Juant Setiawan · Published 13 March 2021

12 Manfaat Root HP, Kelebihan & Kekurangan di Android

Home > Artikel > Gadget > 12 Manfaat Root HP, Kelebihan & Kekurangan di Android

Bagi Kamu pengguna smartphone Android, pernah dengar istilah root bukan? Makna root disini adalah memberi akses ‘super user’ kepada pengguna untuk masuk ke dalam sistem. Istilahnya, memberi Kamu hak akses yang lebih tinggi untuk mengubah sistem Android yang ada di smartphone Kamu. Android sendiri dikembangkan dengan open-source yang artinya pengguna umum pun dapat melakukan modifikasi, mulai dari tampilan hingga sistem kerja smartphone.

Proses rooting ini banyak dilakukan oleh pengguna Android, namun banyak pula yang tidak berani melakukannya karena didasari banyak alasan. Supaya tidak bingung, berikut ini Kabar Games jabarkan 6 manfaat yang terdiri dari kelebihan, keuntungan, kekurangan serta kerugian root Hp Android yang perlu Kamu ketahui.

Keuntungan Root Hp Android

smartphone android

Smartphone Lebih Ngebut

Dengan rooting, Kamu bisa melakukan overclock Android Kamu atau mengoptimalkan kinerja hardware sehingga bisa menjalankan semua aplikasi dengan cepat. Ada banyak aplikasi yang bisa Kamu gunakan untuk Overclock maupun Underclock smartphone Kamu, seperti misalnya SetCPU.

Install Aplikasi Game Sepuasnya

Dengan root, Kamu punya banyak kesempatan untuk install aplikasi dan games yang sebelumnya tidak bisa didownload. Ada banyak aplikasi dan games keren yang mengharuskan penggunanya untuk menggunakan device yang sudah di root. Game HD atau 3D yang sebelumnya tidak bisa Ada download pun akan bisa didownload dengan mudah setelah Android Kamu di-root.

Buang Aplikasi Bawaan

Di setiap smartphone Android biasanya tertanam aplikasi bawaan atau bloatware yang jarang Kamu gunakan atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Umumnya, aplikasi bawaan dari produsen smartphone ini tidak bisa dihapus dan tidak bisa di-disable sehingga membuat memori internal penuh. Dengan rooting, Kamu bisa menghapus semua aplikasi bawaan yang tidak dikehendaki atau memindahkannya ke SD card sehingga memori internal smartphone Kamu lebih lega dan kinerja handphone bisa semakin ringan dan ngebut.

Bisa Custom ROM

Smartphone Android biasanya memiliki tampilan yang tidak begitu bervariasi. Namun dengan rooting Kamu bisa membuat tampilan Android Kamu beda dari yang lain. Dengan Custom ROM, penampilan Android Kamu bisa lebih keren, ada banyak fitur unik yang bisa ditambahkan sehingga Android Kamu bisa terlihat lebih personal. Ada banyak opsi Custom ROM yang bisa Kamu download setelah smartphone di-root.

Lebih Hemat Baterai

Dengan rooting, Kamu bisa melakukan beberapa hal yang bisa membuat baterai hp lebih awet. Salah satunya bisa dengan kalibrasi baterai menggunakan aplikasi tertentu. Hal ini bisa menghemat baterai smartphone hingga 2 kali lipat, dengan catatan Kamu menggunakannya secara normal.

Bisa Blokir Iklan

Saat main games biasanya ada pop up iklan yang sering kali mengganggu. Setelah smartphone Android Kamu di-root, kelebihannya Kamu bisa menginstall aplikasi pihak ketiga untuk memblokir iklan, seperti AdBlock Plus dan AdFree yang mewajibkan penggunanya untuk nge-root terlebih dahulu.

Kekurangan Root Hp Android

smartphone

Menghilangkan Garansi

Root Android berarti Kamu melakukan perombakan atau customisasi sistem Android. Jika setelah root lalu smartphone Kamu mengalami kerusakan atau membutuhkan servis, garansi yang diberikan produsen akan hangus karena Kamu telah melakukan perombakan pada sistem operasi. Jadi kerugian nya, produsen Hp tidak akan bertanggungjawab terhadap kerusakan komponen atau sistem smartphone yang telah di root.

Tidak Menerima Upgrade OS Terbaru

Sistem Android selalu mengeluarkan OS terbaru yang memiliki banyak fitur tambahan untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Bagi smartphone Android yang sudah di-root tidak akan mendapat otomatis update OS terbaru karena sistem yang ada di smartphone Kamu sudah dimodifikasi bukan oleh pengembang. Hal ini merupakan salah satu kerugian setelah Hp di root karena biasanya setiap update OS memiliki update yang penting untuk mendukung kinerja dan keamanan smartphone.

Rentan Kena Virus

Smartphone yang sudah di-root lebih rentan terkena virus karena pengguna sudah mengijinkan aplikasi di luar Play Store untuk diinstall dalam smartphone. Banyak aplikasi di luar Play Store yang disisipi malware dan bisa menginfeksi smartphone Kamu. Namun yang ini bisa Kamu cegah dengan tidak download games dan aplikasi di luar Play Store dan memasang antivirus di smartphone Kamu.

Aplikasi Game Sering Error

Meski bisa download aplikasi dan games apa saja setelah root, namun salah satu kerugian proses rooting adalah kemungkinan error saat membuka aplikasi atau main games. Misalnya saja games bisa tiba-tiba tertutup sendiri, Play Store yang tidak bisa diakses dan sebagainya. Solusinya, Kamu harus un-root smartphone dan instal kembali aplikasi dan games yang error tadi.

Smartphone Cepat Panas

Karena kinerja smartphone lebih cepat setelah di-root, imbasnya Hp cepat terasa panas karena optimasi yang terlalu tinggi. Hal ini bisa terjadi karena Kamu mengoptimalkan kinerja CPU, RAM dan baterai sehingga smartphone cepat panas. Jika sering terjadi akan memperpendek umur pakai handphone. Solusinya, hentikan aktifitas jika smartphone Kamu sudah terlalu panas.

Kerusakan Sistem dan Hardware

Salah satu resiko terbesar dari root android adalah kerusakan sistem dan hardware yang membuat smartphone rusak total. Ada beberapa hal yang bisa terjadi. Bootloop atau mati total bisa terjadi jika proses root tiba-tiba berhenti di tengah jalan. Solusinya Kamu harus install sistem Android yang baru sesuai yang digunakan sebelumnya.

Bisa juga mengakibatkan banyak fungsi smartphone tidak berfungsi, seperti Bluetooth dan wi-fi yang tidak bisa diaktifkan atau kamera gagal berfungsi. Selain itu smartphone jadi sering restart sendiri dan yang terparah adalah hardbrick yang artinya ponsel mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi.

Itulah tadi 12 keuntungan dan kekurangan root Android yang wajib Kamu tahu. Intinya, Kamu harus paham cara melakukan root yang baik dan sesuai dengan smartphone yang dipakai. Ada banyak forum developer yang memberikan guide lengkap step by step cara dan manfaat root hp yang benar plus tool yang sesuai. Temukan lebih banyak info menarik mengenai Android, iOS dan games hanya di Kabar Games.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved