S. Riyadi · Published 11 October 2021

Game PS2 Terbaik Sepanjang Masa Yang Masih Enak Dimainkan

Home > Artikel > Console > Game PS2 Terbaik Sepanjang Masa Yang Masih Enak Dimainkan

Kira-kira game apa saja ya yang masuk dalam game PS2 terbaik sepanjang masa? Ada yang bisa menebak? Berbicara tentang game terbaik di PS2 tentu tidak lepas dari game-game besar seperti game open world, Grand Theft Auto: San Andreas, game adventure atau petualangan, game anak-anak seperti Harvest Moon, Crash dan Gundam, game multiplayer Guitar hero, need for speed, okami dan Downhill Domination.

Namun, apakah itu berarti game-game tersebut masuk dalam kategori game PS2 terbaik sepanjang masa? Daripada menduga-duga lebih baik temukan jawabannya di artikel berikut ini.

Grand Theft Auto: San Andreas

Game PS2 Terbaik Grand Theft Auto: San Andreas

Tidak salah jika kalian menebak Grand Theft Auto: San Andreas sebagai salah satu game PS2 terbaik sepanjang masa. Pasalnya, selain dibekali dengan kualitas grafis yang sangat baik, GTA: San Andreas juga memiliki jalan cerita yang berkesan. Rockstar sendiri bahkan telah mengakui bahwa kesuksesan Grand Theft Auto: San Andreas tidak lepas dari alur cerita yang menarik.

Uniknya, tidak seperti game lain yang melarang pemain menggunakan cheat, Rockstar selaku pemgembang justru menyematkan cheat resmi yang jumlahnya cukup banyak ke dalam GTA. Adapun cheat resmi tersebut diantaranya cheat darah, uang, mobil terbang dan masih banyak lagi yang lain.

Final Fantasy X

Game PS2 Terbaik Final Fantasy X

Ada banyak alasan mengapa Final Fantasy X layak menyandang status game PS2 terbaik sepanjang masa hingga berhasil terjual sampai 8 juta copy di seluruh dunia. Namun disini Kabar Games tidak akan membahas semuanya, melainkan hanya sebagian saja.

Alasan terkuat mengapa Final Fantasy X begitu memorable yaitu tantangan yang dihadirkan cukup unik. Khususnya saat pemain diminta untuk menyelesaikan challenge balap Chocobo dimana pemain harus menyentuh angka 0.0.

Kemudian tantangan menghindari 200 petir di Thunder Plains, dimana tanpa ada counter sama sekali. Atau momen dimana pemain harus mencari senjata-senjata terbaik dan terkuat yang nantinya bisa digunakan untuk mengalahkan monster.

Resident Evil

Resident Evil

Setelah sukses dengan seri pertama di PS1, Resident Evil kembali mengulang kesuksesannya pada seri ke 4 di PS2. Berbeda dari seri sebelumnya, pada seri keempat ini Resident Evil lebih banyak mengekspos karakter Leon Scott Kennedy yang mempunyai misi penyelamatan terhadap presiden Amerika.

Kendati begitu, tantangan dan musuh yang dihadapi seri ke 4 masih sama yaitu mengumpulkan puzzle dan melawan zombie. Resident Evil seri ke 4 juga dinilai lebih realistis karena pada seri ini pengembang menambahkan kamera third person yang membuat permainan semakin menyeramkan.

Need for Speed Underground 2

Game PS2 Terbaik Need for Speed Underground 2

Masih ingat dengan game yang satu ini? Ya, game balapan yang satu ini memang begitu melekat di hati para pecinta game PS2. Bagaimana tidak, Need for Speed Underground 2 menawarkan pengalaman balapan di beberapa sirkuit dengan tingkat kesulitan berbeda beda.

Tidak hanya itu, game keluaran tahun 2004 silam ini juga mengizinkan pemain untuk mengkostumisasi mobil miliknya, melalui fitur ini kamu bisa mengupgrade mobil kamu misalnya dengan mengganti warna, menambah bumper, sampai memasang mesin baru.

Jika kamu bosan melakukan balapan kamu juga bisa berkeliling menikmati pemandangan kota di malam hari sesuka hati. Kendati Game garapan EA black Box ini sudah merilis banyak judul, namun Need for Speed Underground 2 menjadi salah satu seri yang paling populer dan memorable.

Guitar hero ll

Guitar hero ll

Dalam game PS2 multiplayer ini kalian bebas memilih lagu yang ingin kalian mainkan sekaligus mengatur tingkat kesulitannya. Kalian bisa main sendiri atau berduel dengan teman. Konon, beberapa karakter yang ada di dalam game ini didedikasikan secara khusus untuk para pemain gitar legendaris seperti jimmy page dan jim hendrix. Bila kalian merasa kesulitan dalam emneyelesaikan setiaptantangan yang ada, kalian juga bisa menggunakan bantuan cheat Guitar Hero. Tapi perlu di ingat, ada resiko yang harus kalian tanggung jika kalian menggunakan program ilegal seperti cheat.

Okami

Okami

Bisa dibilang Okami adalah satu game ps2 petualangan yang memiliki grafis terbaik. Bahkan game ini tak pernah absen dari pujian dan beragam penghargaan. Namun entah mengapa penjualan Okami tidak sebaik penghargaan yang diterimanya. Padahal, game adventure ini memiliki animasi dan jalan cerita yang begitu kuat.

Okami menggunakan animasi hasil dari perpaduan teknik watercolor dan cel shading sehingga terlihat layaknya wash painting. Meski penjualan Okami tidak sebaik game lain tapi Okami telah sukses menghibur para pemain PS2 dengan petualangan yang membekas di hati para pemain.

God of War

Game PS2 Terbaik God of War

Apa yang ada dalam pikiran kamu ketika kamu mendengar kata God of War? Apakah kamu berpikir tentang peperangan? Atau justru kamu berpikir ini adalah game petualangan? Tidak ada yang salah dari semua itu, hanya saja peperangan yang terjadi dalam God of War dilatarbelakangi oleh balas dendam karakter protagonis berwajah sadis, berkulit pucat dan badannya dipenuhi tato bernama Kratos kepada dewa- dewa Olympus yang telah membantai keluarganya.

Berawal dari Misi Kratos inilah yang kemudian membuat game ini menjadi game action adventure yang menantang. God of War sangat dipengaruhi oleh mitologi Yunani kuno, selain gameplay, fitur, audio, efek dan suara narator yang khas semakin menjadikan game petualangan ini sangat mengesankan.

Tom Clancy's Splinter Cell

Tom Clancy's Splinter Cell

Game Multiplayer ini menceritakan tentang kisah agen rahasia NSA Black Operation bernama Sam Fisher yang harus bersembunyi dari kejaran musuh. Game besutan Ubisoft ini memang lebih fokus pada aksi bersembunyi dari para agen supaya tidak tertangkap.

Dalam menyelesaikan misinya, para agen dapat melakukan gerakan-gerakan unik serta menggunakan berbagai macam peralatan yang dapat membantunya kabur. Sebelum meraih kesuksesan di PS2, telah lebih dulu merajai Xbox.

Bully

Bully

Ada beberapa fakta menarik tentang game Bully yang mungkin kalian tidak ketahui. Pertama, Bully pernah meraih penghargaan sebagai game dengan music video terbaik. Kedua, game Bully sempat muncul di game GTA. Ketiga, pernahkah kalian sadari bahwa Bully adalah satu-satunya game open world yang memiliki musim?

Disaat banyak game open world yang fokus pada maps, maka Bully lebih mengedepankan sisi realistis dalam sebuah video game. Dengan adanya pergantian musim yang meliputi, siang, malam, panas, gugur, semi dan dingin kamu bakal merasakan kesan realistis saat bermain.

Meski layak menyandang status game ps2 terbaik, nampaknya game ini kurang layak dimainkan oleh anak-anak. Misalnya, karakter Jimmy yang bengal dan dapat mencium anak laki-laki akan sangat berbahaya jika ditiru oleh anak-anak.

Itulah 9 game PS2 terbaik sepanjang masa yang bisa mengingatkan kamu ke masa lalu. Overall game yang disebutkan diatas bisa kalian nikmati seorang diri atau secara multiplayer dengan 2 palyer bersama orang terdekat kalian. Tertarik untuk memainkannya kembali?

Nantikan terus informasi terupdate seputar game, gadget dan anime hanya di Kabar Games. Supaya kamu tidak ketinggalan berita, kamu bisa follow akun Instagram dan Facebook Kabar Games. Kamu juga bisa bergabung bersama kami di dalam Channel Discord Kabar Games. Jangan lupa tinggalkan komentar kalian ya!


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved