Maya Idruss · Published 13 October 2017

Sony Perkenalkan 3 Controller Baru Untuk PlayStation 4

Home > Artikel > Console > Sony Perkenalkan 3 Controller Baru Untuk PlayStation 4

Controller DualShock milik konsol game PlayStation awalnya disediakan sebagai kontroler kendali sekunder untuk PlayStation. Namun kini DualShock telah menjadi bagian dari identitas konsol keluaran Sony tersebut karena desainnya yang ikonik dan pertama kalinya menawarkan sensasi bergetar saat dimainkan. DualShock sudah tiga kali mengalami evolusi dan di era sekarang pun Sony telah memperluas pilihan gamepad untuk produk PlayStation melalui produk-produk berlisensi resmi.

Jika Anda sudah bosan dengan penampilan DualShock atau merasa kontroler tersebut kurang nyaman saat dipakai karena ukuran tangan Anda kecil, jangan khawatir. Sony telah secara resmi kenalkan 3 controller baru untuk PlayStation 4 (PS4) yang diproduksi oleh pihak ketiga yang telah mendapat lisensi resmi dari Sony; yaitu Nacon, @Play dan Hori. Dua controller dikategorikan sebagai compact controller, sedangkan yang satunya disebut mini gamepad.

Hal ini diakukan Sony mengingat banyak gamer yang mempunyai tangan berukuran kecil, misalnya anak-anak sehingga DualShock tidak begitu cocok untuk mereka. Hal ini yang mendasari Sony untuk menunjuk pihak ketiga untuk memproduksi controller yang kompatibel untuk PS4 dan juga gamer.

Nacon Wired Compact Controller

Nacon Wired Compact Controller

Sesuai namanya, ‘compact controller‘ Nacon ini didesain untuk gamer yang memiliki ukuran tangan yang kecil. Gamepad ini mengadopsi sejumlah elemen yang ada di Evolution Pro Controller, dibekali touchpad yang mudah dijangkau oleh jari, port audio stereo, motor penggetar, serta lampu indikator LED untuk menampilkan info terkait game yang sedang dimainkan. Compact controller ini dibekali kabel sepanjang 3 meter untuk dihubungkan ke PlayStation 4.

Nacon Wired Compact Controller akan hadir dengan lima pilihan warna, yaitu hitam, biru, jingga, abu-abu dan merah. Selain itu ada juga varian controller transparan dengan ekstra LED (merah, biru dan hijau) di bagian dalam. Nacon Wired Compact Controller ini rencananya akan mulai dipasarkan di bulan November mendatang. Sebagai informasi, Nacon sebelumnya juga pernah berkolaborasi dengan Sony dalam menghadirkan gamepad kelas pro dan perangkat pendukung eSport yang juga dikeluarkan oleh Razer.

@Play Wired Compact Controller

@PLAY Wired Compact Controller

@Play adalah salah satu produsen peripheral yang populer di kalangan console gamers. @Play terkenal memiliki produk-produk gaming yang simpel namun nyaman digunakan. @Play Wired Compact Controller untuk PlayStation 4 ini menghadirkan berbagai fungsi esensial untuk gamer, seperti audio jack, touchpad serta motor vibrasi. Compact Controller buatan @Play ini juga memanfaatkan kabel untuk terhubung ke PS4

Jika dilihat dari penampilannya, @Play Wired Compact Controller terlihat begitu sederhana dan desainnya kelihatan lebih ergonomis dibandingkan DualShock 4 standar. @Play Wired Compact Controller akan hadir dengan empat pilihan warna, yaitu abu-abu gelap, putih-hitam, biru-hitam, dan merah-hitam. Produk akan tersedia di bulan Desember mendatang.

Hori Wired Mini Gamepad

HORI Wired Mini Gamepad

Produk ini merupakan mini gamepad oleh Hori ini yang mungil dan cocok untuk gamer muda. Desain Hori Wired Mini Gamepad terinspirasi dari controller retro. Hal ini terlihat dari tombol-tombol dan thumb stick yang gampang dijangkau. Ukuran touchpad-nya juga diperkecil namun tetap bisa mensimulasikan sensasi pemakaian touchpad standar. Hori Wired Mini Gamepad juga menggunakan kabel untuk bisa terkoneksi dengan PS4. Hori Wired Mini Gamepad akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu biru, merah dan hitam dan akan dijual mulai tanggal 6 November mendatang.

Ketiga controller diatas rencananya akan mulai dirilis di Eropa terlebih dahulu pada bulan-bulan yang telah disebutkan sebelumnya. Belum ada informasi harga atau jadwal kedatangannya di wilayah lain, termasuk Indonesia. Ikuti terus Kabargames untuk tahu lebih banyak soal PlayStation 4 dan game-game yang kompatible dengan konsol ini. Ada juga berita game dan gadget terbaru di setiap harinya, tips & trik seputar smartphone dan gaming, review hingga tutorial menarik.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved