Reza Pratama · Published 25 December 2019

10 Kelebihan & Kekurangan Black Desert Mobile (Review)

Home > Artikel > Mobile Game > 10 Kelebihan & Kekurangan Black Desert Mobile (Review)

Belum lama rilis, Black Desert Mobile (BDM) langsung mendapat banyak tanggapan yang beragam dari para penikmat game MMORPG. Hingga artikel ini dibuat, ada sekitar 143 ribu review di Play Store yang membahas mengenai kelebihan dan kekurangan game Black Desert Mobile dari berbagai aspek. Mulai dari gameplay, grafik, hingga fitur yang ditawarkan pun menjadi hal yang paling banyak dikeluhkan pemain BDM.

Selain itu, game ini juga tidak bisa lepas dari bayang-bayang versi game originalnya, Black Desert Online. Tersedia di dua platform berbeda yakni PC dan Android, membuat keduanya selalu dibanding-bandingkan. Untuk BDM memang masih belum sesempurna versi originalnya.

Namun meski begitu, game RPG ini tetap digemari dan didownload hingga 1 juta kali. Lalu faktor apa saja yang membuat game Black Desert Mobile langsung booming dan memuncaki game gratis populer di Play Store? Berikut ini adalah review seputar kelebihan dan kekurangan game Black Desert Mobile (BDM).

Kelebihan Black Desert Mobile

review black desert mobile

Fitur Beragam dan “Fresh”

Hadirnya berbagai fitur yang terasa fresh merupakan salah satu keunggulan yang coba ditawarkan oleh Pearl Abyss pada game Black Desert Mobile. Salahs satu fitur yang cukup menarik perhatian gamer yaitu pemain bisa mengendarai kuda dan menjelajahi dunia.

Selain membuat perjalanan menuju misi menjadi lebih cepat, dengan berkuda permainan pun jadi terasa lebih seru. Sayangnya, kamu tidak bisa menaiki kuda dengan mudah. Ada syarat yang harus kamu penuhi untuk bisa menjinakkan kuda di tempat tertentu. Setelah persyaratan terpenuhi, kamu pun bisa dengan bebeas mengendarai kuda.

Selain itu, adanya fitur companion bernama Black Spirit yang merupakan bawaan dari versi originalnya membuat game terasa fresh jika dibandingkan dengan game serupa. Dengan adanya Black Spirit, kamu nggak perlu bolak-balik ke kota untuk menyelesaikan misi, karena misi sudah tersedia di area baru secara otomatis.

Sistem Bertarung Sangat Seru

Sejak munculnya kabar akan dibuatkan dalam versi mobile, banyak para pemain Black Desert Online PC menaruh harapan tinggi akan versi mobile. Salah satunya adalah sistem pertarungan yang epic dan seru. Beruntungnya, Pearl Abyss mengabulkan permintaan tersebut menjadi kenyataan. Animasi pertarungan yang ditawarkan BDM terasa segar jika dibandingkan dengan kebanyakan game MMORPG mobile yang terasa begitu-gitu aja.

Grafis yang Cukup Memukau

Untuk sekelas game mobile, grafis yang ditawarkan BDM ini terbilang cukup cemerlang dan memanjakan mata. Pergerakan karakter animasinya pun terasa sangat halus. Meski begitu, Black Desert Mobile (BDM) bukanlah satu-satunya game MMORPG yang memiliki grafis bagus. Bahkan beberapa game seperti Lineage 2 Revolution dan Talion memiliki grafis sedikit di atas BDM. Tentunya bukan tidak mungkin dengan sistem update ke depannya, kualitas grafis BDM akan lebih meningkat.

Fitur Kustomisasi Karakter Mendetail

Kustomisasi karakter merupakan salah satu fitur unggulan yang dimiliki Black Desert Mobile. Fitur ini akan kamu temukan di awal permainan setelah memilih 5 class BDM yang berbeda, yaitu Witch, Giant, Warrior, Ranger, dan Valkayrie. Kalian bisa melakukan custom karakter yang akan dimainkan dengan sangat detail. Mulai dari bentuk rambut, warna rambut, warna kulit, tinggi badan, dan kostum yang dikenakan.

Gameplay yang Seru

Gameplay yang dimiliki oleh BDM tidak begitu jauh dengan versi aslinya di PC. Jadi mungkin buat kamu yang sudah terbiasa bermain Black Desert Online, tidak akan beradaptasi terlalu lama saat memainkan yang versi mobilenya. Namun, buat kamu yang belum pernah main game MMORPG, game ini juga menyediakan tutorial yang bisa memudahkan para pemain baru. Selain itu, kamu juga bisa mengatur beragam kombinasi skill yang bisa dipilih sesuka hati.

Kekurangan Black Desert Mobile

Kelebihan & Kekurangan Black Desert Mobile (BDM)

Tidak Disarankan untuk HP Kentang

Tidak disarankan untuk mendownload game ini, jika smartphone yang kamu gunakan memiliki spesifikasi kentang alias pas-pasan. Pasalnya, game BDM akan memakan ruang penyimpanan yang cukup besar. Size aplikasinya memang tidaklah besar, yakni tidak lebih dari 100MB.

Namun setelah masuk, kamu harus mendownload patch tambahan sebesar 3 GB. Artinya, kamu harus mengosongkan memori HP kurang lebih sebanyak 4 GB agar proses download dan instal bisa berjalan lancar. Animasi serta grafiknya baru akan terasa maksimal jika kamu menggunakan smartphone dengan spesifikasi mumpuni.

Kualitas Cut-Scene yang Kurang Bagus

Black Desert Mobile memasukkan beberapa potongan cuplikan cerita yang diambil dari versi PC. Sayangnya, kualitas cut-scene versi mobile justru terlihat kurang bagus dan terkesan memaksa, yang pada akhirnya menjadi hal yang tidak terlalu menonjol.

Fitur Auto Bersifat Samar

Fitur auto yang ada pada game Black Desert Mobile (BDM) memang masih bersifat samar-samar. Ada yang beranggapan bahwa fitur ini adalah sebuah keuntungan, tapi tidak sedikit juga yang mengatakan jika fitur ini hanya membuat permainan terasa membosankan.

Untuk pemain game Black Desert mobile pemula, fitur auto ini tentu sangatlah membantu. Namun untuk yang sudah terbiasa bermain game serupa, keberadaan fitur auto pada BDM hanya akan membuat pemain tidak bisa mandiri dan membuat permainan jadi terasa monoton. Tapi tenang, kamu bisa mematikan fitur ini secara manual di dalam game.

Tidak Adanya Fitur Shared Server

Satu lagi kekurangan yang ada pada game Black Desert Mobile adalah tidak adanya fitur “shared server”. Di mana kamu tidak bisa menggunakan karakter BDM yang sama di server yang berbeda. Sehingga para pemain harus memiliki 1 karakter di setiap server.

Kurangnya Skill Combo

Di versi aslinya, pemain bisa menggunakan skill combo unik dengan sekali serangan, sayangnya kelebihan ini tidak diterapkan pada versi Black Desert mobile. Sehingga BDM terasa seperti game MOBA pada umumnya yang hanya menggunakan tombol tertentu. Andai saja skill combo yang ada di PC diterapkan ke dalam versi mobile, maka teknik serangan pun akan terasa jauh lebih enak.

Kesimpulan Review Black Desert Mobile

Kehadiran Black Desert Mobile menambah daftar game MMORPG baru di platform Android. Fitur-fitur yang coba ditawarkan BDM membuat persaingan game MOBA pun semakin ketat dan beragam. Walaupun masih ada beberapa “lubang” yang perlu diperbaiki, nyatanya game ini sudah cukup menarik perhatian para penggemar game RPG.

Tidak menutup kemungkinan jika ke depannya Pearl Abyss akan melakukan banyak update untuk membuat Black Desert Mobile (BDM) menjadi lebih baik dari versi yang sekarang, sehingga bisa memperbaiki kekurangan nya dan menambahkan banyak kelebihan lainnya.

Gimana menurut Kamu review tentang kelebihan dan kekurangan yang terdapat di game Black Desert Mobile (BDM) yang baru rilis baru baru ini? Jika kamu memiliki unek-unek maupun masukan mengenai game ini, silakan tulis di kolom komentar. Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan anime hanya di Kabar Games.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved