Rinaldi Syahran · Published 14 January 2020

25 Tips Bermain CSGO untuk Pemula Menjadi Pro Player

Home > Artikel > CSGO > 25 Tips Bermain CSGO untuk Pemula Menjadi Pro Player

Kamu seorang pemula dan sedang mencari tips ampuh cara bermain CSGO yang baik dan benar? Artikel ini akan menjelaskan semuanya! Menjadi pemula dalam games adalah peristiwa yang pasti untuk semua orang. Namun, tidak semua newbie bisa langsung mahir bermain, terutama game yang membutuhkan kecepatan tangan seperti game MOBA dan FPS.

Berbicara game FPS, ada satu yang masih booming hingga kini, yakni Counter Strike Global Offensive atau disingkat CSGO. Games Steam ini, meski tidak banyak pemain baru yang registrasi, tapi tetap saja ada pemula yang bermain pada game ini entah dia sudah lama atau pun pemain baru.

Bagi kamu yang belum mahir, dan mau berkembang, ada cara bermain CSGO yang efektif dan telah dirangkum oleh Kabar Games dari banyak sumber. Tips bermain CSGO untuk pemula ini terdiri atas 25 cara, meski tidak mendetail ke teknis tertentu, pastikan kalian memperhatikannya. Ada pun penjelasan cara yang dimaksud adalah seperti di bawah ini.

Atur Menu & Konfigurasi Crosshair

CSGO Crosshair - Tips Bermain CSGO

Tips bermain CSGO untuk pemula yang pertama dalam daftar Kabar Games adalah men-setting pengaturan menu dan konfigurasi crosshair. Pada awal kalian bermain, pastikan kalian mengatur menu dalam games. Ada banyak settingan yang harus diatur, termasuk Crosshair.

Fitur Crosshair sendiri adalah pointer pada layar kamu untuk tahu arah peluruh ketika bermain games FPS Counter Strike Global Offensive. Fitur ini telah menjadi bagian penting dalam games Steam ini yang harus diatur sesuai dengan kenyamananmu agar tembakanmu tepat sasaran.

Hindari Sering Ubah Settingan

Menu Game Steam CSGO

Bicara games FPS pastinya ngomongin yang namanya muscle memory. Memori otot ini jadi Tips bermain CSGO untuk pemula yang kedua. Ada pun muscle memory merupakan memori yang tercipta pada otot karena seorang gamers terus melatih gerakan yang serupa berulang-ulang.

Oleh karenanya, settingan game-mu dan gadgetmu jangan sering diubah. Itu termasuk, menu, ganti mouse dan juga crosshair kamu. Kalo sering diubah maka kamu akan mengalami kebingungan, dikarenakan memori otot menjadi tak berguna lagi dan bisa jadi kemampuanmu menjadi menurun dan bahkan menjadi noobs.

Kenali Senjata Counter Strike

Senjata CSGO

Kalian harus mengenali senjata yang ada di games FPS CSGO ini. Tutorial bermain CSGO untuk pemula berikutnya adalah kenali senjata. Beberapa senjata di Counter Strike diantaranya ada AK 47, Deagle, AWP dan juga granat. Dengan mengenali senjata, kalian dimungkinkan menguasai senapan tersebut dan juga meng-counter musuh dengan baik.

Berlatih Melawan Bot

Latihan CSGO

Terus berlatih melawan bot ketika kamu baru memulai CSGO adalah tutorial bermain CSGO untuk pemula yang berikutnya. Jangan lupa latih kecepatan reflek tangan kamu, dan terus tingkatkan raihan headshot kamu agar score kill meningkat dan juga tentunya kesempatan kamu mati di tangan musuh nantinya bakalan kecil.

Nonton Pro Player Match

CSGO Pro

Belajarlah dari yang terbaik. Itu adalah arahan yang akan selalu kamu dengar dari banyak orang dan juga tentunya masuk ke dalam tutorial bermain CSGO untuk pemula versi Kabar Games. Kamu harus belajar dari para profesional bagaimana cara mereka bertindak ketika bermain Counter Strike Global Offensive. Sekarang ini jaman yang mudah, panduan dan gameplay pemain pro bisa kalian tonton melalui channel video, seperti Youtube, Twitch, dan lain-lain.

Kenali Map Counter Strike

Peta CSGO

Mengenali map di game Counter Strike itu penting, karenanya itu masuk jadi tips bermain CSGO untuk pemula dari Kabar Games. Dengan mengenali map kamu jadi bisa tahu spot tertentu untuk bersembunyi dan juga berlindung. Kalian juga jadi tahu harus ke mana mencari musuh nantinya. Dengan mengenali map juga jadi bisa menerapkan banyak strategi bersama tim.

Rileks Saat Bermain

Rileks CSGO

Main games itu untuk bersenang-senang, dan saran dari Kabar Games ini bukanlah tanpa alasan! Memang sih kalo kalah itu menyakitkan dan jadi bikin mood turun. Tapi percaya deh kalau kamu marah-marah, gak akan menyelesaikan masalah kekalahan kamu dan performa kamu yang buruk. Jadi tetap tenang dan rileks.

Gunakan Mouse Gaming

CSGO Gaming Mouse

Namanya main games sudah barang tentu kamu bakalan direkomendasikan dengan gaming gear. Gak salah merekomendasikannya karena gaming gear punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh gadget elektronik biasa. Tidak terkecuali juga dengan mouse, kalo mau main Counter Strike Global Offensive ini, maka kamu harus punya gaming mouse. Karena gaming mouse mempunyai tombol tambahan yang dapat membantu kamu untuk mempersingkat waktu beraksi kamu daripada menggunakan keyboard gaming.

Gunakan Headset Gaming

CSGO Gaming Headset

Kamu harus pake headset kalo mau main CSGO, khususnya headset untuk gaming. Dengan memakai headset, kamu bisa mendengarkan langkah musuh dengan baik. Disarankan memakai headset gaming terbaik, karena suara dari game yang diterima ke kuping akan lebih terdengar dengan jelas.

Buy Time Harus Cepat

CSGO Buy Time

Ketika pertama kali memulai pertandingan Counter Strike, kamu sebagai pemain pastinya diberikan waktu untuk membeli senjata. Saat seperti itu, kamu harus membeli senjata dengan cepat. Jadi kamu harus sudah hapal shortcut apa saja yang digunakan untuk membeli senjata. Pembelian senjata harus cepat karena kecepatan di games Steam ini adalah segalanya. Dengan buy time yang singkat, kamu dan tim kamu akan dapat posisi yang lebih baik dalam map karena mampu penetrasi ke daerah musuh.

Ambil Senjata yang Jatuh

Ambil Senjata Jatuh CSGO

Dalam games CSGO, kamu bisa mengambil senjata yang jatuh. Namun, disarankan untuk mengatur settingan untuk senjata yang jatuh tersebut agar tidak langsung digunakan. Caranya adalah  buka menu option > multiplayer > advanced > hapus centang automatically ganti dengan switch to picked up weapon.

Jalan dengan Perlahan

Jalan Pelan CSGO

Cara terbaik untuk bertahan dalam pertandingan di CSGO, selain kecepatan tangan untuk memindahkan posisi karakter dan juga menembakan senjata, ketepatan tembakan serta berhati-hati adalah yang utama. Prihal berhati-hati, kamu dapat melakukan jalan perlahan-lahan atau mengendap-ngendap ketika kamu masuk ke area musuh. Selain itu kamu juga harus gunakan tombol SHIFT ketika ada suara langkah kaki agar tidak ketahuan.

Posisi Crosshair Lurus

Crosshair CSGO lurus

Pointer atau crosshair ketika bertanding di Counter Strike Global Offensive harus lah lurus. Tidak boleh ke atas atau ke bawah. Maksud dari saran ini adalah agar kamu bisa sigap ketika musuh datang, sehingga kamu bisa kill dan tak terbunuh saat lawan nongol dengan tiba tiba.

Mata Tetap Waspada

Mata Awas di CSGO

Mata yang awas diperlukan saat bermain CSGO. Karena bila tidak waspada maka kamu bakalan gampang mati di games ini. Selalu ingat dengan yang namanya seragam teman dan musuh, serta bila ada obyek yang bergerak kamu harus dapat memastikan itu teman atau lawan, jangan bingung sendiri yah.

Gunakan Crosshair Ukuran Kecil

Crosshair Kecil CSGO

Disarankan saat main Counter Strike Global Offensive untuk memakai crosshair yang berukuran kecil. Maksudnya adalah agar kamu dapat menembak dengan jitu sasaran, yang disebabkan kamu tahu seberapa kembangnya crosshair dari posisi idle ke posisi menembak. tips bermain CSGO untuk pemula ini juga menyarankan ukuran crosshair tidak besar agar tak menutupi keberadaan musuh nantinya.

Jika Musuh Dekat Dinding, Tembak Dindingnya

Tips Bermain CSGO Tembak Dinding

Di CSGO, peluru yang ditembakkan oleh pemain bisa tembus dinding. Jadi bila kamu melihat musuh lewat dinding, maka kamu tembak saja dindingnya karena pelurunya bisa tembus. Namun, kepastian kenanya tergantung seberapa dekat musuh tersebut dengan dinding. Tidak ada salahnya mencoba menembak bukan. Senjata yang disarankan adalah Carbine, AK 47, Bupup, Deagle, Krieg552, M249, dan Magnum sniper.

Gunakan Senjata Persentase Headshot Tinggi

CSGO AK-47

Di Counter Strike Global Offensive, selain dari skill, headshot bisa didapatkan karena penggunaan senjata tertentu yang persentase headshot-nya tinggi, jadi, selalu gunakan senjata tersebut. Berdasarkan saran dari pemain veteran, headshot bisa didapatkan dengan senjata Fiveseven, Deagle, Krieg552, AK47, AWP Sniper, dan Maverick M4A1 Carbine.

Reload Amunisi Tepat Waktu

Tips Bermain CSGO Reload

Jangan reload dengan sembarangan, kamu harus belajar untuk reload amunisi dengan tepat waktu. Saat yang tepat untuk reload amunisi adalah ketika selongsong peluru yang ada di senjata kamu tinggal tersisa sebanyak 25% dari total selongsong peluru yang bisa masuk ke senjata kamu, ngerti gak?

Gunakan Koneksi Ping Rendah

Tips Bermain CSGO FPS

Jumpah kecepatan sebuah koneksi dalam menerima gambar di istilahkan FPS atau ping (dalam bahasa anak warnet). FPS di sini bukan singkatan dari First Person Shooter, melainkan Frame Per Second atau Ping. Ini istilah yang digunakan untuk koneksi internet kamu. Ping di sini harus dilihat apakah kamu bisa bermain secara online atau tidak.

Saat bermain CSGO online kamu perlu koneksi yang tidak lag, selain itu kamu juga harus mengenali jenis - jenis lag di game. Kalo lag berarti kamu sudah pasti mati. Saran terbaik dari Ping untuk games Steam ini adalah sebesar kurang dari 100 FPS. Di atas itu, kamu tidak disarankan untuk main.

Lihat Radar dan Teman

Tips Bermain CSGO Radar

Kamu harus menggunakan radar dengan maksimal di game Counter Strike Global Offensive agar kamu tahu keberadaan musuh dan teman. Jangan pernah lupakan juga, kamu harus terus bersama dalam formasi dengan tim kamu. Jangan terpisah sendirian karena itu tak akan menguntungkanmu.

Jangan Skip Tutorial Game

Tips Bermain CSGO Tutorial

Dalam games ini tentunya terdapat tutorial sebelum memulai permainan. Nah, kamu dilarang melewatkannya agar pengetahuan dasar kamu tentang cara bermain CSGO menjadi lengkap. Nantinya, apa yang tidak diajarkan di tutorial barulah kamu cari tahu dari sumber lain yang banyak bertebaran di internet.

Jangan Sembarangan Bergerak

Pergerakan Efisien CSGO

Tidak sembarangan bergerak dan melangkah dalam Counter Strike Global Offensive adalah hal yang penting untuk dilakukan. Sebabnya adalah agar kamu tidak akan mudah diketahui keberadaannya oleh musuh dan tidak mudah juga menjadi sasaran empuk untuk dibunuh oleh lawan.

Efisienkan Penggunaan Granat

CSGO Grenade

Jika kamu memutuskan untuk membawa granat dalam pertandingan CSGO, pastikan juga granat itu tidak terbuang percuma saja. Kamu harus gunakan granat itu di waktu dan kondisi yang tepat. Keputusan untuk membuang granat hanya bisa kamu dapatkan berdasarkan pengalamanmu. Jadi terus bermain sambil membawa granat ya.

Kedepankan Kerja Sama Tim

Tim CT CSGO - Tips Bermain CSGO

Bermain Counter Strike Global Offensive itu ya bermain tim. Jadi, jangan egois memutuskan untuk bergerak sendiri dan tak masuk dalam formasi tim. Bukannya kamu menang, yang ada tim kamu akan selalu kalah karenanya. Ingat, selalu kedepankan tim, ini game FPS bukan game catur!

Ingat Handgun!

Tips Bermain CSGO Handgun

Jangan lupakan handgun atau pistol dalam CSGO. Bila senjata utama kamu habis peluru dan tidak sempat reload, maka kamu jangan lupakan pistol, alih-alih memakai pisau. Dengan kamu tidak melupakan senjata api yang satu ini, maka kesempatan kamu mati akan mengecil, dan kesempatan membunuh musuh akan jadi besar.

Itulah beberapa cara bermain CSGO untuk pemula menjadi pro player dari Kabar Games, jangan lupa coba tips nya dan berikan comment di bawah jika dirasa ada yang kurang. Nantikan terus berita terbaru dan terupdate seputar game dan anime hanya di Kabar Games.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved