S. Riyadi · Published 02 May 2020

7 Karakter Game Paling Ikonik & Terpopuler di PlayStation

Home > Artikel > Console > 7 Karakter Game Paling Ikonik & Terpopuler di PlayStation

Ada yang masih suka main PlayStation? Seiring berkembangnya Industri gaming, berkembang pula karakter yang turut mengisi game tersebut. Tokoh terpopuler yang terdapat di dalam game tidak hanya sekedar menjadi avatar belaka, melainkan telah berkembang menjadi sebuah karakter ikonik yang membawa identitas budaya tertentu, termasuk Playstation.

Sebagai konsol paling laris di dunia kamu tentu masih ingat betapa booming nya PlayStation waktu itu. Kesuksesan PlayStation sebagai game yang telah dimainkan oleh 156,78 juta player tak lepas dari berbagai karakter yang ada dengan ciri khas masing-masing. Maka tak heran jika banyak dari pecinta game terpopuler yang jatuh hati dengan karakter ikonik yang di hadirkan PlayStation, berikut ini daftarnya.

Crash Bandicoot

karakter game - Crash Bandicoot

Anak 90-an pasti kenal dengan pembalap yang satu ini. Yap, dialah Crash Bandicoot. Seekor bandikut atau tikus babi yang selalu mengenakan topeng Aku Aku dan gemar memakan buah Wumpa. Karakter Crash Bandicoot mulai di perkenalkan ke publik pada tahun 1999. Sebelum muncul di game Crash Team Racing, Crash Bandicoot terlebih dulu muncul dalam game stand alone yang rilis pada 1996.

Sebelum mengudara dengan nama Crash Bandicoot, Awalnya game mobil balap ini dirancang menyerupai seekor wombat dengan nama Willy the Wombat. Dalam perjalanannya game besuatan Naughty Dog ini telah sukses mencatat total penjualan lebih dari 40 juta unit secara global. Terlepas dari kesuksesan Naughty Dog dalam mengarap "The Last of Us" dan "Uncharted", kabarnya Crash Bandicoot mobile telah rilis di Android dan iOs.

Solid Snake

karakter ikonik playstation- Solid Snake

Karakter terpopuler kedua yang tak terlupakan di PlayStation adalah Solid Snake dari game Metal Gear Solid. Solid Snake pertama kali muncul pada game original Metal Gear di MSX sebagai tokoh protagonis. Ia mendapat tugas untuk pergi ke Outer Heaven dan Zanzibar Land guna menghancurkan Metal Gear. Misi itulah yang mengantarkannya berhadapan dengan Big Boss yang tak lain adalah mentor sekaligus leluhur nya.

Karakter Solid Snake sebenarnya mempunyai nama asli, yaitu David. Proses pembuatan karakternya sendiri terinspirasi dari tiga karakter yakni Snake Plissken, karakter yang dimainkan oleh Kurt Russell, Jean Claude van Damme pada bagian tubuhnya, dan Christopher Walken untuk bagian wajah.

Kesuksesan karakter Solid Snake dalam Playstation berkibar hingga ke ranah Industri perfilman Hollywood. Kabarnya film yang di adaptasi dari game Metal Gear Solid itu akan digarap oleh Vogt-Roberts sebagai sutradara. Pembuatan film itu sudah mendapatkan persetujuan dari Hideo Kojima, si pembuat Metal Gear Solid. Kita tunggu saja ya mudah-mudahan bisa tayang tahun 2020 ini.

Jin Kazama

karakter ikonik playstation - Jin Kazama

karakter ikonik yang satu ini pertama kali muncul pada game playstation terpopuler TEKKEN 3 di tahun 90an silam. Dalam game besutan Bandai namco ini Jin Kazama dikisahkan ingin membalas dendam kepada Ogre atas kematian ibunya, yaitu Jun Kazama. Jin Kazama merupakan anak dari Kazuya Mishima dan juga merupakan cucu dari Heihachi Mishima. Kazuya menikah dengan Jun Kazama dan lahirlah Jin Kazama.

Sebagai tokoh fiksi andalan dari game TEKKEN, Jin Kazama memiliki sifat yang kompleks, tenang, pendiam dan misterius. Sifat baik diperoleh Jin dari Ibunya, sementara sifat iblis ia dapatkan dari sosok ayahnya yakni Kazuya Mishima yang memiliki gen iblis. Dengan gen iblis yang dia miliki, Jin dapat berubah menjadi Devil Jin dengan jurus andalan tinju.

Joel & Ellie

tokoh game terpopuler - Joel & Ellie

Karakter Joel dan Ellie muncul dalam game The Last of Us yang dirilis di PS3 pada 2013 silam. Kisah The Last of Us menceritakan tentang virus misterius nan mematikan yang menyerang umat manusia. Akibat virus itu dunia menjadi porak poranda, orang yang terkena virus akan berubah menjadi makhluk seperti zombie.

Kericuhan dunia saat itu berhasil mempertemukan sosok Joel dan Ellie. Mereka sepakat untuk bekerja sama mencari siapa dalang di balik penyebab kehancuran. Lalu apa yang membuat sosok mereka ikonik? Ya, perjalanan mereka dalam melewati beragam rintangan membuat hubungan kedua karakter itu semakin dekat layaknya ayah dan anak.

Kalau kalian jeli, di dalam game ini untuk setiap karakter yang ada tidak pernah disebutkan nama belakangnya. Namun tahukah kalian kalau sebenarnya Joel dan Ellie mempunyai nama belakang masing- masing, yaitu Joel “Miller” dan Ellie “Williams”.

Kratos

tokoh game terpopuler - Kratos

Karakter berikutnya yang lekat pada Playstation adalah Kratos. Seperti namanya, Kratos adalah manusia setengah dewa yang lahir di Sparta. Kratos merupakan anak hasil perkawinan antara dewa dan manusia. Ya, Zeus (ayah Kratos) adalah sosok dewa terkuat sekaligus penguasa Olimpus yang menikahi manusia bernama Callisto. Namun anehnya Kratos tak tahu siapa ayahnya.

Sebagaimana dalam game, Kratos adalah sosok karakter bebal, tidak punya rasa takut bin pongah. Sejak saat itulah Kratos mendapat julukan Ghost of Sparta. Ia bahkan tega membantai istri dan putrinya hingga ia pun mendapat kutukan atas perbuatannya. Satu-satunya ketakutan Kratos yakni saat dirinya hampir tewas dibunuh oleh King Barbarian.

Cloud Strife

tokoh ikonik terpopuler - Cloud Strife

Pecinta game Final Fantasy 7 pasti sudah tidak asing dengan karakter bernama Cloud Strife yang pertama kali dirilis pada tahun 1997 silam. Di dalam game Final Fantasy 7, Cloud Strife diceritakan sebagai seorang tentara bayaran dengan kisah hidup yang sangat malang, sedih banget pokoknya, seperti kisah percintaanmu.

Cloud Strife dibuat oleh Tetsuya Nomura. Karakter Cloud Strife digambarkan sebagai sosok berambut spike berwarna pirang, memiliki mata berwarna biru, mengenakan kostum gelap dan membawa Buster Sword. Nomura mengatakan Cloud diciptakan seperti manusia, bukan seperti tipikal pahlawan yang tanpa cacat.

Pada tahun 2005 lalu Cloud berhasil menyabet beberapa predikat terbaik dunia. Seperti masuk ia sebagai Top 10: List of Video game Characters dan berada di posisi ke 7. Kemudian berada di posisi ke 3 dalam Top 25 Final Fantasy Characters. Meski begitu, Cloud Strife juga mendapat predikat rambut terburuk.

Nathan Drake

Nathan Drake

Karakter ikonik dan terpopuler terakhir di game Playstation adalah Nathan Drake. Nama Drake mulai dikenal melalu seri Uncharted pada 2007 silam. Kemunculannya pun tak pelak langsung mendapatkan sambutan meriah dari para gamer. Harus diakui kesuksesan Uncharted tak lepas dari karakter Nathan Drake.

Player dalam negeri mungkin akan mengingat Nathan Drake karena dialog berbahasa Indonesia yang diucapkannya. Nathan Drake mempunyai misi mencari peninggalan-peninggalan sejarah sembari berusaha menyelamatkan diri dari penjahat. Ia adalah sosok cerdas dan pemberani yang selalu bisa meloloskan diri dalam keadaan sesulit apapun.

Drake yang digambarkan sebagai sosok maskulin, nyatanya tidak berbeda jauh dengan kita umumnya manusia. Dia punya kekurangan yang amat menggelikan, yakni fobia dengan badut. Kalian yang sudah main Uncharted: Drake's Deception akan melihat perubahan pada penampilan Drake jika melihat badut.

Dalam seri tersebut Drake memakai baju putih, sorban (tanpa peci) di leher, dan dengan tambahan pouch tembakan di kiri serta kanannya. Konon, penampilan baru Drake ini terinspirasi dari pakaian yang digunakan oleh Brenda Fraser yang menjadi sosok Richard "Rick" O'Connell di film The Mummy (1990).

Nah itulah beberapa tokoh terpopuler yang ada di PlayStation, karakter game mana yang paling ikonik menurut Kamu? Kalau kamu pecinta game balapan kamu pasti pilih Bandicoot, masa iya anak racing milih Kratos? Kalau kamu punya karakter lain jangan lupa kabarin Kabar Games ya.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved