Aziza Larasati · Published 14 December 2019

Black Desert Mobile: Guide, Tips & Strategi Dasar BDM

Home > Artikel > Mobile Game > Black Desert Mobile: Guide, Tips & Strategi Dasar BDM

Black Desert Mobile Global sekarang telah hadir, dan mungkin BDM adalah game MMORPG di android yang paling dinanti. Kalau kamu belum pernah mendengarnya, game BDM adalah adaptasi seluler dari Black Desert Online, yang bisa jadi akan menjadi salah satu game online terbaik saat ini. Sekarang setelah kamu tahu asal-usul permainan MMORPG ini, mari kita mulai dari tutorial pengetahuan awal untuk pemula mengenai tips, strategi dan guide game Black Desert Mobile.

Jumlah hal yang harus dipelajari dalam game ini sangat banyak. Kalau kamu belum pernah main game BDM sebelumnya dan benar-benar pemula, jangan khawatir, Kabar Games punya panduan dasar yang akan membantu kamu cara bermainnya. Inilah tips, ultimate guide dan strategi dasar cara bermain Black Desert Mobile untuk pemula.

Panduan Dasar Karakter Kustomisasi

Panduan Dasar Karakter Kustomisasi

BDM memiliki lima class dasar. Satu hal yang perlu kamu tahu adalah bahwa mereka semua gender locked. Di sisi lain, game ini punya karakter customizer di mana kamu dapat dengan bebas membentuk fitur karakter kamu untuk menjadikannya seunik mungkin. Jika kamu benar-benar hebat, kamu bahkan dapat membentuk wajahnya sesuai dengan keinginan kamu. Kalau kamu ingin melompati semua step-step itu, ada avatar khusus yang bisa langsung kamu pilih dan gunakan.

Apa Itu Nama Keluarga?

Nama Keluarga pada dasarnya berfungsi sebagai nama belakang kamu dalam game ini. Ini BUKAN karakter IGN kamu, jadi berhati-hatilah. Nama Keluarga akan mewakili kamu dan semua karakter kamu seiring kamu melakukan perjalanan di game BDM. Nama keluarga tidak dapat diduplikasi dan akan menjadi milik kamu seorang di semua server Black Desert Mobile.

Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan; Kamu akan menggunakan nama yang sama di setiap server di wilayah yang sama, jadi pilihlah dengan hati-hati jangan sampai salah ketik. Game ini akan meminta kamu untuk membuat nama keluarga di awal permainan, jadi pikirkanlah sekreatif mungkin.

Nama Keluarga kamu hanya dapat diubah menggunakan "Kupon Ubah Nama Keluarga" (Family Name Change Coupon) yang dapat dibeli, tetapi alangkah lebih baiknya jika kamu tidak perlu repot-repot melakukan itu, dan memasukkan Nama Keluarga dengan benar pada saat pertama kali.

Class Guide Black Desert Mobile

Class Black Desert Mobile

Class Warrior

Warrior adalah class yang senang bertempur dalam game ini. Class ini memiliki statistik yang cukup merata dan memiliki kemampuan untuk memblokir serangan sampai tingkat tertentu, karena mereka menggunakan perisai sebagai senjata sekunder, sementara senjata utama mereka adalah pedang panjang.

Sebagai class melee, warrior mengandalkan pertarungan jarak dekat yang mendukung keterampilan kombo sambil menghindari serangan musuh. Mereka unggul dalam PvP pribadi dan dapat berfungsi sebagai tank atau damage dealer di PvE. Mereka cukup mudah dipelajari sehingga Warrior adalah pilihan yang bagus jika kamu terbiasa dengan game MMO.

Class Valkyrie

Valkyrie adalah class wanita Warrior. Mereka sedikit lebih lambat dari Warrior tetapi mereka memiliki pertahanan yang lebih tinggi dan mengakibatkan damage yang luar biasa. Mereka juga menggunakan pedang dan perisai yang memberi mereka kemampuan memblokir damage. Valkyrie unggul dalam grup PvP dan PvE.

Class Giant

Giant adalah salah satu class yang ramah untuk pemula dalam game ini. Mereka mampu menerima banyak damage dari musuh dan unggul di grup PvE. Mereka menggunakan kapak yang mematikan dan simpul hiasan sebagai senjata kedua. Meski memiliki kekuatan kasar, mobilitas mereka rendah dan sulit dalam melepaskan diri dari perkelahian.

Meskipun demikian, mereka seru untuk dimainkan dan mudah dipelajari. Berserker mungkin adalah class paling ramah pemula dalam daftar ini, jadi jika kamu 100% pemula, kamu lebih baik mempertimbangkan class ini.

Class Ranger

Ranger adalah class penyerang fisik jarak jauh dengan output damage target tunggal yang tinggi, dengan busur dan belati mereka. Mereka cukup sulit untuk dikuasai tetapi unggul di PvP dan PvE. Ranger adalah class awal yang bagus jika kamu berencana untuk farming silver Black Desert Mobile menggunakan karakter utama kamu.

Class Witch

Witch adalah class yang menimbulkan magic damage dengan menggunakan tongkat dan belatinya. Mayoritas skill Witch condong ke arah AoE yang menjadikannya aset besar di PvP dan PvE. Sama seperti class Ranger, dia adalah pilihan yang baik untuk farming di Black Desert Mobile. Meskipun sedikit lemah di pertahanan, Witch bisa menjadi class yang berpengetahuan luas, tetapi para player perlu belajar bagaimana memposisikan diri di medan perang dan cara mengatur mantra mereka dengan benar.

Selain itu, simpanan kamu tidak hanya terkunci untuk satu karakter. Mereka semua bisa membagikannya. Ini berarti barang apa pun yang kamu simpan, karakter kamu yang lain dapat mengambil dan menggunakan barang-barang itu. Ini mempermudah karakter sekunder kamu yang lain untuk tumbuh dan naik level.

Black Desert Online memiliki puluhan class, dan mayoritas (atau bahkan semuanya) akan memiliki versi mobile juga, jadi jika kamu belum menemukan class di Black Desert Mobile yang tepat yang sesuai dengan gaya bermain kamu, jangan khawatir, ada banyak class baru yang akan datang.

Tips Naik level di Black Desert Mobile

Tips cara meningkatkan level karakter di Black Desert Mobile ini sama dengan MMORPG mobile mana pun. Pada dasarnya itu terbagi menjadi dua cabang utama: misi utama dan sub-misi. Misi utama akan mendorong cerita dan alur yang kamu ikuti di BDM. Ini juga akan meng-unlock fitur-fitur dalam game ini.

Sub-misi adalah tugas tambahan yang bisa kamu tangani untuk mendapatkan lebih banyak poin pengalaman dan naik level. Anggap saja seperti cerita sampingan. Biasanya aturannya adalah menyelesaikan sub-misi terlebih dahulu kemudian melanjutkan dengan misi utama.

Ada cara lain untuk naik level seperti menggunakan Black Spirit Mode. Selain itu, berikut adalah beberapa cara lain bagi kamu untuk naik level di game Black Desert Mobile yang juga akan menjadi rutinitas harian yang bisa kamu maksimalkan:

  • Grinding: Temukan tempat di mana kamu dapat menggiling monster tanpa terlalu banyak mengonsumsi Health Point (HP) dan menghabiskan XP Boost yang sedang digunakan. XP Boost dapat diperoleh dari event atau dapat dibeli di Pearl Shop.
  • Misi berulang: Ada sejumlah misi yang bisa kamu ulang lagi di BDM. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan poin XP jika kamu tidak suka grinding.
  • Life skills: Selain mengumpulkan materi, life skill juga dapat memberi kamu bonus XP, terutama di tingkat yang lebih rendah.
  • Boss Rush: Boss rush hanyalah istilah lain untuk boss dungeon atau boss hunting. Kamu membutuhkan boss stamp untuk memasuki boss dungeon. Selain itu, kamu juga harus mengalahkan seorang bos untuk meng-unlock dungeon mereka. Bos dengan tingkat yang lebih tinggi sama dengan XP yang lebih tinggi.
  • Ruins: Ruins kurang lebih setara dengan multiplayer Boss Rush. Kamu harus membuat tim sendiri atau bergabung dengan tim lain ditambah tablet untuk berpartisipasi dalam Ruins.

Apa Itu Black Spirit Mode?

Black Spirit adalah sosok yang penuh teka-teki di dunia BDM. Ini terhubung dengan kamu sebagai teman tetapi memiliki beberapa agenda tersembunyi. Kamu bisa menaikkan level Spirit dengan memberinya makan equipment cadangan atau dark energy. Dark energy dapat diperoleh dengan menyelesaikan misi.

Dark energy juga dapat jatuh dengan membunuh monster dan dapat dibeli di toko. Ada juga misi pencarian Spirit yang bisa kamu selesaikan untuk mendapatkan dark energy sebagai hadiah. Bisa dibilang peran terbesar dari Black Spirit adalah memungkinkan kamu untuk melengkapi equipment tingkat tinggi ketika kamu melakukan pembangkitan Black Spirit. Setiap pembangkitan akan memberi kamu akses ke equipment tingkat yang lebih tinggi.

Black Spirit juga dapat memberi kamu bonus statistik serta memberi kamu akses ke Black Spirit Mode. Mode ini sangat penting untuk diingat karena ini akan memungkinkan kamu untuk melakukan aksi bahkan ketika game sedang offline.

Singkatnya, ini adalah mode AFK auto-farming. Ini memiliki tiga pilihan: auto-hunt, auto-gathering, dan auto-fishing. Setelah kamu memilih tugas, Black Spirit akan menggantikan kamu dan akan melakukan grinding untuk kamu. Setelah beberapa saat, permainan akan tertutup. Waktu selanjutnya kamu log in, kamu akan menerima hadiah dari grinding AFK.

Map Guide Black Desert Mobile

Kamu dapat melihat map di kiri atas. Kamu dapat melihat map dalam mode peta dan dalam mode list. Kamu juga dapat memperluas map untuk mendapatkan tampilan yang lebih besar dan kamu juga dapat mengklik map dan itu akan membawa kamu langsung ke lokasi tersebut. Kamu dapat mengklik list dan itu juga akan membawa kamu ke lokasi tersebut.

Opsi tampilan list memungkinkan kamu untuk melihat semua orang di kota dan masing-masing dari mereka memang menawarkan misi yang berbeda atau item yang berbeda untuk dibeli. Jadi, jangan lupa untuk mengeceknya.

Sistem Equipment di Game BDM

Sistem equipment di Black Desert Mobile sangat berbeda dari MMORPG lainnya. Saat kamu memulai permainan, semua slot equipment yang tersedia dalam keadaan unlock. Ini disebabkan oleh mekanik unik di mana semua karakter kamu dapat membagikan gear dan barang kamu, terlepas dari tingkat atau level equipmentnya.

Jadi, jika kamu membuat karakter baru, mereka dapat menggunakan gear tingkat tinggi dari karakter kamu yang lain secara langsung. Kamu dapat memperoleh equipment tingkat yang lebih tinggi dengan membuatnya atau mendapatkan undian di Gold Coin Shop Shakatu.

Cara Menggunakan Stamina

Stamina kurang lebih merupakan Energi yang digunakan dalam berbagai konten dan tugas dalam BDM seperti mengumpulkan sumber daya, kegiatan kamp, dan sebagainya. Stamina biasanya pulih dengan sendirinya setelah periode waktu tertentu, tetapi kamu juga dapat langsung memulihkan stamina dengan menggunakan ramuan stamina.

Panduan Pet & Kuda Black Desert Mobile

Sepanjang petualangan kamu di Black Desert Mobile, kamu akan dapat bertemu berbagai hewan peliharaan (Pet) dan kuda yang dapat kamu kumpulkan dan jadikan teman. Mereka dapat memberikan peningkatan statistik tambahan serta fasilitas berguna lainnya di dalam game BDM ini.

Hewan peliharaan adalah teman terpercaya kamu dalam game ini. Mereka akan melakukan berbagai tindakan bermanfaat seperti mengambil rampasan dan membantu kamu dengan skill misalnya. Game ini akan memberi kamu hewan peliharaan pertama dalam bentuk "Valenos Mischievous Dog". Kamu juga dapat membeli lebih banyak hewan peliharaan di Pearl Shop. Berikut ini catatan penting yang perlu kamu ingat tentang hewan peliharaan (Pet) di game BDM:

  • Skill hewan peliharaan bersifat random. Semakin tinggi tingkat hewan peliharaan, semakin banyak skill yang mereka miliki. Skill dapat ditingkatkan melalui pelatihan. Kamu hanya dapat melatih satu skill pada satu waktu.
  • Jangan lupa memberi makan hewan peliharaan kamu. Jika rasa lapar mereka mencapai nol, mereka tidak akan mengambil rampasan yang dijatuhkan untuk kamu.
  • Kamu dapat mengeluarkan maksimal 3 hewan peliharaan.
  • Kamu dapat menukar hewan peliharaan dengan hewan peliharaan tingkat yang lebih tinggi. Kamu akan membutuhkan 2 hewan peliharaan dari tingkat yang sama untuk melakukan ini.

Kuda adalah hewan peliharaan yang disukai di BDM. Mereka adalah penyelamat dalam hal berpergian tetapi mereka juga memiliki skill yang berguna. Kamu bisa mendapatkan kuda dengan menyelesaikan misi atau menangkapnya di alam liar dengan menggunakan tali dan brown sugar. Keduanya dapat dibeli dari Livestock Merchants dan Pearl Shop. Kamu dapat menangkap kuda di area tertentu yang dapat kamu temukan dengan mudah di map kamu.

Kuda memiliki dua jenis skill: normal dan bonding. Kuda tingkat tinggi akan memiliki lebih banyak skill dan kemampuan. Skill yang random akan diberikan kepada kuda pertama kamu. Skill dapat ditukar dengan menggunakan item yang dijual di Pearl Shop: "Horse Bonding Exchange Coupon" di mana setelah kamu menggunakannya, skill bonding random akan diperoleh oleh kuda kamu. Jika sudah ada skill bonding, itu akan diganti dengan yang baru.

Item lainnya adalah "Horse Skill Exchange Coupon" yang dapat kamu gunakan untuk mengubah skill normal kuda. Sama seperti hewan peliharaan, kuda tingkat tinggi dapat memiliki skill yang lebih normal. Akhirnya, kamu bisa membiakkan kuda kamu untuk mendapatkan kuda tingkat yang lebih tinggi. Untuk melakukan ini, kedua kuda harus memiliki tingkat yang sama dan dengan level maksimal (10). Tingkat tertinggi adalah tingkat 5.

Sistem Guild Black Desert Mobile

MMORPG tak akan lengkap tanpa sistem guild, begitu juga BDM. Untuk membuat guild, karakter kamu setidaknya harus level 30, memiliki 400.000 silver, dan tidak menjadi anggota guild lain, tentu saja. Perhatikan bahwa jika kamu telah meninggalkan guild untuk membuat guild sendiri, kamu harus menunggu 24 jam sebelum game ini memungkinkan kamu melakukannya. Tidak ada batasan untuk bergabung dengan guild; karakter kamu akan dapat bergabung dengan guild mulai dari level 1.

Aktivitas di guild bisa memberi kamu poin sosial. Semakin banyak anggota bergabung dengan guild dan aktivitas guild, semakin banyak poin sosial yang dapat kamu terima. Tergantung pada level guild, jumlah maksimum anggota guild yang dapat bergabung akan bervariasi. Jumlah maksimum anggota adalah 50. Para master guild bertanggung jawab untuk mendaftarkan anggota, menugaskan petugas, memberhentikan anggota, menerima misi, membatalkannya, dan banyak lagi.

Apa Itu Misi Guild dan Guild Rush

Dengan melakukan misi guild, kamu bisa mendapatkan poin guild, aktivitas, Guild EXP, dan dana guild. Kamu juga dapat memperoleh poin sosial atau silver dengan menyelesaikan misi. Poin guild dapat ditukar dengan summoning stone untuk Guild Rush di Guild Fortress: Area pribadi di mana anggota guild dapat bertemu dan menikmati berbagai konten, seperti Guild Rush dan Node War yang disebutkan sebelumnya. Jangan lupa bahwa misi guild dapat dilakukan 3 kali sehari, jadi maksimalkan entri kamu bersama anggota guild kamu.

Apa Itu Ramoness Arena

Pemain yang mendambakan aksi lebih lanjut dapat berpartisipasi dalam PVP Arena Black Desert Mobile di Ramoness, mode 3v3 PVP, di mana kamu dapat bergabung dengan pemain lain untuk mengungguli tim lain dengan mengumpulkan poin. Ini bisa dilakukan dengan mengalahkan lawan atau menghancurkan item tertentu. Untuk meng-unlock Ramoness Arena, kamu harus mengalahkan bos Muskan terlebih dahulu. Keseluruhan Combat Power dan HP peserta akan secara otomatis seimbang.

Para petualang dapat memperoleh Skor Ramoness dan EXP hanya dengan berpartisipasi dalam pertempuran. Kamu bisa mendapatkan lebih banyak poin dan EXP jika kamu mendapatkan kemenangan beruntun. Pemain yang memperoleh poin terbanyak dalam satu pertempuran akan dipilih sebagai MVP dan akan mendapatkan Skor Ramoness tambahan.

Kekayaan dan Sumber Daya

Dalam game MMO biasa, kita biasanya melihat sekitar dua atau tiga jenis mata uang dalam game. Tetapi dalam BDM, ada banyak variasi yang digunakan untuk fitur yang berbeda. Selain Silver, ada jenis kekayaan lain dalam game ini seperti Mutiara, Stamina, dan tiket masuk.

Panduan Dasar Worker di BDM

Worker di Black Desert Mobile sangat berguna untuk membangun kamp kamu. Saat pertama kali membangun Camp Black Desert Mobile, kamu diizinkan menggunakan 2 worker yang merupakan default dari game ini. Namun, kamu dapat mempekerjakan lebih banyak worker dengan meningkatkan kamp dan karakter kamu. Kamu harus merekrut pekerja dari PUB di game BDM.

Selain itu, kamu harus menghabiskan poin kontribusi kamu untuk mempekerjakan worker. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan poin ini dengan melakukan misi harian kamu dalam game Black Desert Mobile ini.

Jadi itu dia guide, strategi dan tips Black Desert Mobile untuk pemula. Memang rumit, tapi percayalah kamu akan membutuhkan semua informasi di atas supaya bisa mempermudah kamu dalam memainkan game BDM ini. Semoga panduan dasar dan tips barusan bermanfaat untuk kamu yah! Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan gadget hanya di Kabar Games.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved