Reza Pratama · Published 29 November 2019

10 Game Catur Online dan Offline Terbaik di PC & Android

Home > Artikel > Mobile Game > 10 Game Catur Online dan Offline Terbaik di PC & Android

Suka main catur? Selain seru, manfaat bermain catur lainnya juga bisa mengasah otak para pemainnya karena termasuk ke dalam game strategi offline terbaik. Pemain diharuskan untuk memikirkan sebuah taktik yang matang agar tidak salah langkah dalam menggerakan setiap bidak. Kini bermain catur pun jadi lebih asyik dan fleksibel dengan adanya pilihan game catur online maupun offline terbaik yang bisa kamu mainkan dengan teman di PC & Android. Jadi kamu tak perlu lagi membawa papan catur ke mana-mana.

Keuntungan lain saat bermain game online catur adalah Kamu tidak perlu mencari teman main bareng, karena secara otomatis kamu akan dipertemukan dengan pemain lain secara acak. Sedangkan game offline catur, kamu akan melawan komputer dengan level permainan yang bisa kamu pilih sendiri. Berikut ini adalah daftar rekomendasi game catur online dan offline terbaik untuk Android dan PC di tahun 2019 yang bisa Kamu mainkan dengan teman.

Chess Online

game catur online dan offline

Sesuai dengan namanya, kamu harus terkoneksi dengan internet untuk bisa memainkan game catur online ini dengan teman. Di Chess Online, kamu bisa memainkan catur secara online dan real time melawan para pemain lain secara random. Game online memang lebih terasa menantang jika dibandingkan dengan melawan AI atau komputer.

Namun jika kamu sedang tidak terkoneksi dengan internet atau WiFi, maka kamu juga bisa pilih mode offline dan tentunya lawannya buka manusia, melainkan AI. Hal lainya yang tidak kalah menarik dari game strategi ini adalah adanya fitur time control yang bervariasi, Blitz, Classic, dan Bullet.

Chess Free

game catur online dan offline

Salah satu game paling populer untuk catur di Android adalah Chess Free. Game pabrikan Al Factory Limited ini menawarkan 12 level permainan yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan. Level 1-3 diperuntukkan untuk pemain catur yang masih pemula. Jika kamu merasa percaya diri dan mampu, maka tidak ada salahnya untuk memilih level 12. Selain itu, game ini juga menyediakan mode multiplayer. Jadi kamu bisa mengajak temanmu untuk bermain. Seru kan?

Real Chess

game catur online dan offline

Permainan catur selanjutnya yang tak kalah seru adalah Real Chess. Grafik 3D yang salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh game besutan AlienForce ini. Jadi terasa seperti main catur sungguhan. Selain itu, game ini juga bisa dimainkan secara online maupun offline. Tak hanya di Android saja, Real Chess 3D juga bisa kamu mainkan di PC. Tertarik buat download game catur terbaik ini?

Chess

game catur online dan offline

Hampir mirip dengan permainan catur lainnya, Chess menawarkan pilihan level untuk kamu yang ingin melawan AI dari game ini. Jika kamu ingin bermain bersama teman, Chess juga menyediakan mode multiplayer. Kelebihan lain yang dimiliki game besutan Chess Prince ini adalah pilihan tema papan catur yang bisa kamu ganti sesuai dengan selera. Dengan begitu, permainan catur di Android pun tak terasa membosankan.

Chess Tactics Pro

game catur online dan offline

Jika berbicara tentang permainan catur, tentu taktik adalah modal utama untuk bisa memenangkan pertandingan. Di game Chess Tactics Pro ini, kamu bisa mempelajari berbagai taktik main catur layaknya pemain professional. Jadi tak hanya sekadar bermain saja, tetapi kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru dalam bermain catur. Gimana? Tertarik untuk download game catur ini? Kamu bisa download Chess Tactics Pro secara gratis di Android.

Ichess

game catur online dan offline

Sama seperti Chess Tactics Pro, Ichess juga menyediakan berbagai taktik jitu dalam bermain catur yang bisa kamu pelajari. Tersedia dua pilihan mode permainan, yakni online dan offline. Ada pilihan level kesulitan yang bisa kamu pilih sesuai kemampuan. Secara keseluruhan, game ini juga nggak kalah seru kok dari permainan catur lainnya.

Battle vs Chess

game catur online dan offline

Berbeda dengan permainan catur pada umumnya, Battle vs Chess menawarkan konsep permainan catur yang unik dan out of the box. Bidak-bidak yang ada di dalam game ini seperti raja, ratu, kuda, dan lain-lain terasa lebih hidup. Selain itu, kamu juga bisa mengganti tema papan catur seperti di atas awan, neraka, dan papan catur biasa. Kamu bisa mendapatkan game catur PC ini di Steam.

Chessmaster: Grandmaster Edition

game catur online dan offline

Game catur PC selanjutnya yang nggak kalah seru untuk dimainkan adalah Chessmaster: Grandmaster Edition. Berbeda dengan game catur di Android, Chessmaster menampilkan bidak-bidak hidup dengan karakter lucu yang membuat permainan pun jadi terasa lebih hidup dan menyenangkan.

Battle Chess: Game of Kings

game catur online dan offline

Meski memiliki nama yang mirip Battle vs Chess, tetapi konsep yang diangkat Battle Chess: Game of Kings terlihat sedikit berbeda. Slah satu perbedaannya terletak pada grafik Battle Chess yang mengangkat konsep 3D. Dari segi gameplay, game PC ini memiliki bidak yang juga berupa anggota kerajaan. Mulai dari raja, ratu, kuda, dan lain-lain. Karakternya pun tidak sefantasi Battle vs Chess.

Windows Chess

game catur online dan offline

Buat kamu anak 90-an, pasti sudah tak asing dengan permainan catur populer yang satu ini. Jauh sebelum ada game PC seperti sekarang, game klasik seperti Windows Chess banyak dimainkan anak-anak “winamp” sebagai salah satu hiburan di komputer. Buat kamu yang pengen melepas rindu, kamu bisa mendapatkan game ini di Steam.

Itulah rekomendasi game catur online dan offline terbaik untuk Android dan PC di tahun 2019 ini yang bisa dimainkan dengan teman. Walaupun memiliki tema yang sama, tetapi game-game di atas memiliki konsep berbeda dalam menawarkan permainan catur. Baik game catur offline maupun online, memiliki kelebihan masing-masing. Jika kamu suka dengan tantangan, maka pilih permainan catur online, karena lawanmu pun akan lebih beragam.

Namun jika kamu ingin memainkan game strategi tanpa khawatir kehabisan kuota, maka pilihlah game catur versi offline. Di sana terdapat pilihan level sesuai kemampuanmu. Mulai dari easy hingga hard. Jadi, kamu lebih tertarik memainkan permainan catur yang mana? Komen di bawah ya.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved