Juant Setiawan · Published 17 March 2019

PUBG Mobile Dilarang di India, yang Main Terancam Dipenjara!

Home > Artikel > PUBG Mobile > PUBG Mobile Dilarang di India, yang Main Terancam Dipenjara!

Playerunknown's Battlegrounds, atau lebih dikenal dengan singkatan PUBG adalah game online yang sangat digandrungi di berbagai lapisan kalangan terutama anak muda hampir diseluruh dunia. PUBG Mobile sendiri diperkenalkan awal 2018 dan saat ini telah sukses meraih kepopulerannya. Namun siapa sangka permainan populer yang memiliki lebih dari 200 juta pemain di seluruh dunia pada Desember tahun lalu, dikabarkan menimbulkan masalah bagi institusi pendidikan di India, dan kini PUBG Mobile resmi dilarang.

Pemerintah India mengambil tindakan serius guna memberantas warganya bermain PUBG, game ini resmi dilarang untuk dimainkan dibeberapa kota di India. Padahal masyarakat India sendiri merupakan salah satu dari negara dengan pemain terbanyak game PUBG, selain China dan Indonesia.

PUBG game terlarang di India

Dilansir dari Organisasi Pendidikan Jammu and Kashmir Students mengklaim bahwa bermain PUBG berperan besar membuat nilai pelajar di India menjadi anjlok. Selain itu, kehadiran PUBG Mobile bahkan dianggap menjadi hal yang lebih membahayakan dibandingkan obat-obatan terlarang karena menimbulkan efek kecanduan.

Pemerintah India bahkan mengeluarkan aturan kontroversial yang melarang warganya bermain PUBG. Pelarangan tersebut dilakukan secara eksklusif oleh Provinsi bagian Gujarat. Pelarangan ini berlandaskan pada alasan bahwa PUBG memiliki beberapa efek negatif terhadap orang yang memainkan game tersebut terutama dalam hal yang berhubungan dengan kekerasan. Walaupun di sisi lain klaim keterkaitan PUBG dengan kekerasan telah dibantah dalam beberapa penelitian.

PUBG Game Terlarang Di India

Karena alasan tersebut, larangan bermain game online PUBG Mobile di India sudah diterapkan sejak Awal tahun 2019 dengan dikeluarkannya surat edaran Departemen Pendidikan India atas rekomendasi oleh Komisi Negara Gujarat untuk Perlindungan Hak Anak. Kemudian, Komisi Nasional Perlindungan Hak Anak di India (NCPCR) selanjutnya telah merekomendasikan kembali larangan permainan tersebut di seluruh negara bagian.

Bahkan bermain PUBG di India kini telah menjadi tindakan kejahatan ringan yang membuat pemainnya bisa berurusan dengan pihak kepolisian. Jika ada yang tertangkap tangan memainkan PUBG, maka si pemain dapat ditahan, walaupun kemudian dapat dibebaskan dengan jaminan tidak akan memainkan game tersebut kedepannya.

Hukuman maksimal kepada pemain PUBG di India adalah penahanan selama satu bulan dan denda berupa uang tunai. Bagaimana sobat Kabar Games, hukumanya cukup menakutkan bukan, dan bagaimana dengan di Indonesia?? Apakah nantinya PUBG akan dilarang seperti di India???


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved