Juant Setiawan · Published 28 February 2021

10 Tips Main Mobile Legends (ML) untuk Pemula Jadi Pro!

Home > Artikel > Mobile Legends > 10 Tips Main Mobile Legends (ML) untuk Pemula Jadi Pro!

Game Moba seperti Mobile Legends atau biasa disebut ML sebenarnya adalah game yang agak sulit, karena kalian bakal melawan player player lain dan bukan bot/komputer. Buat kalian para pemain pemula, jika kalian mengetahui tips atau cara bermain game Mobile Legends (ML) yang baik dan benar, dipastikan ke depannya kalian akan jadi pro player dan tidak menjadi beban team. Mungkin, kalian juga bisa menjadi Top global ataupun Top lokal Rank, jika tidak kalian juga bisa jadi Top Global Hero atau Top Lokal Hero, yang dimana tentunya akan sangat sulit untuk mencapainya.

Rata rata, player yang masih pemula belum mengerti betul mengenai cara bermain game Mobile Legends (ML) yang baik dan benar, hingga kadang player pemula sering menjadi feeder (tukang mati terus), atau parahnya lagi dia akan jadi AFK. Intinya jika kalian yang masih pemula, newbie atau noob player yang ingin jadi Pro player, kalian harus bermain sabar, main aman, tidak egois dan saling bekerjasama. Berikut ini adalah tips ampuh cara bermain Mobile Legends (ML) bagi pemula.

Koneksi Internet Harus Stabil

Tips Mobile Legends - Koneksi Internet Harus Stabil

Tips pertama yang paling penting saaat bermain Mobile Legends menurut Kabar Games koneksi haruslah lancar, karena kalian juga pasti mengetahui koneksi yang tidak stabil bisa membuat lag. Jika sudah lag, pasti kalian akan bakal banyak mati. Saat open war atau 1vs1 tiba tiba koneksi lag yang berakibat terlambat mengeluarkan skill dan biasanya auto mati. Alangkah lebih baiknya jika perbaiki terlebih dulu koneksinya sebelum bermain, pastikan koneksinya hijau atau minimal kuning.

Alternative lain untuk mengatasi koneksi yang sering lag, Kalian bisa gunakan speed mode agar tidak lag. Namun ada juga yang menggunakan speed mode berakibat lag yang lebih parah. Ingat! Game Mobile Legends tidak membutuhkan koneksi yang cepat, namun membutuhkan koneksi yang stabil dan tidak putus putus.

Saat koneksi kalian tidak menentu (kadang lag kadang lancar), disarankan untuk tidak bermain Ranked Mode. Mengapa? Ada beberapa alasan kalian tidak boleh bermain ranked saat koneksi tidak menentu.

  • Pertama, merugikan diri sendiri sekaligus player lain. Saat main ranked, koneksi yang buruk bisa membuat kamu jadi beban team dan feeder. Jadinya kalian mungkin akan terkena Report + KDA dan winrate kalian serta player lain akan turun.
  • Kedua, bintang pasti akan turun. Kabar Games telah memastikan bahwa jika koneksi kalian buruk, maka kemungkinan menang hanya 15% (untuk tier Master keatas). Jika kalah, tentunya kalian dan player lain akan rugi bintang + kalian kemungkinan terkena report.

Jadi intinya jangan pernah sekali kali bermain Ranked Mode jika koneksi buruk. Karena jika koneksi tidak menentu, lalu kalian memaksakan bermain Ranked, sama saja kalian membuang bintang.

Menguasai Minimal Dua Hero

Menguasai Minimal Dua Hero

Tips selanjutnya yaitu kalian harus menguasai minimal dua hero Mobile Legends (ML). Satu hero favorite dan satu lagi hero tank. Kalian harus benar - benar mengenal hero yang kalian gunakan, mulai dari combo dan skill, build itemnya, skill pasif, karakteristik, Emblem atau spell yang cocok bagi hero tersebut.

Jika kalian di tier Epic kebawah, disarankan agar menguasai hero selain Marksman (MM), karena di tier Grand Master (GM) kebawah sudah banyak yang menguasai Hero Marksman. Dan asal kalian tahu, jika ada dua hero MM dalam satu team itu buruk, namun jika tidak ada Marksman juga buruk, cukup satu Hero Marksman saja saat match.

Kabar Games rekomendasikan untuk kalian belajar tank, agar saat tidak ada yang mau menjadi tank, kalian langsung siap untuk jadi tank, karena mengingat peran tank sangatlah penting. Bahkan salah satu penentu kemenangan adalah adanya Hero Tank saat match, jika tidak ada hero tank, team kalian akan kerepotan.

Yang terpenting jika kalian menggunakan role Mobile Legends Tank, yaitu selalu di depan dan rela mati demi hero lain. Tank mati 5 kali? sudah biasa. Pilihlah tank yang bisa membuat lawan repot, misal Grock, Akai, Tigreal, Hilda, Minotaur atau Khufra.

Bermain Aman, Jangan Terpancing

Bermain Aman, Jangan Terpancing

Nah ini penyakitnya para pemula maupun noob player (player pemula bukan berarti noob). Mainya tidak hati hati alias nekad. Misal ada musuh sekarat, dia kejar meskipun masuk turret, dan hasilnya mereka akan mati karena tertembak turret, atau ada musuh yang berkumpul, tiba tiba noob playeri ini maju sendirian.

Jadi jika kalian yang masih suka mati karena turret atau mati kena gangbang, waktunya kalian berhenti jadi feeder. Bermainlah dengan hati hati, lagipula jika ada teman yang bisa membantu, untuk apa kalian maju sendirian? Intinya bermain hati hati salah satu cara menjadi pro player Mobile Legends, jika kalian main nekad, bukan tidak mungkin kalian akan jadi feeder. Berikut ini beberapa tips agar kalian main aman di game Mobile Legends.

  • Selalu bersama teman se-team agar saat ada musuh yang menyerang, kalian bisa dibantu
  • Jangan lewat/dekati semak semak jika belum tentu aman (bisa jadi sudah ada musuh menunggu)
  • pastikan HP/Nyawa hero selalu di atas 3/4 darah agar tidak gampang mati
  • Selalu lihat map, agar tahu posisi lawan ada dimana
  • Tidak maju sendirian saat ada lawan bergerombol
  • Selalu hindari skill lawan (wajib)
  • Curi turret lawan, tapi harus hati hati

Farming Hutan yang Efektif

Tips Mobile Legends - Farming Hutan yang Efektif

Ada 2 tipe Noob player bermain Mobile Legends, pertama, tidak pernah Farming sama sekali, yang kedua, yang dia tahu hanya farming tanpa peduli tower. Farming sih boleh, tapi harus fokus ke turret, karena turret lebih penting daripada monster hutan. Buat kalian yang masih pemula, sebaiknya kalian mulai dari sekarang harus belajar untuk farming. Kalian harus tahu kapan ke hutan dan kapan harus menjaga turret.

Sedikit tips, jika kalian mau ke hutan, bunuhlah minion yang menuju ke turret kita, agar lebih aman. Selanjutnya kalian farming di hutan secepat mungkin, lalu kembali lagi untuk menjaga turret. Ulangi hal tersebut terus menerus, maka kalian tidak akan kalah level dan gold, bahkan mungkin saja bisa mendapatkan level dan gold tertinggi. Berikut tips farming yang efektif di game Mobile Legends (ML):

  • Gunakan Item Jungle
  • Ambil Buff atas untuk mendapatkan EXP lebih
  • Habisi monster hutan di dekat Buff
  • Bunuh Minion di lane
  • Ambil Lord dan Turtle
  • Lakukan Gank di lane lain

Selalu Perhatikan Mini Map

Tips Mobile Legends - Selalu Perhatikan Mini Map

Player yang tidak pernah memperhatikan mini map bisa di bilang "Buta Map". Buta map maksudnya disini Kamu tidak pernah melihat map kecil di pojok kiri atas. Sehingga player yang buta map tidak akan tahu bahwa mungkin ada hero lawan di dekatnya. Parahnya lagi, player yang buta map pasti tidak mengetahui kondisi turret diserang, sehingga sering kecolongan tower. Pastinya ini sangatlah merugikan team, dan Player yang buta map sangat dibenci Pro player ML.

Tak hanya itu, player buta map rata rata tidak mengetahui kondisi team, sehingga jarang membantu team saat war. Intinya, selain kalian harus melihat hero kalian, kalian juga harus melihat Map secara terus menerus agar kalian tidak kecolongan tower, bisa membantu team dan mampu terhindar dari sergapan musuh.

Aware Akan Tanda Peringatan

Aware Akan Tanda Peringatan

Selain menghindari kondisi buta map, hal yang harus kalian lakukan yaitu memperhatikan selalu tanda peringatan dari team. Tanda peringatan di game Mobile Legends (ML) itu ada 3, diantaranya adalah:

  • Attack (serang)
  • Retreat (mundur)
  • Gather (berkumpul)

Letaknya tanda peringatan ada di pojok kanan agak atas, tanda tersebut merupakan perintah dari teman yang melihat situasi di dalam game. Nah ini juga salah satu tips penting bermain Mobile Legends (ML), agar Kamu semakin kompak dengan team kalian, Intinya kalian harus peka apabila ada tanda tanda peringatan tersebut.

Hindari Menghina Satu Team

Hindari Menghina Satu Team

Tips bermain Mobile Legends berikutnya, kebanyakan player indo yang tiernya masih level bawah (Warrior, Elite, Master, Grand Master) sering sekali saling menghina, dikarenakan ada teman yang terlihat dari cara mainnya memang terkesan Noob atau player pemula. Jika kalian seperti itu, maka hentikan kebiasaan untuk menghina player lain, ada beberapa alasan kalian tidak boleh saling menghina, meskipun dalam keadaan apapun.

  • Bisa membuat teman yang kita yang di hina menjadi AFK (keluar dari match). Bila kalian menghina player lain, dan player tersebut sakit hati, pasti dia akan langsung AFK atau hanya diam di base. Jadinya match akan berlangusng 4 vs 5, jika hal ini terjadi kemungkinan besar team kalian akan kalah.
  • Bisa membuat kerjasama antar player menjadi berantakan, sehingga misalnya saat kalian diserang, player yang kalian hina tidak akan mau membantu kalian. Atau misalnya saat war, player yang kalian hina bakal main sesuka hatinya dan tidak mempedulikan team.
  • Kalian akan terkena Report. Jika kalian menghina menggunakan kata kata kasar, besar kemungkinan kalian akan direport oleh player lain. Jika kalian terus terusan direport, bukan tidak mungkin kalian akan kena banned dari ML.

Fokus Turret, Bukan Kill

Fokus Turret, Bukan Kill

Saat match, usahakan kalian selalu mengutamakan push atau menghancurkan tower. Jangan hanya ingin membunuh player musuh saja, karena jika memfokuskan hanya pada membunuh hero musuh saja, ada kemungkinan akan terkena comeback dari lawan. Gunakan strategi berikut:

  • Pertama kill lawan yang sedang menjaga turret (jangan lupa untuk meminta bantuan teman)
  • Setelah lawan mati, jangan jungle atau farming dulu, hancurkan turretnya terlebih dahulu
  • Meminta bantuan teman untuk mengalihkan perhatian musuh, lalu kalian diam diam push tower

Jangan AFK di Game

Jangan AFK di Game Mobile legends

Dengan alasan apapun, AFK adalah salah satu hal atau boleh jadi hal pertama yang diharamkan di game manapun. AFK akan berakibat kepada kerugian team secara keseluruhan, dan dilihat dari segi apapun, AFK adalah tindakan yang memang paling memalukan di dalam game. Bayangkan jika Kamu mendapatkan teman satu team yang AFK, apa perasaanmu kira - kira?

Utamakan Kerjasama Team

Utamakan Kerjasama Team

Main bareng atau "Mabar" merupakan salah satu tips ampuh cara agar kalian bisa menang terus saat match di Mobile Legends. Dengan mabar, kalian bisa terhindar dari mendapatkan team player bocah dan noob. Namun, jangan asal mabar yah, pastikan player yang kalian ajak mabar tersebut adalah player yang memang pro/agak pro agar tidak jadi beban team.

Info tambahan bagi para player yang pemula, saat main rank di Mobile Legends kalian tidak bisa mabar dengan 4 orang. kalian hanya bisa mabar ber 2 atau 3 dan juga 5 player saja, kecuali jika di classic kalian bisa bermain ber-4.

Nah itulah tadi beberapa tips ampuh cara main game Mobile Legends (ML) untuk pemula agar bisa menjadi pro player ke depannya. Jika ada yang kurang, comment saja di kolom comment bawah yah! Ikuti terus Kabar Games untuk mendapatkan berita terbaru mengenai gadget serta tips dan trick menarik seputar game kesayanganmu.


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved