Yoko Widito · Published 08 March 2021

Worth It! 12 Rekomendasi Emulator Android Terbaik, Cepat, & Paling Ringan untuk PC di 2021

Home > Artikel > PC Game > Worth It! 12 Rekomendasi Emulator Android Terbaik, Cepat, & Paling Ringan untuk PC di 2021

Bagi mereka yang tidak puas dengan layar ponsel Android, menggunakan emulator di PC bisa menjadi pilihan dikarenakan layar yang jauh lebih besar dan juga performa yang sudah jelas jauh lebih baik. Kamu bisa memainkan game favorite kamu dengan jauh lebih oke dibandingkan kalau kamu menggunakan ponsel. Tapi tetap saja kamu harus memperhatikan supaya emulator android kamu tidak terlalu banyak memakan tempat akibat terlalu banyak install aplikasi.

Emulator android yang akan Kabar Games bagikan ini cukup ringan untuk digunakan di laptop ataupun pc, tapi walaupun ringan tetap memiliki performa yang oke banget lho buat main game playstore. Terlebih kamu ingin memainkan suatu game tapi terhalang oleh terbatasnya kemampuan ponsel android kamu. Kalau sudah begini, emulator menjadi jalan keluar yang paling oke. Berikut ini adalah rekomendasi Emulator Android terbaik dan paling ringan untuk PC di 2020.

Emulator Leapdroid

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - Leapdroid

Di urutan pertama adalah Leapdroid yang merupakan pendatang baru di dunia emulator android. Walaupun pendatang baru tapi Leapdroid memiliki kemampuan yang oke banget. Selain itu kamu juga bisa bermain menggunakan dua akun yang berbeda dalam satu layar, alias side by side dengan skor benchmark gaming dengan nilai yang cukup mengesankan. Main COC dengan dua akun dan saling bertukar troops bisa banget lho pakai leapdroid ini.

Tidak hanya itu saja, Leapdroid memiliki akses root yang bisa membuat kamu melakukan banyak hal. Selain itu Leapdroid didukung developer yang aktif, jadi aplikasi ini selalu mendapatkann versi terbarunya setiap saat yang mendukung semua aplikasi Android. Leapdroid dilengkapi dengan banyak tweak untuk optimasi membuat Leapdroid sangat populer di kalangan emulator android paling ringan untuk PC, jadi kalau kamu hobi ngoprek Android, Leapdroid bisa jadi pilihan utama kamu..

Spesifikasi Leapdroid

Spesifikasi Minimum Leapdroid
OS Windows 7 ke atas (32-bit/64-bit)
CPU Intel/AMD dual core processor
GPU OpenGL 2.1 ke atas
RAM 2GB
Memory 2GB
File Size 271MB

Emulator Remix OS

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - Remix OS

Kalau biasanya emulator android diinstall pada Operating System dan digunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi android, namun sedikit berbeda dengan Remix OS karena sebenarnya ini bukanlah emulator namun sebuah Operating System. Kalau sekarang kamu menggunakan Operating System yang lain seperti windows ataupun linux, Remix dapat digunakan secara berdampingan dengan Operating System ini. Dengan kata lain bisa mnggunakan dual boot untuk dapat menggunakannya secara bersamaan. Namun Remix OX tidak terlalu dianjurkan untuk bermain game berat.

Spesifikasi Remix OS

Spesifikasi Minimum Remix OS
OS Windows 7 (64-bit) or newer
CPU Core i3 (Recommend Core i5 or Core i7) / No support for AMD Chipsets
RAM 4GB RAM
Memory 8GB Storage (Recommend 16GB)

Emulator Droid4x

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - Droid4x

Yang membuat Droid4x menarik adalah dukungan add-on, salah satunya adalah dengan menggunakan ponsel kamu sebagai controller. Oke banget kan buat main game seperti Asphalt 9: Legends. Selain itu bentuknya yang sederhana dan mudah dipahami bikin kamu harus mencoba emulator android yang satu ini.

Base Droid4x adalah VirtualBox-Based sama seperti yang dimiliki GenyMotion. Ini artinya Droid4x memiliki kemampuan yang memang setara dengan GenyMotion yang sudah banyak dipercaya developer aplikasi mobile. Selain itu kamu juga akan mendapatkan versi root jadi kamu bisa melakukan banyak tweaking dengan Droid4x.

Spesifikasi Droid4x

Spesifikasi Minimum Droid4x
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
CPU Intel/AMD Dual core processor
GPU OpenGL 2.0 ke atas
RAM 1GB/4GB (recommended)
Memory 4GB
File Size 8MB

Emulator NoxPlayer

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - NoxPlayer

NoxPlayer adalah emulator game Android terbaik yang banyak direkomendasikan, ini artinya kamu harus segera mencoba NoxPlayer untuk kualitas game terbaik kamu. Selain itu NoxPlayer memiliki utilitas dan tambahan yang secara khusus membantu pemain mengontrol permainan menggunakan keyboard dan mouse.

Kalau kamu pernah menggunakan Remix OS, kemampuan Nox bisa dikatakan hampir setara dengan Remix dan saat ini berada diatas semua emulator Android yang ada. Bisa berjalan pada berbagai macam hardware tanpa kendala yang berarti. Ini adalah emulator Android terbaik yang pernah ada.

Spesifikasi NoxPlayer

Spesifikasi Minimum NoxPlayer
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
CPU Intel/AMD Dual core processor
GPU OpenGL 2.0 ke atas
RAM 1.5GB/4GB (recommended)
Memory 1.5GB
File Size 310MB

Emulator AMIDUOS

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - AMIDUOS

AmiDuos memiliki dua versi os android yang bisa kamu jadikan pilihan Jellybean dan Lollipop sekaligus yang bisa dijalankan di Windows 32 bit dan 64 bit Salah satu keunggulan AmiDuos adalah antarmuka yang sangat ramah pengguna yang mendukung zoom multi touch dan pinch Jadi kalau kamu punya layar sentuh emulator android ini bisa jadi pilihan kamu.

Kalau kata kebanyakan pengguna, AmiDuos adalah pilihan terbaik kalau kamu mencari alternatif Bluestacks. Sayang sekarang hanya tersedia versi Lite karena versi AmiDuos sudah tidak lagi melanjutkan pengembangan produk ini. Walaupun begitu versi Lite sudah cukup tangguh untuk kamu gunakan sehari hari

Spesifikasi AmiDuos

Spesifikasi Minimum AMIDUOS
OS Windows 7/8/8.1 ke atas (32-bit/64-bit)
CPU Intel x86 processor
GPU OpenGL 3.0 ke atas
RAM 2GB/3GB (recommended)
Memory 2GB
File Size 226MB

Emulator Genymotion

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - Genymotion

Kalau kamu adalah seorang developer, maka Genymotion adalah piliha yang paling cocok untuk kamu, karena kamu dapat menguji aplikasi atau game pada perangkat yang berbeda. Jadi kamu bisa menyesuaikan aplikasi atau game kamu dengan keadaan ponsel yang sebenarnya tanpa harus memiliki ponsel tersebut.

Genymotion adalah emulator android yang menggunakan Virtual Machine (VM). Jadi kalau emulator lain adalah aplikasi yang berjalan pada operating system, maka Genymotion dengan Virtual Machine nya sudah memiliki operating system sendiri. Dengan kata lain operating system inside operating system.

Spesifikasi Genymotion

Spesifikasi Minimum Genymotion
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
CPU Intel/AMD 64-bit processor
GPU OpenGL 2.0 ke atas
RAM 2GB
Memory 2GB
File Size 117MB

Emulator Tencent Gaming Buddy

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - Tencent Gaming Buddy

Awalnya Tencent Gaming Buddy dirancang khusus untuk para pemain PUBG Mobile yang ingin bermain di laptop atau PC, namun pada perkembangannya emulator android Tencent Gaming Buddy dapat digunakan untuk bermain lebih banyak game seperti layaknya emulator android yang lain. Keistimewaan dari emulator ini adalah mendapat dukungan langsung dari developer untuk selalu diperbarui versinya supaya semakin ramah game.

Spesifikasi Tencent Gaming Buddy

Spesifikasi Minimum Tencent Gaming Buddy
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
CPU Intel/AMD Dual core processor
GPU OpenGL 3.0 ke atas
RAM 3GB/8GB (recommended)
Memory 6GB
File Size 9MB

Emulator LDPlayer

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - LDPlayer

Kalau kamu merasa bosan dengan emulator android yang banyak beredar, kamu bisa mencoba LDPlayer yang memang dibuat khusus untuk para gamer. Dimana kecepatan, stabilitas serta kemampuan multitasking menjadi fokus utama dari aplikasi ini. Sudah mendukung Android 5.1 keatas membuat LDPlayer sangat stabil dan sangat baik.

Mendukung multitasking yang benar benar halus dan kompabilitas dengan kebanyakan game membuat LDPlayer setara dengan NoxPlayer yang sangat populer saat ini. Satu satu kekurangannya adalah tidak mempuyai Google Play Services pra-instal, jadi harus melakukan download secara manual supaya tidak mengganggu kemampuan emulator keseluruhan.

Spesifikasi LDPlayer

Spesifikasi Minimum LDPlayer
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
CPU Intel/AMD Dual core processor
GPU OpenGL 2.0 ke atas
RAM 2GB
Memory 2GB
File Size 3MB

Emulator MEmu

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - MEmu

MEmu Sangat kompatibel dengan chip AMD ataupun Intel, dengan versi yang selalu diperbarui supaya dapat menyesuaikan dengan aplikasi terbaru. Sudah memiliki akses root, selain itu memiliki sidepar yang penuh dengan banyak fitur dan fungsi tambahan. Kalau melihat hasil benchmark dari beberapa penyedia aplikasi, MEmu lebih baik dari Bluestacks dan jauh lebih baik dari Galaxy Note 5. Jarang sekali terjadi force close apabila kamu menggunakan MEmu ini, jadi cukup oke buat bermain game karna cukup stabil.

Spesifikasi MEmu

Spesifikasi Minimum MEmu
OS Windows 7/8/8.1/10 (32-bit/64-bit)
CPU Intel/AMD 64-bit processor
GPU OpenGL 2.0 ke atas
RAM 2GB
Memory 2GB
File Size 117MB

Emulator Andy

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - Andy

Emulator Android berikutnya adalah Andy, yang memberi pengguna lebih banyak fleksibilitas untuk menjelajahi lebih banyak fitur Android. Kekuatan Andy termasuk dukungan untuk antarmuka Android yang sangat lengkap. Selain itu dengan menggunakan koneksi nirkabel seperti Wifi atau Bluetooth dapat membuat smartphone sebagai controller.

Andy juga sangat bersahabat dengan pc kentang kamu karena penggunaan RAM yang kecil dibanding semua emulator yang ada. Stabil dan juga memiliki dukungan Full Native APK membuat Andy mendukung semua jenis apk beserta denganr resource nya.

Spesifikasi Andy

Spesifikasi Minimum Andy
OS Windows 7/8.1 ke atas or Ubuntu 14.04+ or Mac OSX 10.8+
CPU Intel/AMD Dual core processor
GPU OpenGL 2.1 ke atas
RAM 1GB/3GB (recommended)
Memory 10GB
File Size 871MB

Emulator Bluestacks 4

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - Bluestacks 4

Bluestacks adalah emulator Android yang paling populer dan paling banyak digunakan. Emulator ini sudah ada cukup lama dan sudah sering mendapat pembaruan untuk meningkatkan kinerja. Versi terbarunya adalah Bluestacks 4 dan dapat Anda unduh secara gratis dari web resmi yang bisa kamu pilih antara offline installer atau online installer.

Bluestacks 4 memiliki kinerja 8x lebih cepat dari versi sebelumnya dan memiliki kemampuan keymapping yang benar benar baik sehingga membuat kontrol menjadi lebih baik dan lebih mudah. Bluestacks 4 memang didesaing khusus untuk para gamer karena performa nya yang bagus, hanya saja kamu harus didukung perangkat dengan hardware yang bagus supaya hasilnya benar benar maksimal.

Spesifikasi Bluestacks 4

Spesifikasi Minimum BlueStack 4
OS Windows 7 ke atas
CPU Intel/AMD processor
GPU OpenGL 3.0 ke atas
RAM 2GB
Memory 5GB
File Size 452MB

Emulator ARChons

Emulator Android Terbaik, Cepat, dan Paling Ringan untuk PC - ARChons

Saat kamu merasa emulator lain sudah terlalu berat untuk pc kamu, masih ada satu emulator lain yang akan terasa lebih bersahabat dengan pc kentang kamu. ARChons berfokus pada emulator yang berbasis web atau lebih tepatnya adalah emulator yang berbasis chrome, atau tidak lebih dari sebuah ekstension pada Chrome yang bisa kamu buka tanpa membebani pc kamu.

ARChons lahir dari gagasan Google yang ingin menambahkan sebuah aplikasi yang bisa mendukung android saat seseorang sedang menggunakan browser. Dari ide inilah lahir ARChons yang bisa digunakan melalui browser Chrome.

Demikian review dan rekomendasi mengenai 12 Emulator Android Ringan Terbaik untuk PC di 2020, kamu sudah pakai yang mana? Atau kamu punya rekomendasi lain? Nantikan terus kabar terbaru seputar gadget dan games hanya di Kabar Games.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved