S. Riyadi · Published 27 November 2021

Rekomendasi Emulator Nintendo Switch Terbaik di PC & Android

Home > Artikel > Console > Rekomendasi Emulator Nintendo Switch Terbaik di PC & Android

Emulator Nintendo Switch memang masih banyak dicari para gamer. Pasalnya, dengan emulator ini kamu bisa memboyong game yang ada di konsol Nintendo Switch ke platform lain seperti PC dan Android. Kendati harus bersaing dengan kedua rivalnya yaitu PlayStation dan XBox, namun tetap memiliki penggemar tersendiri.

Berbicara Emulator Nintendo Switch, sebenarnya apa saja sih Emulator Nintendo Switch terbaik yang dapat kamu gunakan untuk memainkan game-game terbaik dari Nintendo Switch? Tanpa perlu basa-basi, berikut rekomendasinya.

Emulator Nintendo Switch PC

Jika kamu memiliki PC atau perangkat komputer, sekarang kamu bisa lho memainkan berbagai game konsol Nintendo Switch ke dalam PC. Caranya cukup mudah, dengan bantuan emulator yang sudah kamu download, kamu bebas memainkan game tersebut sepuas kamu.

Sebetulnya ada banyak emulator Nintendo Switch yang beredar, namun tidak semua emulator memiliki performa ciamik. Untuk itu, Kabar Games akan berikan rekomendasi emulator terbaik untuk kamu.

Yuzu Emulator

yuzu emulator PC

Emulator pertama yang pasti kalian sudah kenal yaitu, Yuzu Emulator. Bisa dibilang, Yuzu Emulator adalah salah satu Emulator Nintendo Switch terbaik saat ini. Melalui Emulator besutan Citra ini kamu bisa memainkan lebih dari 1800 game.

Tidak hanya itu, bahkan kamu juga bisa memainkan banyak game eksklusif Nintendo Switch yang populer di pasaran. Diantaranya, Animal Crossing New Horizon, Pokemon, Zelda Breath of The Wild dan masih banyak lagi. Mengingat emulator yang dibuat khusus untuk platform PC dengan sistem operasi Windows dan Linux ini menawarkan resolusi hingga 4K.

Maka emulator ini membutuhkan hardware dengan spesifikasi minimum CPU: Core i5-4430 / AMD Ryzen 3 1200, dan GPU: Intel HD Graphics 520 / NVIDIA GeForce GT 1030 2GB / AMD Radeon R7 240 2GB. Menariknya, Yuzu Emulator mensupport cheat dan Mod Apk. Dimana emulator ini bisa kalian gunakan secara bersamaan.

Ryujinx

ryujinx nintendo switch emulator

Emulator Nintendo Switch lainnya yang juga dibuat secara khusus untuk platform PC adalah Ryujinx. Tak kalah dari yuzu emulator, Ryujinx juga menawarkan kualitas grafis ciamik. Berbekal teknologi Zero-Configuration Resolution Scaling, Ryujinx mampu membawa kualitas render yang lebih sempurna ke dalam emulator besutannya.

Setelah mendapatkan update beberapa kali, kini Ryujinx tampil lebih optimal. Misalnya ketika kamu memainkan game ber frame rate rendah dengan Ryujinx emulator game tersebut menjadi lebih playable.

Cemu Emulator

Cemu Emulator nintendo switch download

Untuk bisa menikmati game Nintendo Switch di platform PC memang memerlukan emulator. Nah, salah satu Emulator Nintendo Switch terbaik untuk PC yaitu Cemu Emulator. Mengapa? karena Emulator ini hadir dengan tampilan, fitur dan performa yang lebih garang dari versi asli konsolnya. Dari segi performa, Cemu Emulator hadir dengan beberapa perbaikan seperti minor untuk Vulkan API yang mampu membuat game menjadi lebih stabil saat dimainkan.

NSEmu

nintendo switch emulator apk

NSEmu adalah emulator Nintendo Switch yang hadir dengan sistem open source code C++17 yang mmemungkinkan menjalankan program di Sistem operasi Windows. Dibekali dengan grafis kualitas HD, NSEmu menawarkan tampilan yang ciamik dan halus.

Sayangnya, sejak dipublikasikan pada 2018 lalu hingga saat ini tidak banyak mendapat update dari peengembang. Meski begitu, kamu tetap bisa memainkan banyak game dari Nintendo Switch di perangkat komputer atau PC.

Emulator Nintendo Switch Android

Jika kamu bosan bermain game di konsol dan ingin mendapatkan pengalaman lebih seru, kamu juga bisa lho memainkan game konsol melalui platform Smartphone Android. Ada banyak emulator Nintendo Switch yang bisa kamu gunakan, tapi berikut adalah emulator yang terbaik.

MegaN64

download emulator MegaN64

Serupa dengan namanya, emulator untuk Android ini hadir dengan menawarkan performa terbaik yang memungkinkan kamu untuk memainkan game-game game klasik Nintendo 64. Seperti Super Smash Bros, Doom 64, Resident Evil 2, Zelda: Ocarina of Time dan Pokemon Stadium.

Pengembang juga cukup sering memperbarui emulator, seperti menambahkan fitur baru yang mendukung peningkatan kinerja. Melalui emulator ini kamu akan mendapatkan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan. Ohya, cara download dan Install MegaN64 emulator juga cukup mudah lho.

Skyline

nintendo switch emulator android

Emulator untuk Android ini hadir dengan membawa sistem open source kode C++ . Sayangnya, karena sampai dengan saat ini masih dalam tahap perkembangan maka tidak banyak game yang bisa kamu mainkan. Jika sudah selesai nantinya emulator ini bisa kamu download secara gratis, tentunya menggunakan APK ya.

MonoNX Emulator Android

MonoNX Emulator Android

Selain menggarap emulator untuk PC, Ryujinx team juga membuat versi Android. Kendati sampai saat ini masih dalam tahap perkembangan, namun emulator ini sudah bisa kamu gunakan untuk memainkan game-game yang ada di Nintendo Switch ke dalam Smartphone.

Sejauh ini baru ada dua fitur yang baru bisa kamu gunakanan, yaitu, fitur Lodr ROM dan Views Display. Seiring berjalannya pengerjaan, bisa jadi kedepan akan ada banyak fitur menarik yang lebih gahar dari versi konsol aslinya.

SwitchDroid

download SwitchDroid

Dari namanya tentu kamu sudah bisa tahu bahwa emulator ini dibuat khusus untuk Android. Serupa dengan emulator pada umumnya, juga dibekali dengan beberapa fitur menarik seperti bisa menjalankan banyak game di Smartphone Android.

Menariknya, dibanding emulator lain SwitchDroid memiliki satu kelebihan yaitu adanya fitur touchscreen yang akan memudahkan kamu dalam bernavigasi. Meski begitu, tetap kompatibel dengan berbagai gamepad lho gamers. Dijamin deh, kamu bakal mendapatkan pengalaman seru!

Itulah rekomendasi beberapa emulator Nintendo Switch yang bisa kamu download dan gunakan. Sejujurnya, menggunakan emulator memang memiliki banyak keuntungan, utamanya kamu tidak perlu mengeluarkan uang karena emulator yang diatas bisa kamu download secara gratis.

Namun, ada baiknya jika kamu menggunakan emulator resmi dari developer. Hal ini dilakukan agar kamu bisa meminimalisir masuknya malware ke dalam PC atau smartphone kamu yang dibawa oleh emulator.

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya! Selamat mencoba dan semoga kalian beruntung!


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved