Yoko Widito · Published 24 November 2017

Dota 2 Ganti MMR Menjadi Medal Rank! Siapa di Puncak Leaderboards?

Home > Artikel > Dota 2 > Dota 2 Ganti MMR Menjadi Medal Rank! Siapa di Puncak Leaderboards?

Setelah rencana yang dicanangkan pada beberapa waktu yang lalu, akhirnya Valve secara resmi mengganti sistem MMR dan digantikan dengan Medal Rank dota 2 yang kemudian dibagi per seasonnya. Bagi pemain esports yang sudah mengenal Overwatch dan League of Legends ataupun dua game moba mobile Mobile Legends ataupun Arena of Valor, sudah mengenal dan terbiasa dengan sistem seperti ini.

Banyak pihak yang menyambut baik sistem ini, karena memang sebelumnya Dota 2 lebih unik dibandingkan dengan game lainnya dengan hanya memberikan sistem ranking berbasis angka, namun kini Valve mulai beralih menggunakan sistem pembagian kasta ranking.

Urutan Medal Rank Dota 2:

  • Tier 1 Rank – Herald (0 to ~720 MMR)
  • Tier 2 Rank – Guardian (~840 to 1560 MMR)
  • Tier 3 Rank – Crusader (~1680 to 2400 MMR)
  • Tier 4 Rank – Archon (~2520 to 3240 MMR)
  • Tier 5 Rank – Legend (~3360 to 4080 MMR)
  • Tier 6 Rank – Ancient (~4200 to 4920 MMR)
  • Tier 7 Rank – Divine (~5040 to 5760 MMR)
  • Tier 8 Rank - Immortal (6000+ MMR)

Sama seperti medals rank pada game moba lainnya, dalam setiap ranking akan dibagi menjadi 5 bintang yang akan digunakan selanjutnya sebagai sistem progresi, ini berlaku untuk party ataupun solo. Namun untuk mencapai ranking Ancient atau Divine, performa solo akan jauh lebih dipertimbangkan.

Medals rank dota 2 yang didapatkan oleh pemain akan muncul di masing masing profil pemain, dan semua yang berhasil mendapatkan ranking Divine akan tampil di leader board secara otomatis. Sistem ini akan dikalibrasi ulang per 6 bulan atau dalam setiap musimnya. Dengan adanya sistem baru ini, Dota 2 akan menjadi lebih serupa dengan game kompetitif lainya, seperti CS:GO, LoL atau bahkan Overwatch dan Mobile Legends.

medal rank dota 2

Leaderboard Hari Pertama Medals Rank Dota 2

Dalam sistem terbaru ini, semua pemain diwajibkan melakukan Calibrating dengan memainkan sebanyak 10 game untuk dapat membuka MMR mereka, ini sama seperti saat pemain melakukan match ranked.

Sejak dibuka dan diperkenalkan kemarin hingga hari ini sudah tercatat cukup banyak player termasuk juga player pro yang sudah membuka MMR terbaru mereka. Hingga hari ini, inilah leaderboard terbaru dari Medals Rank seluruh region.

Leaderboard Region America

Leaderboard America

Leaderboard Region Eropa

medal rank dota 2

Leaderboard Region Southeast Asia

medal rank dota 2

Leaderboard Region China

Leaderboards China

Tercatat masih cukup banyak player  yang masih merasa bingung dengan sistem medals rank yang masih hitungan baru ini. Ini dikarenakakn hingga hari ini masih belum ada penjelasan resmi dari Valve mengenai angka angka  yang ada di dalam Medals Rank ini. Jadi cukup beralasan kalau yang dapat mencapai medals tertinggi adalah mereka yang memiliki MMR diatas 10.000, tapi kalau melihat leaderboard diatas, cukup banyak player yang mencapai Medals Divine 5.

Sebenarnya perubahan ini tidaklah terlalu signifikan, namun memang tidak dapat dipungkiri kalau game moba seperti ini tetap memiliki permasalahan utama yaitu sistem matchmaking untuk solo player yang terkadang berada dalam satu tim yang kemampuannya jauh dibawahnya.

Tapi kalau melihat sistem sama yang diterapkan di League of Legend, AoV ataupun Mobile Legends, kasus seperti ini masih juga terjadi dan tidak terlalu efektif. Jadi apakah sistem ini akan berjalan dengan baik di Dota 2? Kita nantikan berita esports terbaru berikutnya hanya di Kabar Games!


© 2024 PT. Gudang Pelangi Indonesia. All Rights Reserved