Besty Varisya · Published 12 February 2022

Mengenal Apa itu Metaverse dan Cara Kerjanya

Home > Artikel > Non Fungible Token > Mengenal Apa itu Metaverse dan Cara Kerjanya

Metaverse adalah istilah yang belakangan ini sering digemakan dan dibicarakan oleh orang banyak. Salah satu yang menarik perhatian ialah ketika banyak wacana yang mengatakan Indonesia akan menjalankan metaverse beberapa tahun ke depan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Metaverse dan mengapa Indonesia perlu menjalankannya? Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui pengertian dan berbagai hal penting lainnya terkait dunia ini.

Pengertian Metaverse

metaverse adalah Metaverse adalah sebuah kata kunci terbaru yang menggambarkan imajinasi untuk industri teknologi sedemikian rupa sehingga mampu menjadi salah satu platform internet yang memperkenalkan ide masa depan. Mark Zuckerberg yang merupakan CEO Facebook baru-baru ini mengumumkan perubahan nama Facebook menjadi Meta Platforms Inc atau disingkat Meta. Pria berusia 37 tahun ini berbicara bagaimana Facebook akan bertransisi secara efektif dan orang-orang akan melihat Facebook sebagai perusahaan sosial media yang metaverse, yaitu "dunia nyata" atau realitas digital yang menggabungkan berbagai aspek seperti game online, media sosial, virtual reality (VR), augmented reality (AR), hingga penggunaan mata uang kripto. Dengan berbagai aspek ini, pengguna dapat berinteraksi satu sama lain secara virtual. Metaverse sendiri sebenarnya bukanlah istilah baru, penggunaan istilah ini pertama kali muncul dalam novel "Snow Crash" pada tahun 1992 oleh penulisnya yakni Neal Stephensorn. Dalam novel ini, manusia sebagai avatar dapat berinteraksi dengan satu sama lain serta dengan agen perangkat lunak dalam sebuah ruang virtual tiga dimensi. Neal Stephensorn menggunakan istilah ini untuk menjelaskan penerus dengan basis dunia maya ke internet. Menurut wikipedia, metaverse adalah bagian dari internet yang merupakan realitas visual sehingga dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata. Namun, sampai saat ini memang belum memiliki pengertian yang dapat diterima secara universal. Berikut ini ialah beberapa pengertian metaverse dari para ahli
  • Peter Warma, CEO Newzoo, mengatakan bahwa dunia ini merupakan tempat yang memungkinkan orang untuk menjadi kreator, penggemar hingga pemain secara bersamaan.
  • Tim Sweeney, CEP Epic Games, dunia ini merupakan sosial media 3D yang dapat diakses secara realtime. Hal ini memungkinkan orang untuk membuat dan membagikan konten di dunia virtual

Cara Kerja Metaverse

Metaverse adalah Bagaimana metaverse bekerja? Bagaimana cara akses dan menikmati berbagai layanan di metaverse? Seperti telah disinggung sebelumnya, metaverse merupakan sebuah dunia virtual yang menyerupai dunia sungguhan. Ketika masuk ke dunia ini, terdapat berbagai unsur kehidupan yang membuatnya semakin seru dan nyata. Semua ini dapat terwujud karena penggunaan teknologi yang canggih termasuk jaringan internet yang semakin kompleks dan cepat. Penggunaan jaringan internet menjadi sangat penting karena dunia metaverse menggunakannya sebagai akses utama. Cara kerjanya didukung dengan berbagai perangkat seperti headphone dan kacamata VR atau AR. Hal ini karena ini adalah dunia AR dan 3 dimensi sehingga perangkat ini menjadi hal yang wajib.

Bagaimana cara untuk berinteraksi di dalamnya? 

  • Pertama, Anda harus memilih platform apa yang diinginkan. Secara umum terdapat dua jenis metaverse yakni bangun lingkungan yang memungkinkan Anda untuk membangun lingkungan dari 0. 
  • Jenis kedua ialah metaverse game online yang prinsipnya sama dengan metaverse. 
  • Setelah memilih, pastikan Anda memiliki perangkat yang mumpuni dan download metaverse. Daftarkan diri kemudian login untuk menjalankan kehidupan virtual yang nyata. 
  • Dalam dunia ini, Anda juga bisa melakukan transaksi dengan menggunakan metaverse crypto untuk membeli berbagai kebutuhan.
  • Metaverse coin dan crypto yang tersedia diantaranya ialah Ether, MANA, SAND, dan AXS.

Peluang Cuan di Dunia Metaverse

Metaverse adalah Dunia ini semakin terkenal karena dengan teknologi ini berbagai kegiatan dapat dilakukan secara virtual termasuk membuat, menjual, hingga mengadakan konser. Dengan adanya platform metaverse, siapapun bisa melakukan transaksi secara digital bahkan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Apa saja peluang yang dapat memberikan keuntungan besar dari hadirnya metaverse ini? Berikut ini ialah peluang keuntungan/cuan dari hadirnya dunia ini.

NFT Art

NFT art Peluang pertama hadir dari NFT art yang kini juga semakin terkenal di dunia maya. Dengan memanfaatkan metaverse NFT, karya seni kini bisa diubah secara digital dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.  Anda perlu membuat karya yang unik dan bernilai agar bisa menarik perhatian para kreator. Dalam metaverse, terdapat marketplace galeri virtual yang akan menampilkan berbagai karya seni digital. Setelah Anda juga ikut menampilkan karya seni dan terhubung dengan dompet digital, maka Anda hanya perlu menunggu pembeli. Anda juga bisa terus mempromosikan NFT Art. Disini, pembeli bisa langsung membeli karya yang mereka mau dengan mudah. Dilansir dari Wallet Squirrel, terdapat karya seni bernama Bored Ape NFT yang dijual dengan harga 50 USD atau sekitar Rp 715.000. Dalam satu tahun, jumlah penjualan dari NFT ini bahkan mencapai 18 juta USD. Tentu saja, dengan fakta ini semakin banyak orang yang mau menjual karya seni mereka secara digital.

Voxel

Voxel Voxel merupakan sebuah karya digital 3 dimensi yang ternyata mampu menghasilkan cuan di dunia metaverse. Karya digital ini merupakan sebuah sel kubus yang dapat dibentuk menjadi berbagai bentuk dengan memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Anda bisa melihat dan memutar sisi lain dari objek sehingga terlihat lebih detail. Salah satu penerapan Voxel pada grafis permainan ialah Minecraft. Dalam salah satu proyek Metaverse adalah Sandbox, terdapat fasilitas VoxEdit yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan Voxel. Kemudian, Voxel dapat dijual ke pasar dan mendapatkan keuntungan. Pada umumnya, voxel dapat Anda temukan di pakaian, bangunan, mobil, dan beragam item lainnya di dunia ini. Bentuk-bentuk tersebut dapat dijual di Metaverse dengan berbagai bentuk, salah satunya NFT.

Konstruksi

Konstruksi metaverse Layaknya dunia nyata, terdapat berbagai konstruksi dan bangunan yang juga ditawarkan di metaverse. Dengan perkembangan teknologi yang berlangsung sangat cepat, banyak orang yang "membangun" rumahnya di dunia metaverse. Konstruksi dalam bentuk digital akan semakin diminati banyak orang jika dunia ini semakin berkembang. Saat metaverse terus berkembang, maka pembangunan kota menjadi hal yang sangat penting untuk membuat metaverse tumbuh. Meningkatnya permintaan konstruksi virtual telah terjadi dan memberikan keuntungan bagi beberapa pihak. Salah satunya ialah Voxel Architects yang saat ini menyediakan konstruksi virtual. Hingga saat ini, perusahaan telah berhasil meraih keuntungan sekitar 300.000 USD atau setara dengan Rp 4.2 miliar.

Real Estate

Real Estate metaverse Masih berkaitan dengan konstruksi, real estate merupakan sebuah hal yang mampu memberikan peluang cuan di metaverse. Contoh real estate ialah rumah, perumahan,, kondominium, cluster perumahan, gedung perkantoran, pabrik-pabrik, toko hingga tanah yang belum dikembangkan. Ternyata, banyak orang yang sudah mulai melirik real estate virtual sebagai investasi. Bahkan, harga tanah virtual tersebut tidak murah dan memiliki harga hingga ratusan ribu dollar. Demi menjaga lahan virtual ini tetap memiliki nilai, maka persediaan aset dibatasi sehingga terjadi nilai kelangkaan. Hal inilah yang membuat harga lahan virtual menjadi semakin mahal. Pada November 2021, Metaverse Group membeli petak tanah di Decentraland dengan nilai mencapai 2.4 juta USD dengan jumlah petak 116.

Iklan

Iklan metaverse Iklan merupakan hal yang sangat umum terjadi di dunia nyata untuk mempromosikan berbagai produk dan merek bisnis. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan brand awareness bisnis dan meningkatkan penjualan produk. Dalam dunia ini, iklan juga menjadi sebuah komoditi yang berpeluang untuk menghasilkan cuan dan berbagai produk bisa dipromosikan kepada para pengguna dunia metaverse. Tentu saja, hal ini menjadi sebuah cara baru yang inovatif bagi para perusahaan besar dunia. Salah satu perusahaan yang sudah menampilkan iklan mereka di metaverse ialah brand sepatu dunia ternama yakni Nike. Pesaing Nike, yakni Adidas juga memiliki rencana untuk membuat iklan di Metaverse dan telah mengumumkan kerjasama dengan SandBox. Namun, detail lanjut mengenai iklan Adidas masih belum diungkapkan ke publik. Terakhir, perusahaan fashion mewah dunia lainnya yakni Guxxi juga membuat iklan di dunia ini dengan menciptakan proyek bernama Roblox. Disini, Anda dapat melakukan tur virtual untuk mengenal Gucci lebih dalam.

Games

game metaverse adaah Apakah Anda menyukai bermain game dan ingin mendapatkan cuan dari hobi tersebut? Jika iya, Anda bisa memainkan berbagai metaverse game yang seru dan tentunya menguntungkan.  Salah satu game metaverse adalah Sandbox yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan token kripto SAND dan NFT. Game ini memungkinkan para pemainnya untuk membangun bangunan, kota, dan membuat avatar sendiri. Berbagai item yang Anda kumpulkan bisa dijual dalam bentuk NFT kepada pemain lain yang menginginkannya. Pilihan game lainnya ialah Oasis - Start Your Second Life yang merupakan game interaktif dan memungkinkan Anda untuk menjelajahi dunia game. Anda juga bisa berinteraksi dengan pemain lainnya di seluruh dunia. Pemain juga memiliki kebebasan untuk membuat berbagai item dan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Karaoke

Karaoke metaverse adalah Dunia ini dibuat dengan mengikuti kebutuhan orang di dunia nyata, termasuk hiburan. Salah satu jenis hiburan yang memang memiliki banyak penggemar ialah Karaoke. Ternyata, dalam dunia ini Anda juga bisa melakukan karaoke secara virtual. Anda dapat membuat bar karaoke sendiri dan bisa menjual musik menjadi NFT. Selain karaoke, ternyata metaverse juga memungkinkan para seniman untuk melakukan metaverse. Salah satu penyanyi dunia yang telah melakukan konser di metaverse ialah Justin Bieber pada 18 November 2021.

Fashion

Fashion Setiap orang tentu membutuhkan pakaian sesuai dengan gaya fashion masing-masing orang. Di dunia ini, Anda juga bisa memilih fashion untuk digunakan kepada avatar. Di dunia ini, Anda bisa berinteraksi dengan orang lain dengan bertemu dengan avatar mereka. Tentu saja, penampilan menjadi sangat penting dan membuatnya seakan menjadi nyata. Anda bisa memilih berbagai outfit menarik dan membelinya. Bahkan, perusahaan fashion ternama dunia seperti Gucci, Louis Vuitton, Zara, dan Adidas juga ikut serta dalam penyediaan fashion. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk masuk ke dunia ini? Dengan konsep yang cukup matang, tidak sedikit pihak yang mengatakan bahwa dunia ini akan populer beberapa tahun kedepan. Dengan menggunakan dunia virtual, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan secara daring dan meraih keuntungan. Jika Anda tertarik, terus pelajari konsep tentang dunia metaverse ini dan manfaatkan setiap peluang cuan yang ada.

© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved