan smartphone? Harga Hp yang bervariasi membuat siapa saja bisa dengan mudah memiliki dan bermain game online terbaik di smartphone, mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga bagi orang tua, namun, setiap hal di dunia ini pasti memiliki dampak negatif dan juga positif.

Dampak baik smartphone adalah sebagai media komunikasi, hiburan dan sumber informasi. Namun jika terlalu lama menggunakan smartphone dalam artian selalu dipakai berjam-jam untuk menonton video atau main games, tentu ada dampak game online yang negatif sehingga bisa mengganggu kesehatan.

Namun di balik penggunaan hp yang tiada hentinya setiap hari, ternyata ada efek buruk yang bisa ditimbulkan, misal kecanduan game online. Agar Kamu bisa lebih bijaksana lagi dalam menggunakan Hp dalam aktivitas sehari-hari, berikut ini informasi 5 dampak negatif bermain smartphone terlalu lama bagi anak yang harus Kamu tahu.

Mengakibatkan Kerusakan Otak

Mengakibatkan Kerusakan Otak

Dampak buruk dari radiasi smartphone bagi kesehatan memang masih kontroversi. Namun, beberapa penelitian menyebutkan ternyata efek jangka panjang radiasi dari smartphone dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan insomnia. Hasilnya, otak dapat menjadi cenderung lebih lemah dan mempengaruhi daya ingat dan juga refleks. Sedangkan efek jangka pendek yang akan mulai dirasakan seperti mual dan sakit kepala.

Mengakibatkan Kecanduan

Dampak Negatif Main Smartphone Terlalu Lama

Smartphone pada saat ini memang memegang peranan yang penting bagi aktifitas sehari-hari. Berkat perkembangan teknologi, kini smartphone dapat melakukan banyak hal yang membuat hidup terasa lebih nyaman, seperti menerima dan membalas e-mail untuk urusan pekerjaan, chatting dengan teman maupun keluarga, menonton video, mendengarkan musik, main game, dan sebagainya.

Maka tidak heran jika banyak orang yang nyaris tidak bisa lepas dari smartphone. Ketergantungan seperti ini membuat banyak orang kecanduan smartphone. Jika sudah akut, kecanduan main hp bisa membuat banyak masalah bagi kesehatan dan juga sisi sosial seseorang.

Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa untuk menyembuhkan pecandu smartphone harus menggunakan terapi yang sama seperti terapi untuk pecandu narkoba. Wow! Sangat mengerikan dan berbahaya bagi diri sendiri tentunya.

Terganggunya Penglihatan

Dampak Negatif Main Smartphone Terlalu Lama

Mungkin ini dampak negatif  yang paling banyak diketahui jika bermain Hp terlalu lama. Melihat layar smartphone terlalu lama bisa bisa mengakibatkan penglihatan terganggu, yang dalam dunia kedokteran disebut Computer Vision Syndrome (CVS). Beberapa ahli mengatakan bahwa 37% pengguna smartphone menghabiskan minimal 9 jam untuk melihat smartphone mereka.

7 dari 10 orang melaporkan bahwa mengalami ketegangan mata seperti mata kering, iritasi, kemerahan, dan bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan serta rabun dekat. Selain itu, main smartphone dalam waktu lama juga akan membuat mata cepat lelah sehingga terlihat sembab dan menyebabkan pusing.

Kelainan Postur Tubuh

Dampak Negatif Main Smartphone Terlalu Lama

Sebagian besar pengguna smartphone menundukkan kepala ketika membuka handphonenya. Karena terlalu fokus, tanpa disadari posisi membungkuk tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan Ketika Kamu menunduk, tepatnya pada sudut 60 derajat untuk melihat smartphone, itu sama saja dengan memberatkan kepala 6x lipat.

Hasil penilitian ini dilakukan Kenneth Hansraj, M.D., Chief of Spine Surgery di New York Spine Surgery and Rehabilitation. Apabila terlalu sering melakukannya, bukan tidak mungkin tulang punggung Kamu akan menjadi bungkuk sehingga postur tubuh tidak sama seperti yang dulu lagi.

Menyebabkan Penuaan Dini

Menyebabkan Penuaan Dini

Sejumlah dermatologi sepakat jika terlalu sering menggunakan smartphone dan tablet bisa menyebabkan penuaan dini. Hal ini disebabkan karena saat Kamu menunduk ke bawah maka akan berpengaruh terhadap gaya gravitasi yang bisa sebabkan daya elastisitas kulit hilang secara perlahan. Akibatnya Kamu bisa mengalami kulit keriput dan kendur di bagian rahang dan juga leher karena sering terlalu lama bermain smartphone sambil menunduk.

Bermain Hp memang tidak dilarang apalagi ada banyak hal positif yang bisa dilakukan dengan smartphone, namun jika digunakan terlalu sering, tentu akan membawa dampak negatif bagi diri sendiri karena pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Pantau terus Kabar Games untuk dapatkan lebih banyak tips dan trik seputar penggunaan smartphone, informasi berita games dan gadget terbaru hingga review berbagai gadget yang bermanfaat.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved