Rinaldi Syahran · Published 09 April 2020

Super Mario Run: Game Review, Fitur, Tips dan Trick

Home > Artikel > Mobile Game > Super Mario Run: Game Review, Fitur, Tips dan Trick

Super Mario Run memang sudah dirilis sejak Desember 2016, game ini menjadi gacoan Nintendo untuk menduduki peringkat teratas game android yang didownload dan dimainkan pada tahun 2017. Lantas, seperti apa sih game Mario Bros terbaru ini? Langsung saja ini dia pembahasannya, tetapi sebelum itu mari kita lihat gameplaynya terlebih dahulu.

Super Mario Run Gameplay

https://www.youtube.com/watch?v=qjHSn4GwQWY

Yang paling seru dalam Super Mario Run adalah game ini dapat dimainkan dengan satu tangan. Dalam mode petualangan dan Toad Rally, lari Mario Bros harus diatur pemain dalam versi pendahulunya. Dalam game ini, lari Mario Bros dibuat menjadi otomatis oleh Nintendo. Pemain hanya perlu mengusap layar smartphone untuk aksi melompat.

Ketepatan, dan kecepatan pemain dalam melakukan tapping layar menjadi point penting untuk mendapatkan skor tinggi dan juga menang ketika berkompetisi dengan pemain lain. Dalam game ini, disediakan kegiatan lain berupa membangun kerajaan. Game ini hanya dapat dimainkan secara online, sehingga membutuhkan koneksi internet.

Mode yang Tersedia di Game

Mode-Super-Mario-Run

Mario Bros versi terdahulu dibuat pengembangnya dengan satu mode saja. Pada game Super Mario Run, mode game dikembangkan menjadi tiga. Mode petualangan, mode kompetisi dengan pemain lain, dan mode membangun adalah tiga mode yang ditawarkan oleh developer game ini. Ketiga mode ini saling terhubung satu sama lain lewat item game di dalamnya. Mode-mode yang ditawarkan pengembang menjadikan game Mario Bros yang satu ini tampil lebih segar dan tidak membosankan.

Karakter di Super Mario Run

Karakter-Super-Mario-Run

Ada enam karakter dalam game Super Mario Run yang dapat dimainkan oleh pemain, dan Mario Bros menjadi karakter utama yang bisa langsung dimainkan. Lima karakter lainnya harus dibuka dulu untuk dapat memainkannya. Karakter-karakter yang dimaksud adalah Princess Peach, Luigi, Yoshi, Toadette, dan Toad. Tidak ada perubahan dalam masing-masing karakter. Namun, karakter dibuat dalam grafis yang lebih baik dari versi Mario Bros sebelumnya.

Tips dan Trick Super Mario Run

Tips and Trick

Dalam memainkan game Super Mario Run, Kamu dapat melakukan beberapa tips dan trick yang terdiri atas 2 bagian. Tips dan trick yang dimaksud adalah kegiatan sebelum dan sesudah membeli semua dunia di game ini. Tips dan tricknya dijabarkan dengan detail seperti di bawah ini.

Tips Sebelum Membeli Semua Dunia

  • Kumpulkan Koin Berwarna

    Dalam mode World Tour, Kamu akan memainkan karakter Mario yang berpetualang sambil berlari, melompat dan mengumpulkan koin. Pada versi Mario Bros terdahulu, koin tidak dibedakan, sedangkan koin di permainan ini dibuat dengan banyak variasi. Koin dibedakan menjadi empat: koin kuning, pink, ungu dan hitam. Koin kuning merupakan koin yang biasa ada dalam dunia Mario Bros, sedangkan ketiga koin lainnya merupakan koin yang berfungsi khusus dalam game Super Mario Run saja. Masing-masing warna menandakan tingkat kesulitan yang berbeda dengan hitam sebagai penanda tingkat kesulitan tertinggi.

  • Berkompetisi dengan Pemain Lain

    Berkompetisi dengan pemain lain merupakan daya tarik yang ditawarkan Nintendo untuk game Super Mario Run. Nintendo membuatnya dalam Toad Rally. Dalam mode ini, Kamu bisa pamer skill kepada lawan. Untuk dapat memainkan mode ini, Kamu perlu Tiket Toad yang bisa didapatkan dengan mengumpulkan koin berwarna dan juga memainkan game bonus.

  • Bangun Kerajaanmu

    Daya tarik lain yang ditawarkan Nintendo untuk game Super Mario Run adalah mode membangun kerajaan. Untuk dapat membangun kerajaan, Kamu memerlukan koin dan juga Toad. Kedua item ini bisa didapatkan melalui World Tour dan juga Toad Rally. Pada titik ini, Kamu hanya bisa meluaskan kerajaan dengan variasi bangunan yang masih terbatas.

Tips Setelah Membeli Semua Dunia

  • Selamatkan Peach

    Dunia petualangan dalam World Tour ada 24 macamnya. Setelah dapat mengumpulkan semua dunianya, Kamu dapat menyelamatkan Peach. Setelahnya, karakter Peach dapat dimainkan. Karakter ini punya kelebihan berupa lompatan yang lebih lama di udara dengan ciri lompatan mengambang.

  • Course Pertandingan Toad Bertambah

    Tipe tempat pertandingan Toad Rally akan bertambah ketika Kamu membeli semua dunia. Tidak hanya itu, Toad yang menyemangati Kamu dalam pertandingan pun bertambah menjadi 5 Toad yang dibedakan berdasarkan warna: merah, kuning, ungu, hijau, dan biru.

  • Penambahan Bangunan dan Dekorasi

    Toad akan bertambah juga di mode membangun kerajaan. Bukan hanya sebagai pemandu sorak seperti pada Toad Rally, melainkan menjadi builder. Dengan bertambahnya jenis Toad, maka bertambah pula bangunan dan dekorasi yang dapat dibuat di dalam kerajaanmu.

  • Karakter Terkunci Bisa Dibuka

    Tiga karakter kunci dapat dibuka melalui mode membangun kerajaan. Kamu harus membuatkan rumah untuk Luigi, Yoshi dan Toadette agar dapat memainkannya. Luigi mempunyai kelebihan berupa lompatan yang lebih tinggi daripada karakter lainnya, Yoshi punya kelebihan berupa lompatan seperti burung yang sedang terbang dan juga tidak takut akan benda tajam berbentuk spike, serta Toadette yang amat baik digunakan untuk Toad Rally.

Spesial Karakter Toad

Spesial Karakter Toad

Ketika memainkan permainan Super Mario Run pertama kali, Kamu pasti akan dibuat kebingungan bagaimana cara membuka karakter Toad. Tidak seperti karakter terkunci lainnya yang hanya dapat dibuka dengan cara memainkannya hingga akhir, membuka karakter Toad harus dengan cara khusus.

Caranya membuka karakter Toad yaitu dengan redeem hadiah. Kamu hanya perlu masuk ke mode membangun kerajaan, klik My Nintendo, tab reward, pilih Toad, kemudian buat akun My Nintendo setelah itu tunggu Toad dikirim ke Gift Box. Karakter Toad punya kelebihan berupa kecepatan yang lebih tinggi daripada karakter lainnya.

Review Super Mario Run

Super-Mario-Run-Gameplay

Secara keseluruhan Super Mario Run sangat layak untuk dimainkan, terutama bagi pecinta franchise Mario Bros. Dengan memainkan game ini, Kamu dibawa Nintendo menjelajahi dunia Mario dan kawan-kawan yang menyenangkan melalui gameplay, mode, karakter dan grafisnya yang cukup menakjubkan.

Untuk saat ini, Game legendaris Nintendo yang satu ini sudah bisa didownload gratis dari Play Store melalui link ini. Game ini telah hadir di sistem operasi Android sejak bulan Maret 2017, jika Kamu termasuk salah satu pecandu permainan Mario Bros, maka game Super Mario Run jangan sampai Kamu lewatkan.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved